Penyanyi Jazz Legendaris Al Jarreau Tutup Usia

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 13 Februari 2017 - 07:09 WIB

Penyanyi Jazz yang Melegenda, Al Jarreau (Frank Hoensch/Contributor/Getty Images)
Penyanyi Jazz yang Melegenda, Al Jarreau (Frank Hoensch/Contributor/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Penyanyi jazz yang melegenda Al Jarreau, meninggal dunia diusianya yang ke 76. Penyanyi jazz asal Amerika Serikat ini meninggal disebuah rumah sakit di Los Angles, pada hari minggu pagi (12/2/2017).

Melansir dari nytimes, kabar duka ini diumumkan oleh manajernya sendiri, Joe Gordon. Ia mengatakan, Jarreau dirawat di rumah sakit sejak dua pekan lalus karena kelelahan. Atas saran dokter, Ia telah membatalkan jadwal turnya dan pensiun.

Terlahir dengan nama lengkap Alwyn Lopez Jarreau pada 12 Maret 1940, di Milwaukee, Wisconsin dan dibesarkan di Milwaukee. Jarreau memiliki gata vokal yang unik, dengan ini Ia dijuluki penyanyi jazz terbaik. Sebelum pindah ke San Fransisco, Ia membuat trio yang bernama "The Indigos" bersama dengan penyanyi jazz, George Duke.

Terobesesi untuk meraih mimpinya, Jarreau pindah ke Los Angeles selatan, dan Ia diajak oleh agensi ternama Warner Bros untuk menandatangani kontrak rekaman dan memulai debut pertamanya yang berjudul "We Got By" pada tahun 1977. Bermula dari debutnya, Ia memenangkan pernghargaan pertama yang mendapatkan tujuh penghargaan di Grammy Awards di album "Look to the Rainbow".

Setelah mendapatkan banyak penghargaan dan stempel sebagai penyanyi jazz, Jarreau melebarkan sayapnya dengan mengeluarkan album yang berjudul, Breakin’ Away,  ditahun 1981 dan terjual lebih dari 1 juta keping. Begitupun dengan laghu hitsnya, "We’re in This Love Together". Sejak itulah karir Jarreau makin meroket.

Namun Ia pensiun pada tahun 1968 dan memilih bekerja sebagai konselor bagi penyandang disabilitas dan bernyanyi di klub-klub jazz di San Fransisco.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (Foto Setkab)

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:21 WIB

Presiden Jokowi Tandatangani PP THR Pensiunan ASN

Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian tunjangan hari raya kepada aparatur sipil negara, termasuk kepada para pensiunan ASN.

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) (Foto Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:10 WIB

Rehat Tengah Hari, Saham-Saham Sektor Keuangan Topang IHSG ke Posisi 5.830

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup menguat 1,39% atau 79 poin ke posisi 5.830 di akhir sesi pertama perdagangan Rabu (23/05/2018) ini dibandingkan posisi pada…

Ilustrasi Blok Migas (Fotos Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:06 WIB

Kementerian ESDM Sebut Investasi Migas Mulai Meningkat

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan bahwa investasi di bidang migas mulai memperlihatkan hasil peningkatan setelah pemangkasan birokrasi

Ilustri Industri Farmasi

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:05 WIB

Industri Farmasi Terpukul Akibat Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut industri farmasi paling terpukul akibat nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) menembus level Rp 14.200.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 12:50 WIB

Asian Agri Optimis Capai Kemitraan 100.000 Hektar

Asian Agri optimistis bisa mencapai target program kemitraan dengan petani sawit yang disebut dengan "one to one" seluas 100. 000 hektare di tahun 2018