Keselamatan Berkendara Jadi Perhatian Khusus Kemenhub

Oleh : Herry Barus | Senin, 24 September 2018 - 11:30 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perhubungan akan menggencarkan kampanye keselamatan berkendara sepeda motor ke seluruh provinsi dalam upaya mengurangi angka kecelakaan yang setiap tahun cenderung meningkat.

"Kampanye keselamatan jangan menggunakan sepeda motor saat mudik yang selama ini kami gencarkan ternyata memberikan dampak penurunan kecelakaan hingga 30 persen, dan kegiatan kampanye akan kami gencarkan hingga kabupaten," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada awak media usai melepas ribuan peserta lomba lari "10 K Hubrun 2018" di Senayan Jakarta, Minggu (23/9/2018)

Kampanye keselamatan yang akan digencarkan adalah mengurangi kecepatan sepeda motor, menggunakan helm dengan baik dan benar, serta jangan menggunakan telepon genggam saat berkendara.

Kampanye tersebut, kata Menhub, sebenarnya sudah dijalankan di beberapa daerah dengan mengajak gubernur seperti di Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, serta Riau. Sementara dengan menteri adalah Menteri Luar Negeri.

"Nanti pasti akan banyak menteri dan gubernur yang saya ajak mengendarai sepeda motor untuk tujuan keselamatan berkendara agar masyarakat paham pentingnya keselamatan berkendara," katanya.

Menhub Budi mengatakan, mayoritas kecelakaan sepeda motor yang terjadi selama ini adalah ketidakpatuhan pengendara dalam mengemudi seperti tidak bisa mengendalikan kecepatan sehingga resiko kecelakaan sangat besar.

Selain itu jika terjadi kecelakaan pengendara maupun yang dibonceng tidak menggunakan helm dengan baik dan benar, seperti tidak mengikat tali dengan cara yang benar sehingga jika kecelakaan helm akan terlepas.

Faktor lain, katanya, pengemudi tidak konsentrasi mengemudi sepeda motor karena sambil menggunakan handphone sehingga tidak melihat apa yang terjadi disekelilingnya.

"Kampanye keselamatan seperti itu sebenarnya sederhana tapi ternyata efektif dan tentunya tidak akan berhenti sampai di sini. Tapi akan terus-menerus saya lakukan di seluruh provinsi," kata Budi Karya.

Pemerintah daerah tentunya juga diminta untuk ikut mengkampanyekan keselamatan berkendara di masing-masing wilayah dalam upaya menekan angka kecelakaan sepeda motor. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.