Keselamatan Berkendara Jadi Perhatian Khusus Kemenhub

Oleh : Herry Barus | Senin, 24 September 2018 - 11:30 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perhubungan akan menggencarkan kampanye keselamatan berkendara sepeda motor ke seluruh provinsi dalam upaya mengurangi angka kecelakaan yang setiap tahun cenderung meningkat.

"Kampanye keselamatan jangan menggunakan sepeda motor saat mudik yang selama ini kami gencarkan ternyata memberikan dampak penurunan kecelakaan hingga 30 persen, dan kegiatan kampanye akan kami gencarkan hingga kabupaten," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada awak media usai melepas ribuan peserta lomba lari "10 K Hubrun 2018" di Senayan Jakarta, Minggu (23/9/2018)

Kampanye keselamatan yang akan digencarkan adalah mengurangi kecepatan sepeda motor, menggunakan helm dengan baik dan benar, serta jangan menggunakan telepon genggam saat berkendara.

Kampanye tersebut, kata Menhub, sebenarnya sudah dijalankan di beberapa daerah dengan mengajak gubernur seperti di Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, serta Riau. Sementara dengan menteri adalah Menteri Luar Negeri.

"Nanti pasti akan banyak menteri dan gubernur yang saya ajak mengendarai sepeda motor untuk tujuan keselamatan berkendara agar masyarakat paham pentingnya keselamatan berkendara," katanya.

Menhub Budi mengatakan, mayoritas kecelakaan sepeda motor yang terjadi selama ini adalah ketidakpatuhan pengendara dalam mengemudi seperti tidak bisa mengendalikan kecepatan sehingga resiko kecelakaan sangat besar.

Selain itu jika terjadi kecelakaan pengendara maupun yang dibonceng tidak menggunakan helm dengan baik dan benar, seperti tidak mengikat tali dengan cara yang benar sehingga jika kecelakaan helm akan terlepas.

Faktor lain, katanya, pengemudi tidak konsentrasi mengemudi sepeda motor karena sambil menggunakan handphone sehingga tidak melihat apa yang terjadi disekelilingnya.

"Kampanye keselamatan seperti itu sebenarnya sederhana tapi ternyata efektif dan tentunya tidak akan berhenti sampai di sini. Tapi akan terus-menerus saya lakukan di seluruh provinsi," kata Budi Karya.

Pemerintah daerah tentunya juga diminta untuk ikut mengkampanyekan keselamatan berkendara di masing-masing wilayah dalam upaya menekan angka kecelakaan sepeda motor. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Judi Achmadi

Senin, 22 Oktober 2018 - 18:46 WIB

Telkom Dukung Implementasi Uang Elektronik BKE Pay Melalui T-Money

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Sebagai wujud nyata dukungan terhadap implementasi uang elektronik di Indonesia, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menandatangani Perjanjian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat interior All New Ertiga sebelummelepas ekspor perdanake ke 22 negara tujuan ekspor di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Foto: Kemeneprin)

Senin, 22 Oktober 2018 - 17:45 WIB

Lepas Ekspor All New Ertiga dan Nex II, Menperin Acungi Jempol Capaian Gemilang Suzuki

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya kepada PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang ikut berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia.

Bekraf Ajak Talenta Kreatif Indonesia Siapkan Diri Ikuti SXSW 2019

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:38 WIB

Bekraf Sebut Hanya 10 Persen Startup yang Mampu Bertahan

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebutkan meski di Indonesia banyak bermunculan perusahaan rintisan (startup), namun diprediksi tak akan banyak yang mampu bertahan.

Kawasan Industri Pulogadung

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:26 WIB

2019, PT JIEP Ajukan Masterplan RDTR Kembangkan Zona Halal

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) selaku pengelola kawasan industri Pulogadung memastikan akan bertransformasi menjadi sebuah kawasan industri halal Pulogadung

Carrefour Lebak Bulus mengubah konsep ritelnya untuk jaring generasi milenial dengan menawarkan konsep gerai Carrefour Hybrid

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:11 WIB

Carrefour Ubah Konsep Ritelnya Jaring Generasi Milenial

PT Trans Ritel Indonesia selaku pengelola ritel Carrefour Lebak Bulus menyadari betul gelombang disrupsi dan e-commerce. Sebab itu, pihaknya memulai berbenah diri dengan menawarkan konsep Hybrid…