Ceko Jajaki Kerja Sama Garap Empat Proyek Prioritas DIY

Oleh : Ridwan | Kamis, 20 September 2018 - 09:03 WIB

Ilustrasi pembangunan rel kereta. (Foto: IST)
Ilustrasi pembangunan rel kereta. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta, Pemerintah Republik Ceko tengah penjajakan kerja sama untuk menggarap empat proyek prioritas yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hal itu mengemuka saat kunjungan rombongan dari Republik Ceko yang dipimpin oleh Presiden Senat Parlemen Republik Ceko Milan Stech Wakil Ketua Kadin Republik Ceko Michal Stefl ke Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (19/9). 

Adapun keempat proyek tersebut antara lain bandara NYIA di Kulonprogo, kereta api, Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kulonprogo, dan rumah sakit.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, GKR Mangkubumi yang ikut menemani rombongan delegasi Republik Ceko pun membenarkan hal tersebut. 

‘’Saat ini baru dilakukan pendalaman. Rombongan dari  Republik Ceko juga mengikutsertakan kalangan pengusaha dan perbankan. Mereka berminat untuk berinvestasi di bidang kereta api, traffic management, dan teknologi,’’ katanya. 

Pada kesempatan itu, rombongan dari Ceko juga sekaligus menggelar diskusi dengan pihak-pihak yang berkepentingan seperti  PT KAI (Kereta Api Indonesia), PT Angkasa Pura I, dan RSUP Dr Sardjito, di Gedhong Pracimoso, Kepatihan.

Sebelum melakukan diskusi, rombongan dari Republik Ceko termasuk Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek, melakukan audiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono  X di Gedhong Wilis, Kepatihan

Wakil Ketua Bidang Transportasi Kadin DIY Onny Febri Ananto menambahkan secara garis besar Ceko berminat untuk berinvestasi di DIY.

"Yang mereka tawarkan antara lain sistem traffic management untuk mendukung bandara, teknologi aero city, peralatan dan pembangunan rumah sakit di airport, juga kereta api dari Stasiun Tugu ke bandara," terangnya. 

Hal senada juga disampaikann Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Budi Wibowo. Ia menuturkan pihak Ceko ingin bekerja sama dengan DIY khususnya yang terkait dengan perkeretaapian termasuk industri gerbong dan rel.

‘’Oleh Pak Gubernur direspons positif. Sebagai langkah awal akan membangun rel kereta api antara bandara baru di Kulonprogo sampai Stasiun Tugu. Dari Republik Ceko akan segera melakukan studi kelayakan,’’ katanya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pihaknya hanya mendorong PT KAI agar ada pertemuan dengan Ceko di bidang perkeretaapian.

‘’Bagaimana supaya ada kerja sama antara PT KAI terutama untuk transportasi kebandara dari Stasiun Tugu ke bandara di Kulonprogo," ujarnya.

Sultan menambahkan, kemungkinan bisa juga dibangun rel kereta dari Yogyakarta ke Borobudur dan ada pengembangan kereta api di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan Ceko. Karena negara itu dikenal dengan industri kereta apinya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…