Bandara Ngurah Rai Layani 1,95 Juta Penumpang/ Bulan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 16:00 WIB

Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali
Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali

INDUSTRY.co.id - Denpasar- PT Angkasa Pura I menyebutkan Bandara Ngurah Rai, Bali, melayani rata-rata 1,95 juta penumpang per bulan selama periode Januari-Agustus 2018 dari total 15,6 juta orang atau naik delapan persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Statistik penumpang dari tahun ke tahun terus meningkat dan kami harap mendongkrak target kunjungan wisatawan mancanegara," kata GM Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi, di Denpasar, Bali, Kamis (20/9/2018)

Menurut dia, apabila dirinci jumlah pergerakan penumpang rata-rata per hari mencapai 64.300 orang atau per jamnya mencapai rata-rata sebanyak 3.388 orang. Dari total 15,6 juta penumpang selama delapan bulan ini, 4,1 juta di antaranya merupakan warga negara asing atau wisatawan mancanegara.

Jumlah itu melonjak 6,61 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya mencapai 3,8 juta orang.

Pencapaian jumlah wisatawan mancanegara selama delapan bulan itu, lanjut Yanus, berkontribusi hampir 62 persen dari total target wisman ke Bali tahun ini mencapai 6,27 juta orang.

Sementara itu apabila dirinci berdasarkan asal penumpang asing itu dari 4,1 juta wisman, 23,5 persen di antaranya dari China, menjadikan negara itu duduk di posisi pertama. Posisi kedua ditempati Australia sebanyak 18,6 persen, disusul India (5,9 persen), Inggris (4,4) dan Jepang (4,1 persen).

Negara lainnya yaitu Amerika Serikat, Perancis, Malaysia, Jerman, dan Korea Selatan menduduki 10 besar negara penyumbang jumlah turis asing terbanyak.

Sementara itu dalam statistik pergerakan pesawat periode Januari-Agustus 2018, tercatat sebanyak 107.338 pesawat keluar masuk Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, baik melalui Terminal Domestik dan Terminal Internasional.

Jumlah itu, kata dia, merupakan kenaikan dari periode pencatatan yang sama pada tahun 2017 mencapai 96.723 pesawat yang dilayani oleh bandara itu atau naik sebesar 11 persen.

"Rata-rata per bulan pergerakan pesawat mencapai 13.400 pesawat, per hari 442 pesawat atau per jam 23 pesawat," ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…