Lima Pelabuhan di Maluku Disinggahi Tol Laut

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 09:45 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Ambon - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menyatakan bahwa hingga kini baru lima pelabuhan di Maluku yang disinggahi kapal tol laut.

"Ke lima pelabuhan itu masing-masing Pelabuhan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Namlea, Kabupaten Buru dan pelabuhan Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Maluku Bustaman Ohorella di Ambon, Rabu  (19/9/2018)

Kalau ditanya kenapa kapal tol laut belum menyinggahi pelabuhan Ambon dan Tual itu memang ada alasannya, sebab dua pelabuhan ini setiap kali disinggahi kapal-kapal barang daru Pulau Jawa.

Bustaman mengatakan, jadi lima daerah itu yang disinggahi tol laut sebab ada perbedaan harga yang menonjol terutama kebutuhan pokok.

"Program tol laut ini merupakan kebijaksanaan Pemerintah Pusat, di bidang angkutan, dengan harapan akan menekan harga di pasaran terutama kebutuhan pokok," katanya.

Jadi selama ini harga -harga yang dipatok para pedagang di Kabupaten Aru, MTB maupun di MBD selalu tinggi melebihi lima persen dari harga yang ada di sentra produksi.

Namun setelah adanya program tol laut harga masih tetap tinggi bahkan bisa mencapai 20 persen.

"Misalnya saja gula pasir yang kalau di Ambon atau di sentra produksi Rp12.000/Kg, ternyata di Dobo maupun di Samlaki hingga kini masih tetap berkisar antara Rp20.000/Kg, bahkan di MBD lebih dari itu," ujarnya.

Hal ini merupakan pertanyaan untuk Pemda setempat, karena kapal-kapal tol laut ini setelah mengangkut kebutuhan pokok ke lima pelabuhan tersebut setelah kembali harus ada muatan atau kargo, ternyata tidak ada, kapal-kapal itu balik ke Jawa dalam keadaan kosong.

"Kapal-kapal tol laut ini juga minimal sebulan sekali melakukan pelayaran, namun ternyata yang terjadi dua hingga tiga bulan baru dia kembali lagi, hal ini disebabkan akibat faktor penyebab yang tadi itu, dia kembali dalam keadaan kosong," ujarnya.

Ini situasi yang terjadi seperti itu, lanjutnya, dari hasil pemantauan dan pengamatan Disperindag Provinsi Maluku kenyataannya sepertti itu. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Judi Achmadi

Senin, 22 Oktober 2018 - 18:46 WIB

Telkom Dukung Implementasi Uang Elektronik BKE Pay Melalui T-Money

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Sebagai wujud nyata dukungan terhadap implementasi uang elektronik di Indonesia, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menandatangani Perjanjian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat interior All New Ertiga sebelummelepas ekspor perdanake ke 22 negara tujuan ekspor di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Foto: Kemeneprin)

Senin, 22 Oktober 2018 - 17:45 WIB

Lepas Ekspor All New Ertiga dan Nex II, Menperin Acungi Jempol Capaian Gemilang Suzuki

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya kepada PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang ikut berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia.

Bekraf Ajak Talenta Kreatif Indonesia Siapkan Diri Ikuti SXSW 2019

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:38 WIB

Bekraf Sebut Hanya 10 Persen Startup yang Mampu Bertahan

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebutkan meski di Indonesia banyak bermunculan perusahaan rintisan (startup), namun diprediksi tak akan banyak yang mampu bertahan.

Kawasan Industri Pulogadung

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:26 WIB

2019, PT JIEP Ajukan Masterplan RDTR Kembangkan Zona Halal

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) selaku pengelola kawasan industri Pulogadung memastikan akan bertransformasi menjadi sebuah kawasan industri halal Pulogadung

Carrefour Lebak Bulus mengubah konsep ritelnya untuk jaring generasi milenial dengan menawarkan konsep gerai Carrefour Hybrid

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:11 WIB

Carrefour Ubah Konsep Ritelnya Jaring Generasi Milenial

PT Trans Ritel Indonesia selaku pengelola ritel Carrefour Lebak Bulus menyadari betul gelombang disrupsi dan e-commerce. Sebab itu, pihaknya memulai berbenah diri dengan menawarkan konsep Hybrid…