Bursa Global Menguat Hari Ini

Oleh : Wiyanto | Kamis, 20 September 2018 - 09:03 WIB

IHSG (Foto/Rizki Meirino)
IHSG (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Pergerakan bursa saham Asia kembali mampu berbalik menguat di tengah kekhawatiran akan terjadinya perang dagang AS dan Tiongkok. Pelaku pasar merespon positif rilis BoJ yang kembali menahan suku bunganya dan memberikan pandangan positif akan ekonomi Jepang ke depannya seiring dengan langkah pemulihan ekonominya.

"Selain itu, pelaku pasar juga merespon positif pernyataan PM Tiongkok, Le Keqiang, dalam forum World Economic Forum (WEF) dimana meski Tiongkok merasakan ekonomi saat ini tidak nyaman dengan adanya konfrontasi tarif dagang namun, Tiongkok telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mempertahankan ekonominya.," ujar analis Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Ia bilang, Laju bursa saham Eropa turut bergerak menguat seiring sikap pelaku pasar yang mencoba kembali mengesampingkan ekskalasi perang dagang antara Tiongkok dan AS. Indeks pan-European Stoxx600 naik 0,21 persen dengan dukungan sejumlah sektor, terutama sektor sumber daya, bank, hingga otomotif. Reaksi positif dari pelaku pasar terhadap komentar PM Le Keqiang dalam WEF yang dibarengi dengan positifnya sejumlah berita emiten turut membantu laju bursa saham Eropa bergerak di zona hijau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerbau di persawahan

Rabu, 20 Maret 2019 - 07:38 WIB

Kementan tingkatkan pengawasan terhadap pemasukan daging kerbau asal India

Jakarta, Adanya pemberitaan di beberapa media online terkait kejadian kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa negara bagian di India, telah meningkatkan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.