Tahun Depan NYIA Bisa Dioperasionalkan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 15:00 WIB

New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)
New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kulon Progo- PT Angkasa Pura I optimistis proyek pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, beroperasi pada April 2019.

"Dengan dukungan banyak pihak, kami rasa target operasi pada April 2019 sangat optimistis dapat tercapai. Kami juga melibatkan masyarakat terdampak NYIA dalam proses pembangunan baik dari segi pekerja lapangan, tim keamanan, pelatihan-pelatihan, ataupun pelaksana kantin bandara," kata Project Manager NYIA Taochid Purnama Hadi kepada awak mediadi Kulon Progo, Kamis (20/9/2018)

Namun demikian, ia mengatakan tahap pekerjaan konstruksi Pembangunan NYIA di Kulon Progo baru mencapai 0,1033 persen.

"Total progres keseluruhan proyek Airside dan Landside baru mencapai 0,1033 persen, terdiri atas Airside 0,667 persen dan Landside 0,366 persen," katanya.

Ia pengatakan pada tahap pertama pembangunan ini, landasan pacu pesawat yang dibangun sepanjang 3.250 meter dengan lebar 40 meter. Kemudian, terminal bandara ditargetkan selesai 50 persen. Saat ini telah dilakukan timbunan landasan pacu (runway) sepanjang 2.000 meter dengan 22 persen.

"Runway sepanjang 3.250 meter, pesawat besar sudah bisa mendarat di NYIA," katanya.

Taochid mengatakan jumlah pekerja yang dibutuhkan dalam pengerjaan proyek 6.000 orang dari November 2018 sampai Januari 2019. "Sampai hari ini baru ada 1.200 orang. Proyek pembangunan NYIA membutuhkan pekerja dengan berbagai kemampuan," katanya.

Juru Bicara NYIA Agus Pandu Purnama mengatakan PT AP I memberikan bantuan melalui dana tanggung jawab sosial perusaan (CSR) kepada warga terdampak bandara, mulai dari pemantuan kesehatan warga terdampak bandara, khususnya ibu hamil dan anak, kemudian pelatihan kewirausahaan, pelatihan bahasa Inggris hingga pemberdayaan nelayan.

"Kami membekali warga terdampak bandara dari berbagai aspek keterampilan, supaya saat bandara jadi mereka siap bekerja sesuai keterampilan dan keahlian yang mereka kuasai," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.