BAZNAS Kembangkan Pengelolaan Zakat Melalui UPZ

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 September 2018 - 16:10 WIB

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar pelatihan penguatan kapasitas dan kemampuan amil dalam mengelola zakat pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ).
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar pelatihan penguatan kapasitas dan kemampuan amil dalam mengelola zakat pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberi penguatan kapasitas dan kemampuan amil dalam mengelola zakat  pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Pelatihan diselenggarakan di Kantor UPZ Petrokimia, Gresik, Jawa Timur pada Jumat (21/9/2018).

Hadir menjadi pemateri dalam Acara pelatihan ini, Anggota BAZNAS, Emmy Hamidiyah dan Kepala Divisi UPZ BAZNAS, Faisal Qosim.

Emmy mengatakan, UPZ antara lain dibentuk di lingkungan kementerian, lembaga negara, Badan Usaha Milik Negaa (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). 

"Tujuannya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat sehingga manfaat zakat dapat meningkat," katanya.

Peningkatan manfaat zakat ini akan mendorong kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Pelatihan UPZ ini diikuti oleh 37 peserta dari 9 UPZ, seperti UPZ Petrokimia Gresik, UPZ Angkasa Pura 1 dan 2, UPZ Masjid Istiqlal, UPZ Mahkamah Agung, UPZ Jamkrindo, UPZ LIPI dan UPZ Kementerian Perhubungan. 

Para peserta pelatihan menerima materi mengenai manajemen pengumpulan zakat, fikih zakat profesi pengelolaan zakat di UPZ, manajemen pendistribusian dan pendayagunaan zakat hingga pengukuran kelayakan program.

Ia berharap, pelatihan ini dapat menghasilkan amil yang bukan hanya kompeten namun juga berdedikasi untuk melayani umat sepenuh hati.

"Pelayanan bukan hanya untuk muzaki pembayar zakat, namun juga bagi mustahik, golongan penerima zakat juga harus dilayani dengan baik," katanya.

BAZNAS berupaya untuk makin memudahkan masyarakat beribadah zakat melalui berbagai kanal digital. Sedangkan bagi mustahik, BAZNAS membuat program yang mudah diakses dan menjadi solusi permasalahan mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…