Ekonomi Syariah Bakalan Jadi Bahasan Pertemuan IMF - World Bank di Bali

Oleh : Wiyanto | Jumat, 21 September 2018 - 17:56 WIB

IMF-WB 2018
IMF-WB 2018

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Ekonomi syariah akan menjadi salah satu fokus pada pembahasan pertemuan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank yang akan digelar di Bali pada Oktober bulan depan 2018. Pembicaraan ekonomi syariah lolos jadi bahan pleno karena begitu gigih Indonesia menyodorkan isu ini ke dunia internasional.

Freddy H Tulung Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan, kegigihan menyodorkan isu ekonomi syariah berbuah manis. Bulan depan isu ini menjadi agenda penting di Bali.

"Indonesia angkat isu syariah ke dunia karena strategis, akhirnya mereka setuju. Kita paling ngotot angkat ini. Goalds bagaimana angkat ekonomi tapi ekonomi syariah juga," kata dia di tengah sosialisasi ke mahasiswa UNI Syariah Hidayatullah di Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Menurut dia, sosialisasi isu ekonomi syariah ke masyarakat salah satunya ke dunia pendidikan sangatlah penting. Apalagi mayoritas agama di Indonesia, Islam. Hal wajar bila, ekonomi syariah jadi hal penting di kancah internasional.

"Ini pra pertemuan event IMF - World Bank di Bali, kita sosialisasi masuk ke kampus, ke kelompok strategis, kerjasama masyarakat dunia usaha intinya sampaikan massage acara tersebut," Katanya.

R Niken Widiastuti, Direktur Jenderal IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) menyebutkan pertemuan IMF - World Bank tersebut akan dihadiri 15 ribu delegasi dari 189 negara dunia, di antaranya para gubernur Bank Central, Menteri Keuangan dan lainnya.

"Ekonomi syariah salah satu substansi yang didiskusikan. Perhelatan beri peluang aspek investasi,nowlage. 2019 IMF akan masukan ekonomi syariah sebagai sesuatu nilai," katanya.

Rektor UIN Syariah Hidayatullah Dede Rosyada menyambut positif ekonomi syariah akan dibahas dalam rapat pleno pertemuan IMF - World Bank.

Bagi dia, ekonomi syariah menjadi salah satu instrumen penting bagi perekonomian bangsa terutama Indonesia dan umumnya dunia.

"Saya sebagai Rektor UIN sambut positif karena ekonomi syariah itu terbangun kepercayaan karenarn dia lebih mengutamakan unsur kemanusiaan selain bisnis. Namun dia berpesan ekonomi syariah khususnya bank syariah kedepan lebih hati - hati dalam berinvestasi menggunakan dana nasabah, jangan sampai bisnis yang berisiko masuk. Jika itu masuk akan rugikan nasabah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…