Bantu Para Pebisnis Pikat Pasar Millennial, TACO Interior Products Tawarkan Solusi Cerdas

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 September 2018 - 18:05 WIB

TACO Home Interior Products gelar Talkshow "Bantu Pebisnis Pikat Pasar Millenials"
TACO Home Interior Products gelar Talkshow "Bantu Pebisnis Pikat Pasar Millenials"

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Penyedia material pelapis High Pressure Laminates (HPL), TACO Interior Products berkolaborasi dengan ID 12, kumpulan desainer interior Indonesia, di acara The Colors of Indonesia 2018 menggelar talk show terkait interior desain sebuah restoran di mata kaum millenials.

Tampil sebagai narasumber, Ari Juwono dan Reza Wahyudi selaku perwakilan ID 12, Tito Wirasonjaya selaku Senior Manager Ciputra Group, Nino Fernandez selaku pemilik coffee shop Bawah Tangga, yang merupakan konsumen TACO  dan Satria Utama, VP Corporate Marketing TACO Group.

Bedasarkan riset yang dilakukan oleh Zizzi Restaurant di Inggris menunjukkan bahwa millennials menghabiskan 5 hari penuh dalam setahun hanya untuk menelusuri foto makanan dan tempat makan, di mana 30% di antaranya tidak berkenan berkunjung jika media sosial restoran atau café tersebut tidak menarik.

Hal serupa juga memengaruhi bisnis komersial berskala besar seperti properti. Sebuah penelitian lain, yang dilakukan oleh Lamudi.co.id menunjukkan para millennials lebih mendambakan hunian berukuran lebih kecil namun tetap bisa menawarkan fungsionalitas tinggi dan interior menarik. Dua fakta ini semakin menegaskan bagaimana desain interior memiliki fungsi penting dalam memikat calon pelanggan.

Satria Utama, Vice President (VP) Corporate Marketing TACO Home Interior Products mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini berbagi momen melalui media sosial telah menjadi sebuah kebutuhan. Konten yang beredar di media sosial, sangat mudah sekali memengaruhi selera seseorang. Hal ini menuntut para pebisnis komersial untuk mampu menyuguhkan sarana atau produk desain interior yan memikat.

"Namun, trend desain yang cepat berubah, serta tingginya harga bahan bangunan acapkali menjadi kendala. Disinilah diperlukan tingkat kejelian para desainer interior dalam memilih bahan bangunan. TACO memberikan solusi desain interior ekonomis dan fungsional melalui rangkaian produk seperti high pressure laminates (HPL), Sheet, Vynil Floor dan Carpet Tile.” paparnya di Jakarta (21/9/2018).
Salah satu desainer interior ID 12, Reza ‘Bobos’ Wahyudi melihat bahwa pergeseran pangsa pasar ke generasi millennials telah membawa banyak perubahan bagi industri desain interior.
“Saat ini, penggunaan sosial media oleh generasi millennials mendorong pertumbuhan minat desain interior. Oleh karenanya, tampilan visual sebuah lokasi merupakan nilai tambah tersendiri. Tampilan visual yang apik merupakan aspek penting bagi generasi yang dikenal sebagai generasi visual. Mereka tak segan merogoh kocek lebih untuk menghabiskan waktu di lokasi hangout dengan interior apik atau mempercantik hunian sehingga elok saat tayang di media sosial," ungkap Reza. 
Meski tingkat kesadaran tentang desain interior di antara para pebisnis komersial mulai meningkat, masih banyak tantangan yang harus dihadapi demi menghadirkan interior yang instagrammable, salah satunya adalah tingginya harga bahan bangunan dan lamanya pengerjaan.
Sumber data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2017 menunjukkan, harga bahan bangunan terus mengalami kenaikan 0.28% setiap bulannya. Hal ini semakin menegaskan persepsi tingginya modal yang dibutuhkan untuk menciptakan desain interior yang menarik perhatian. 
Beberapa tantangan-tantangan ini tentu pernah dialami oleh pemilik coffee shop di Bawah Tangga, Nino Fernandez, “Coffee shop Bawah Tangga merupakan proyek pertama saya sebagai seorang wirausaha.
"Untuk memastikan usaha ini berjalan dengan baik, saya perlu memastikan sejumlah tes market pada fase awal pembukaan, termasuk memerhatikan interior desain. Saya paham bahwa interior memainkan peran penting dalam menarik hati para calon pelanggan dan untuk mendapatkan interior yang cantik dalam benak saya kala itu harus siap mengocok dana yang cukup besar," imbuh Nino. 
Dan sebagai solusi tantangan tersebut Nino pun banyak menggunakan product Taco HPL pada coffee shop di Bawah Tangga yang saat ini sudah memiliki lima gerai di Jakarta.
Tantangan berbeda terjadi dalam industri properti, dan Senior Manager Ciputra Group, Tito Wirasonjaya memaparkan, para millennials memiliki plafon budget yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Maka dari itu rumah berukuran kecil dan apartemen saat ini menjadi pilihan tepat bagi mereka. Namun di sisi lain kami juga ingin menghadirkan interior yang menawan agar penghuni di dalamnya tetap terasa nyaman.
"Mencari keseimbangan dalam penggunaan material dekorasi yang masih bisa menghasilkan harga jual yang terjangkau bagi generasi ini adalah tantangan yang saat ini kami hadapi," kata Tito. 
Bagi Tito, menggunakan HPL TACO merupakan jawaban untuk mempermanis unit di berbagai project apartemen Ciputra.
Ary Juwono, desainer interior sekaligus anggota ID 12, memberikan saran, banyak yang berfikir bahwa mendesain ruang yang berestetik harus menggunakan bahan material asli, namun sebenarnya ada material substitusi yang memiliki nilai ekonomis tinggi dengan waktu pengerjaan lebih efisien yaitu high pressure laminates atau HPL.
"Sebagai bahan substitusi material, HPL bisa menjadi solusi yang baik untuk menghasilkan desain ruang menarik. HPL keluaran TACO sudah lama menjadi produk pilhan karena hadir dalam ratusan pola dan tekstur dengan kualitas yang tak kalah dengan material asli," terangnya. 
Mengangkat pentingnya interior desain dalam kemajuan sebuah usaha atau bisnis, TACO turut mendukung pameran The Colors of Indonesia 2018 yang diprakarsai oleh desainer interior ID 12 melalui rangkaian HPL yang diaplikasikan ke hampir seluruh karya pameran tersebut menegaskan manfaat ekonomis dan fungsionalitas dari produk-produk yang ditawarkan.
"Kami juga ingin menunjukkan bahwa HPL TACO tak hanya terbatas untuk melapisi permukaan datar. Jika dipadukan dengan teknologi finishing yang tepat HPL TACO dapat ditekuk dan dibentuk sesuai kebutuhan desain," jelas Satria. 
Pada pameran ini TACO berkesempatan bekerjasama dengan Diego Ziepo Setiawan, Direktur perusahaan manufuktur PT Nippo Tech Sejahtera yang memadukan HPL keluaran TACO dengan teknologi canggihnya untuk menciptakan beberapa karya memukau pada mood board yang ditampilkan pada The Colors of Indonesia 2018.
Berkiprah di industri desain interior selama 36 tahun, TACO terus menunjukkan keseriusan dalam memajukan industri ini. Beberapa aksi yang dilakukan adalah mendirikan pabrik di Cikande, Serang dengan target 4 juta lembaran HPL di tahun 2019 dan dilengkapi oleh lab research and development untuk mendukung inovasi produk interior.
TACO terus mengamati tren desain interior agar selalu terdepan dalam menghadirkan pola-pola terkini yang saat ini telah mencapai lebih dari 500 motif dengan jaringan penjualan terbesar di seluruh Indonesia.
Investasi yang dilakukan TACO tidak terbatas dalam produk tapi juga dengan kegiatan marketing seperti edukasi pelatihan HPL yang melibatkan universitas dan komunitas, serta kolaborasi dengan para interior desainers seperti pada pameran The Colors of Indonesia 2018. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.