Ceko Jajaki Kerja Sama Investasi Sektor Kereta Api Hingga Rumah Sakit di DIY

Oleh : Ridwan | Kamis, 20 September 2018 - 14:10 WIB

Gusti Kangjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, Ketua Umum Kadin DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi saat menendatanganj kerja sama dengan Michal Stefl selaku Wakil Presiden Kadin Republik Ceko (Foto: Kadin)
Gusti Kangjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, Ketua Umum Kadin DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi saat menendatanganj kerja sama dengan Michal Stefl selaku Wakil Presiden Kadin Republik Ceko (Foto: Kadin)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta, Sejumlah pengusaha asal Ceko melakukan kunjungan ke Daerah Istimewa Yogyakarta utuk menjajaki peluang investasi. Selain dengan Gubernur DIY, Delegasi Ceko juga melakukan pertemuan dengan Ketua Kadin DIY.

Gusti Kangjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, Ketua Umum Kadin DIY mengatakan, beberapa prioritas utama yang dibahas dalam pertemuan yaitu tentang bandara, kereta, pelabuhan dan rumah sakit.

“Ceko support hospital menginginkan ada pabrik obat, manajemen rumah sakit dari Sarjito juga dateng, mudah-mudahan Sarjito juga bisa kolaborasi jadi rumah sakit yang baik dan internasional hospital yang ada di bandara baru juga bisa berkolaborasi untuk menjadikan rumah sakit yang baik,” jelasnya di Gedhong Pracimosono, di Komplek Kepatihan, Yogyakarta (19/9).

GKR Mangkubumi menambahkan, Ceko memang terkenal bagus dengan industri kereta api. Tahun depan para pengusaha Ceko akan kembali datang ke Yogyakarta untuk mendalami dan merealisasikan potensi investasi yang ada.

Masih di hari yang sama, delegasi Ceko juga bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis.  Gubernur mengatakan Pemda DIY akan mendorong peluang kerja sama Indonesia dengan Republik Ceko. Melalui PT. KAI, peluang kerja sama di bidang perkeretaapian sangat terbuka.

"Kemungkinan ada untuk join dengan PT. KAI, apakah nanti untuk pembangunan rel dari airport ke Tugu, maupun dari Yogyakarta ke Borobudur. Rel nanti bisa dibangun di sebelah tol. Selain itu ada produk-produk yang lain yang mungkin bisa dibicarakan," ungkap Sri Sultan.

Di Pracimosono, Sri Paduka berharap hubungan bisnis Republik Ceko dan DIY dapat diwujudkan lebih konkret. Oleh karena itu diharapkan forum bisnis dilanjutkan dengan pembahasan mendalam untuk mendapatkan kesepakatan-kesepakatan bisnis.

''Ini suatu kehormatan DIY dapat turut berperan dalam meningkatkan kerja sama antara Republik Indonesia dan Republik Ceko. Kami sangat senang bisa mempromosikan peluang-peluang investasi dalam sektor perdagangan dan infrastruktur kepada Republik Ceko,'' ungkap Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X pada sambutan mewakili Gubernur DIY.

Milan Stech, Presiden Senat Parlemen Republik Ceko pada kesempatan ini juga berharap kerjasama yang terjalin bisa memberikan kemajuan bagi kedua pihak. 

Sedangkan Michal Stefl, Wakil Presiden Kadin Republik Ceko, mengungkap bahwa setelah berdiskusi dengan Gubernur DIY, Republik Ceko ingin bekerja sama di bidang medis, industri, dan pembahasan pembangunan infrastruktur kereta api untuk New Yogyakarta International Airport (NYAI) di Kulon Progo.

“Kami memiliki banyak penawaran untuk bekerja sama membangun infrastruktur di DIY. Tentunya kami perlu berdiskusi lebih dalam sehingga bisa optimal,'' pungkas Michal Stefl.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…