Yayasan Danamon Peduli Turut Promosikan Festival Pasar Rakyat di Banjarmasin

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 September 2018 - 12:00 WIB

Restu Pratiwi Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli (Foto Dok Industry.co.id)
Restu Pratiwi Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Banjarmasin-Yayasan Danamon Peduli (“Danamon Peduli”) kembali menggelar Festival Pasar Rakyat Banjarmasin 2018 (FPR) yang bertajuk “Bakunjang ka Pasar” atau yang artinya ajakan untuk berkunjung ke pasar tradisional/rakyat.

Pagelaran FPR Banjarmasin yang sekaligus sebagai penutupan dari kampanye nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara tahun 2018 ini didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dan Forum Komunikasi Pekerja Seni Kampus (FKPSK).

Tercatat enam perguruan tinggi tergabung di dalam FKPSK yaitu Universitas Lambung Mangkurat; Universitas Islam Kalimantan Arsyad Al-Banjari; Politeknik Negeri Banjarmasin; Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin; dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Banjarmasin.

Kegiatan FPR Banjarmasin turut dihadiri Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Sihard Hadjopan Pohan SH, MM,; Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakilkan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Hermansyah, M.Si; Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina, S.Pi, M. Si; Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin Drs. H. Khairil. M. Si.; Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli Restu Pratiwi; dan Ketua Panitia Festival Pasar Rakyat Banjarmasin Novyandi Saputra.

Festival Pasar Rakyat merupakan bagian dari kampanye nasional “Jelajah Pasar Rakyat Nusantara” yang digagas pada tahun 2015 lalu oleh Danamon Peduli. Perhelatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan publik, khususnya komunitas lokal yang tumbuh organik di masyarakat dalam pengembangan pasar rakyat. Melalui Festival Pasar Rakyat, Danamon Peduli ingin menyampaikan pesan sosial, yaitu pentingnya nilai, peran, dan keberadaan pasar rakyat yang dikemas dalam kegiatan kreatif, edukatif dan budaya.

“Danamon Peduli secara khusus mengambil peran sebagai mitra pemerintah dalam revitalisasi pasar rakyat. Pada dasarnya kami saling mengisi dan melengkapi program kerja pemerintah yang fokus pada pengembangan pasar. Melalui kampanye nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara dan Festival Pasar Rakyat kami berupaya mengangkat keberagaman dan kekayaan pasar di Indonesia. Salah satu aset bangsa yang kita miliki adalah pasar apung yang ada di kota Banjarmasin ini. Melalui FPR, kami menyemangati pemerintah daerah dan komunitas lokal untuk bersinergi mempersiapkan pasar rakyat yang mampu menjawab kebutuhan konsumen yaitu mumpuni pada aspek perekonomian dan juga sebagai ruang sosial budaya serta sebagai tujuan rekreasi atau pariwisata daerah. Pada FPR Banjarmasin, terdapat banyak perguruan tinggi yang ikut serta untuk memeriahkan ajang ini. Hal ini merupakan suatu keistimewaan pada FPR kali ini di Banjarmasin dan juga menunjukkan kepedulian perguruan tinggi terhadap isu pasar rakyat,” jelas Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

FPR Banjarmasin telah digelar sejak tanggal 19 Agustus hingga 15 -16 September 2018 sebagai puncak acaranya. Didukung oleh Heru Prasetya, penggiat budaya asal Solo, serta 49 komunitas dari berbagai lintas sektor ratusan relawan sebagai pengisi acara. FPR Banjarmasin dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan di Pasar Kuripan, Pasar Blauran, dan Pasar Apung Siring Tendean, seperti bersih-bersih pasar, aneka lokakarya bagi komunitas (fotografi, film pendek dan kerajinan Sasirangan), nonton bareng film dokumenter pasar rakyat, kompetisi foto, cek kesehatan gratis dan donor darah, instalasi seni, pameran foto lukis mural dan aneka lomba serta berbagai pertunjukan seni budaya khas setempat.

“Kami sangat terkesan dengan semangat dan totalitas komunitas lokal dan generasi muda yang terhimpun dalam Forum Komunikasi Pekerja Seni Kampus kota Banjarmasin. Kami menjadi saksi atas semangat dan kepedulian generasi muda untuk mempromosikan pasarnya. Komunitas dan generasi muda ini terbukti mampu menjadikan pasar sebagai panggung dan etalase kekayaan Kota Banjarmasin untuk disebarluaskan ke seluruh Indonesia, bahkan dunia. Menurut kami, proses untuk meningkatkan martabat pasar rakyat tidaklah cukup jika dilakukan oleh pemerintah, namun keterlibatan dan pemberdayaan komunitas lokal juga memegang peranan yang sangat penting,” tutup Restu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…