Kenalkan Aikido, Ikiru Dojo Undang Pelatih Senior Asal Jepang Ke Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 23 September 2018 - 12:25 WIB

Ikiru Dojo sebagai salah satu pusat pelatihan Aikido mengundang Yoshinobu Irie, seorang pelatih senior (Shihan) asal Hombu Aikido Tokyo(22/9) ke Jakarta.
Ikiru Dojo sebagai salah satu pusat pelatihan Aikido mengundang Yoshinobu Irie, seorang pelatih senior (Shihan) asal Hombu Aikido Tokyo(22/9) ke Jakarta.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Guna memperkenalkan Aikido, salah satu seni bela diri asal Jepang,  Ikiru Dojo sebagai salah satu pusat pelatihan Aikido mengundang Yoshinobu Irie, seorang pelatih senior (Shihan) asal Hombu Aikido Tokyo(22/9) ke Jakarta.

Kedatangan salah satu pelatih aikido asal Negeri Sakura tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian program Seminar Ikiru Dojo 2018.

“Dengan kedatangan Yoshinobu Irie Shihan, diharapkan kita bisa belajar langsung dari pelatih yang memang sudah menekuni seni bela diri Aikido sejak lama.” Kata Siaji Benedictus, Dojo-Cho Ikiru Aikido.

Siaji juga menambahkan bahwa pihaknya yakin, kehadiran Yoshinobu IrieShihan yang telah menekuni Aikido lebih dari 30tahun akan menambah minat masyarakat Indonesia terhadap seni bela diri tersebut.

“Saat ini, Yoshinobu IrieShihan memegang dan 7 dalam tingkatan bela diri aikido. Beliau juga merupakan senior di Hombu Aikido, Tokyo yang merupakan pusat Aikido di seluruh dunia.” tambah Siaji.

Senada dengan Siaji, Instruktur kepala Ikiru Aikido, Jerry Lim juga menyampaikan bahwa dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Aikido di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hal ini terihat dari semakin bertambahnya minat masyarakat yang memiliki minat untuk mengikuti pelatihan aikido secara rutin.

“Setidaknya, sekarang ada lebih dari 50 anggota aktif aikido di Ikiru Dojo yang secara reguler selalu mengikuti pelatihan. Jumlahnya terus mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.” kata Jerry.

Menurut Jerry, pertumbuhan peminat seni bela diri aikido tersebut salah satunya dikarenakan mulai tingginya kesadaran masyarakat Indonesia untuk memiliki kemampuan perlindungan diri secara pribadi. “Penguasaan teknik yang dipelajari dalam Aikido ini nantinya akan menjadi bekal masyarakatdalam melindungi dirinya sendiri secara pribadi.” terang Jerry.

“Konsep Aikido dalam self defense menggunakan sesedikit tenaga sendiri dan lebih banyak menggunakan tenaga lawan untuk melumpuhkan sehingga banyak wanita dan anak-anak yang menjadi tertarik untuk berlatih Aikido” kata Jerry.

Sementara itu, Steve Aditya, yang merupakan salah satu pengajar senior di Ikiru menambahkan bahwa seni bela diri Aikido sebagai olahraga melatih untuk lebih mengoptimalkan kemampuan tubuh yang jarang sekali terlatih, seperti kelincahan, keseimbangan, refleks, dan persendian. Hal ini menjadi faktor yang menarik bagi mereka yang ingin menjaga stamina ataupun bentuk fisik.

Sebagai salah satu pusat pelatihan aikido, Ikiru Dojo berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta. Selain itu, pusat pelatihan aikido ini juga memiliki jaringan di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Semarang dan Bali. Untuk mengoptimalkan pelatihan seni bela diri Aikido, Steve menerangkan bahwa hingga saat ini Ikiru Dojo secara rutin aktif dalam kegiatan Aikido di tingkat internasional.

“Di Aikido, tidak ada turnamen atau pertandingan kejuaraan. Namun, terdapat beberapa ajang internasional aikido yang pernah diikuti oleh kita. Beberapa diantaranya adalah  All Japan Demonstration di Nippon Budokan, Jepang, International Aikido FederationdanIkiru Embukai yang diadakan di Vietnam. Selain itu setiap tahun, pengajar-pengajar senior Ikiru secara khususakan berlatih di Jepang dengan Yoshinobu Irie Shihan.” kata Steve.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia (Foto Humas BUMN)

Senin, 15 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Kisah Sukses Pengrajin Songket Pandai Sikek

Annual Meeting IMF WB 2018 di Nusa Dua Bali, menjadi momen tepat untuk para pelaku UMKM memamerkan produk berkualitasnya yang banyak mengusung karya seni dan kerajinan tangan khas Indonesia.…

PT Sri Rejeki Isman Tbk

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:48 WIB

Depresiasi Rupiah Kerek Penjualan Ekspor Sri Rejeki Isman

Kondisi tersebut membuat manajemen SRIL berkeinginan untuk meningkatkan porsi ekspor berkisar 56% hingga 58% sampai akhir tahun 2018.

Produk Minuman PT Delta Djakarta (ist)

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:12 WIB

Dampak Depresiasi Rupiah, Delta Djakarta Berupaya Kendalikan Biaya Produksi

Produsen minuman beralkohol PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) berupaya untuk menjaga biaya produksi. Pasalnya, bahan baku pembuatan minuman ini masih mengandalkan impor, seperti malt. Sementara,…

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:00 WIB

Mentan Amran Kerja Sama Pengembangan Rain Water Harvesting System

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menjalin kerja sama dengan pemerintahan Taiwan untuk pengembangan sektor pertanian Indonesia.

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 17:48 WIB

Tingkatkan Branding, GMF AeroAsia Jalin Kemitraan Strategis Dengan Perusahaan MRO Asal Eropa

Kolaborasi ini dirancang untuk mengembangkan dan meningkatkan sistem kualitas serta kapabilitas GMF serta untuk memperkuat posisi AFI KLM E & M di Asia.