Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Oleh : Ridwan | Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)
Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia tidak hanya menuai  sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar se-Asia ini.

Dengan berakhirnya penyelenggaraan Asian Games 2018, Danone-AQUA berharap nilai-nilai kebaikan yang diusung Perusahaan sebagai sponsor resmi hidrasi sekaligus sponsor resmi kebaikan Asian Games 2018 dapat terus menginspirasi bangsa Indonesia.

Sejak akhir Juli lalu, Danone-AQUA telah meluncurkan kampanye #KontingenKebaikan yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa melalui aksi kebaikan dan menjadi tuan rumah yang baik untuk Asian Games 2018 ini.

Melalui gerakan #KontingenKebaikan ini pula, Danone-AQUA bersama Komunitas Indorelawan dan karyawan melakukan aksi bersih sampah untuk memastikan tempat penyelenggaraan Asian Games 2018 bersih dan sehat.

Selama perhelatan Asian Games 2018, Danone-AQUA menyediakan lebih dari 3.000 kantong plastik sampah organik bersifat biodegradable yang terbuat dari singkong. Sejak dimulainya Pawai Obor Asian Games 2018 hingga perhelatan usai, ribuan relawan #KontingenKebaikan yang berasal dari Indorelawan serta berbagai komunitas di Yogyakarta, Bali, Palembang, Bogor dan Jakarta, telah berhasil mengumpulkan lebih dari 17 ton sampah plastik yang dibawa ke RBU yang dikelola oleh Danone-AQUA di Tangerang Selatan.

Sampah plastik yang terkumpul tersebut akan dijadikan cacahan plastik, untuk selanjutnya diolah kembali menjadi bahan baku produk baru lainnya seperti bantal, kaos, lapisan geotekstil, peralatan makan dan minum, tas belanja, boneka, dan lain sebagainya.

Menurut Jeffri Ricardo selaku Marketing Manager Danone-AQUA berbagai pencapaian dari perjalanan kampanye gerakan #KontingenKebaikan ini merupakan hasil kolaborasi dengan banyak pihak, mulai dari INASGOC, mantan atlet dan pelatih, berbagai komunitas dan relawan di daerah dan di Jakarta, media, dan tentunya masyarakat Indonesia yang mendukung terselenggaranya acara Asian Games 2018 dengan baik.

“Ungkapan terima kasih kami sampaikan pada banyak pahlawan di balik layar yang membantu menjadikan ajang internasional ini berlangsung dengan sukses. Apresiasi yang diberikan dunia untuk Indonesia begitu luar biasa, dan kami bangga bisa menjadi bagian dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia. Kami berharap, kebaikan yang kami tebarkan selama ini dapat terus menginspirasi,” kata Jeffri di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indorelawan Maritta C. Rastuti mengatakan, Antusiasme relawan dan masyarakat di seputar venue terhadap gerakan #KontingenKebaikan ini besar sekali.

Menurutnya, mereka tidak hanya mendukung dengan memberikan semangat kepada atlet, tetapi juga berkontribusi dengan menunjukkan bahwa Indonesia adalah tuan rumah terbaik di Asian Games 2018 ini.

"Jadi, bagi para relawan, mereka bukan sekadar hadir di Asian Games 2018, tetapi juga memberikan makna dan kesan dari kehadiran mereka," katanya.

Mengawali gerakan ini saat peluncuran di akhir Juli lalu, gerakan #KontingenKebaikan sudah dimulai sejak Pawai Obor di Yogyakarta, Bali, Palembang, Bogor dan Jakarta.

Danone-AQUA memberikan apresiasi kepada mantan atlet yang kemudian beralih menjadi pelatih dari cabor Panahan, Tinju dan Gulat, dan juga guru olahraga yang memotivasi anak didiknya untuk meraih prestasi di bidang Atletik.

Dalam kampanye ini, Danone-AQUA juga melakukan aktivasi edukasi tentang pentingnya membuang sampah di tempat sampah dan memilah sampah plastik di stan-stan Danone-AQUA yang tersebar di Jakarta (GBK, JIEXPO Kemayoran), Bogor (Stadium Pakan Sari), dan Palembang (Jakabaring).

Selain itu, Danone-AQUA juga menggelar lomba foto profesional bagi media dan penulisan blog bagi para blogger, serta lomba foto untuk publik melalui Instagram, untuk mengangkat kisah-kisah kebaikan yang terjadi di sepanjang perhelatan olahraga internasional terbesar di Asia ini.

Dalam kategori lomba foto professional, terpilih tiga foto terbaik dari total 299 foto yang dikirimkan oleh 84 peserta untuk juara 1, 2, dan 3 yaitu Vitalis Yogi Trisna (Bola.com), Isra’ Triansyah (sindonews.com), dan Dharma Wijayanto (akurat.co). Hasil dari lomba foto ini diharapkan dapat menginspirasi mereka yang melihatnya untuk selalu menebarkan kebaikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…