Dukung Revitalisasi Sungai Citarum, South Pasific Viscose Gelar Journalist Workshop

Oleh : Hariyanto | Kamis, 20 September 2018 - 07:26 WIB

South Pasific Viscose Gelar Journalist Workshop
South Pasific Viscose Gelar Journalist Workshop

INDUSTRY.co.id - Purwakarta - PT. South Pacific Viscose (PT SPV), sebuah perusahaan penghasil serat selulosa berbahan dasar kayu, kembali menunjukkan komitmen untuk mendukung program Citarum Harum. 

Perusahaan yang sudah beroperasi di Indonesia selama 35 tahun ini menggelar Journalist Workshop yang menekankan pada perkembangan program Citarum Harum, serta peran penting Industri dalam mendorong revitalisasi Sungai Citarum. Kegiatan bertajuk ”Environment Sustainability in Business Practice” ini diselenggarakan pada 19-20 September 2018 di Purwakarta. 

Hadir sebagai pemateri dalam acara ini, yaitu Rofi Alhanif, selaku Kepala Bidang Pendidikan Kemaritiman, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman; Ravi Shanker, ketua Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen lndonesia (APSyFl); dan Prima Mayaningtyas, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. 

Head of Ccorporate Affairs PT South Pacific Viscose, Widi Nugroho Sahib mengatakan, Program Citarum Harum yang diinisiasi pemerintah perlu dukungan berbagai pihak. Ia berharap, dengan kegiatan ini semakin banyak pihak yang berkontribusi aktif  dalam program Citarum Harum.

"Kami secara aktif memberikan dukungan kepada pemerintah, salah satunya dengan mengadakan Journalist Workshop untuk membantu rekan-rekan media mengenal lebih dekat topik pencemaran lingkungan serta membagikan penjelasan seputar pengendalian pencemaran yang dilakukan perusahaan di sekitar Sungai Citarum, seperti perusahaan kami. Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak pihak yang berkontribusi aktif untuk membantu merevitalisasi Sungai Citarum.” ujar Widi Nugroho Sahib Head of Ccorporate Affairs PT South Pacific Viscose. 

Materi bahasan dilengkapi dengan langkah-langkah strategis yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah di bawah naungan Koordinator Kementerian Bidang Kemaritiman dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. 

Pemaparan pengendalian pencemaran di Sungai Citarum juga dibahas dari sisi Industri dengan menyajikan penjelasan terkait pengelolaan emisi industri sesuai aturan yang berlaku saat ini, persyaratan standard baku mutu yang harus dicapai, hingga teknologi ramah lingkungan yang diterapkan. 

Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang memiliki nilai sejarah yang penting bagi masyarakat. Sayangnya, pencemaran di sungai ini menjadikan Sungai Citarum sebagai sungai terkotor di dunia. 

Pemerintah melalui Peraturan Presiden RI Nomor 15 Tahun 2018 berinisiatif untuk menggalakan program nasional Citarum Harum guna merevitalisasi Sungai Citarum. Diharapkan melalui program ini, pencemaran pada Sungai Citarum dapat sepenuhnya teratasi pada tahun 2025.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi ( kedua dari kiri) menjelaskan bahwa fasilitas kredit sebesar Rp 5 triliun bertenor lebih dari 10 tahun

Selasa, 18 Desember 2018 - 23:02 WIB

Angkasa Pura I Peroleh Pendanaan Rp 5 Triliun dari Bank BTN, Sarana Multi Infrastruktur dan BRIsyariah

Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) kembali mendapatkan dukungan pendanaan berupa pinjaman dari bank dan lembaga keuangan non bank dengan nilai keseluruhan Rp 5 triliun untuk mendanai pengembangan…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Selasa, 18 Desember 2018 - 22:00 WIB

Sektor Batu Bara Perlu Didukung Kebijakan dan Regulasi yang Tepat

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai batu bara masih memiliki peranan yang besar untuk menjadi andalan pemenuhan energi. Indonesia sebagai salah satu produsen dan eksportir batu…

Ivan Tambunan CEO & Co-Founder Akseleran

Selasa, 18 Desember 2018 - 20:26 WIB

Lampaui Target di Tahun 2018, Akseleran Salurkan Pinjaman Hingga Rp202 Miliar

Perusahaan Peer-to-Peer Lending (P2P Lending) PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) mencatat total penyaluran pinjaman hingga pertengahan Desember 2018 sebesar Rp202 miliar, atau…

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam acara Kick Off Indonesia Industrial Design Awards (IID Awards) (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 18 Desember 2018 - 20:15 WIB

Pacu Daya Saing Industri, Kemenperin Rilis IIDA

Kementrian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah bekerjasama dengan asosiasi profesi desain di Indonesia yaitu ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia),…

PT Pelni (Persero)

Selasa, 18 Desember 2018 - 20:00 WIB

PELNI Ubah Pola Operasi Puncak Natal-Tahun Baru

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) melakukan pengalihan rute atau "rerouting" serta perubahan pola operasi kapal di rute-rute yang ramai selama masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru…