Sejumlah Strategi Diperkuat Terkait Kunjungan Wisman

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 14:15 WIB

Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)
Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Medan- Kementerian Pariwisata memperkuat strategi pemasaran ke luar negeri untuk mencapai target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara pada 2018.

"Kami tahun ini fokus promosi dan penjualan ke luar negeri agar target kunjungan wisman tercapai," kata Kepala Bidang Pemasaran Area 2 Regional I Kementerian Pariwisata, Kiagoos Irvan Faisal usai membuka program "10 Destinasi Wisata MICE" di Medan, Sumatera Utara, Kamis (20/9/2018)

Irvan mengatakan strategi pemasaran untuk mengejar target kunjungan wisman itu dilakukan melalui "branding, advertising dan selling".

Menurut dia, dari sisi penjualan difokuskan pada empat sasaran. Pertama, mengikuti pameran-pameran pariwisata besar di Eropa seperti Travel Expo ITB di Berlin. "Pilihan Eropa karena negara-negara di sana perkembangan pariwisatanya sudah maju," katanya.

Kemudian mengirim delegasi penjualan yang terdiri dari pelaku usaha pariwisata Tanah Air ke luar negeri. "Para sellers dari Indonesia ini langsung bertemu dengan buyers di luar negeri," katanya.

Upaya lainnya mengadakan semacam festival untuk membentuk citra positif bagi Indonesia. Selanjutnya mengundang kalangan pembuat opini seperti jurnalis, pakar, pesohor dan blogger melakukan wisata pengenalan (famtrip) untuk menyebarluaskan destinasi wisata Tanah Air ke seluruh dunia.

Melalui berbagai upaya pemasaran tersebut, menurut dia, kunjungan wisman diharapkan tetap mengalir meskipun pada Agustus lalu ada gempa Lombok.

Dampak gempa tersebut diharapkan tidak sama dengan ketika terjadi letusan Gunung Agung di Bali, tahun lalu. "Adanya letusan Gunung Agung tersebut menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara meleset dari target tahun 2017," katanya.

Ia optimistis target 17 juta wisman tahun ini bisa tercapai asalkan tidak ada hambatan seperti tahun lalu.

Sampai akhir Juli 2018, realisasi kunjungan wisman mencapai 9.062.465 atau pencapaiannya 111,9 persen dari target.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Catur non master

Minggu, 18 November 2018 - 23:06 WIB

Lima Ratus Peserta Ramaikan Piala Catur Hatta Taliwang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Turnamen Catur non master dan master wanita di bawah umur 15 tahun, memperebutkan piala M Hatta Taliwang dalam rangka memperingati hari Pahlawan.…

Pedet

Minggu, 18 November 2018 - 19:52 WIB

Peningkatan Kelahiran Pedet Bukti Keberhasilan UPSUS SIWAB

INDUSTRY.co.id -

Luwuk Banggai,- Beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan panen pedet (anak sapi) yang hasilnya terbukti luar biasa. Ini menjadi salah satu bukti…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 November 2018 - 19:42 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja dan PDB Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta- Berdasarkan data BPS, pada periode 2015-2017, produktivitas tenaga kerja pada sektor pertanian dan PDB sektor pertanian mengalami peningkatan…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…