Lima Pelabuhan di Maluku Disinggahi Tol Laut

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 09:45 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Ambon - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menyatakan bahwa hingga kini baru lima pelabuhan di Maluku yang disinggahi kapal tol laut.

"Ke lima pelabuhan itu masing-masing Pelabuhan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Namlea, Kabupaten Buru dan pelabuhan Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Maluku Bustaman Ohorella di Ambon, Rabu  (19/9/2018)

Kalau ditanya kenapa kapal tol laut belum menyinggahi pelabuhan Ambon dan Tual itu memang ada alasannya, sebab dua pelabuhan ini setiap kali disinggahi kapal-kapal barang daru Pulau Jawa.

Bustaman mengatakan, jadi lima daerah itu yang disinggahi tol laut sebab ada perbedaan harga yang menonjol terutama kebutuhan pokok.

"Program tol laut ini merupakan kebijaksanaan Pemerintah Pusat, di bidang angkutan, dengan harapan akan menekan harga di pasaran terutama kebutuhan pokok," katanya.

Jadi selama ini harga -harga yang dipatok para pedagang di Kabupaten Aru, MTB maupun di MBD selalu tinggi melebihi lima persen dari harga yang ada di sentra produksi.

Namun setelah adanya program tol laut harga masih tetap tinggi bahkan bisa mencapai 20 persen.

"Misalnya saja gula pasir yang kalau di Ambon atau di sentra produksi Rp12.000/Kg, ternyata di Dobo maupun di Samlaki hingga kini masih tetap berkisar antara Rp20.000/Kg, bahkan di MBD lebih dari itu," ujarnya.

Hal ini merupakan pertanyaan untuk Pemda setempat, karena kapal-kapal tol laut ini setelah mengangkut kebutuhan pokok ke lima pelabuhan tersebut setelah kembali harus ada muatan atau kargo, ternyata tidak ada, kapal-kapal itu balik ke Jawa dalam keadaan kosong.

"Kapal-kapal tol laut ini juga minimal sebulan sekali melakukan pelayaran, namun ternyata yang terjadi dua hingga tiga bulan baru dia kembali lagi, hal ini disebabkan akibat faktor penyebab yang tadi itu, dia kembali dalam keadaan kosong," ujarnya.

Ini situasi yang terjadi seperti itu, lanjutnya, dari hasil pemantauan dan pengamatan Disperindag Provinsi Maluku kenyataannya sepertti itu. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talk Show bertajuk Mempererat Ikatan Ibu dan Anak dengan MetodeRead-Aloud yang diselenggarakan Lotte Choco Pie (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:30 WIB

Sambut Hari Ibu, Lotte Choco Pie Ajak Para Ibu Tingkatkan Kualitas Mendidik Sang Buah Hati

Menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2018, Lotte Choco Pie mengajak para ibu Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dalam hal mendidik sang buah hati.

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go.

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:05 WIB

GreatDay, Aplikasi Digital Manajemen Sumber Daya Manusia

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go. Dengan perubahan brand ini, telah didirikan PT. People Intelligence Indonesia ("P11"),…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan pada acara Penganugerahan Industri Hijau (Foto: Kemenperin)

Rabu, 12 Desember 2018 - 18:10 WIB

143 Perusahaan Raih Penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin

Menperin Airlangga Hartarto menyerahkan Penghargaan Industri Hijau Tahun 2018 kepada 143 perusahaan yang terdiri dari 87 perusahaan mendapat level 5 dan 56 perusahaan dengan level 4.

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 17:13 WIB

Menperin: Target Roadmap 4.0 di Sektor Mamin Adalah Indonesia Jadi Pemain Utama Industri Mamin Dunia

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi Industri 4.0.

Kementerian PUPR Terima Medali Emas Simpul Jaringan Geospasial dari Badan Informasi Geospasial

Rabu, 12 Desember 2018 - 16:37 WIB

Kementerian PUPR Terima Medali Emas Simpul Jaringan Geospasial dari Badan Informasi Geospasial

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan Bhumandala Kanaka Tahun 2018 atau Medali Emas untuk Kategori Simpul Jaringan Geospasial Terbaik Tingkat Kementerian/Lembaga…