Jamin Pasokan Energi, PT Jorong Port Development Teken MoU Dengan PT. Pertamina (Persero)

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 September 2018 - 12:35 WIB

Direktur Pemasaran Korporat PT. Pertamina (persero) Basuki Trikora Putra bersama Presiden Direktur PT Jorong Port Development Wishnu Soehardjo saat menandatangani Nota Kesepahaman (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Direktur Pemasaran Korporat PT. Pertamina (persero) Basuki Trikora Putra bersama Presiden Direktur PT Jorong Port Development Wishnu Soehardjo saat menandatangani Nota Kesepahaman (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Demi mensuplai kebutuhan energi kawasan industri jorong, PT. Jorong Port Development (JPD) menjalin kerja sama dengan PT. Pertamina (Persero). 

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak yang diselenggarakan di Kantor Pusat PT. Pertamina (Persero) Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Pemasaran Korporat PT. Pertamina (persero) Basuki Trikora Putra bersama Presiden Direktur PT Jorong Port Development Wishnu Soehardjo. 

Dalam sambutannya, Basuki mengatakan, MoU ini merupakan bentuk komitmen kerja sama yang akan kita lakukan dalam rangka bisnis kedua belah pihak. 

"Ini merupakan langkah awal untuk mengidentifikasikan potensial bisnis apa yang akan kita kembangkan kedepannya," kata Basuki. 

Menurutnya, perkembangan bisnis khususnya di provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan yang menaungi kawasan industri jorong tumbuh sangat pesat. 

"Oleh karena itu, dengan adanya kerja sama ini akan menjadi baik untuk kedua pihak," terangnya. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, MoU ini merupakan langkah awal tang baik bagaimana melihat oportuniti yang ada untuk bisa dikembangkan dan direalisasikan. 

"Kita harus kerja keras untuk bisa menyusun langkah kedepannya seperti apa," imbuh pria yang sering disapa Tiko.

Ditambahkan Tiko, apalagi disana (Kawasan industri Jorong) sudah ada dermaga yang bisa dioperasikan tahun ini. Pertamina melihat ini kesempatan yang baik untuk bisa mendevelop energi solution disana. 

"Melalui dermaga tersebut kita (Pertamina) bisa supply energi yaitu BBM, Pelumas, LNG, sehingga ini menjadi kekuatan yang dahsyat. Oleh karena itu, ia berharao kerja sama ini segera terwujud" ungkap Tiko. 

Presiden Direktur PT Jorong Port Devemopment Wishnu Soehardjo mengapresiasi PT Pertamina (Persero) yang telah menerima kami dengan sepenuh hati. 

Wishnu berharap kerja sama ini dapat menumbuhkan bisnis kawasan industri jorong serta ekonomi masyarakat sekitar. 

Sebelumnya pada Januari 2018 lalu, PT. Jorong Port Development juga telah menjalin kerja sama bisnis dengan PT. Pertagas Niaga (anak perusahaan PT Pertamina yang khusus bergerak dalam gas alam dan produk turunannya) terkait supply gas kawasan industri jorong. 

"Kami tidak menyangka bisa bekerjasama dengan sebagian besar BUMN. Untuk itu, sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan berharap MoU ini bisa berlanjut," tutup Wishnu. 

Seperti diketahui, Kawasan Industri Jorong menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) 14 kawasan industri di luar Jawa, kemudian juga masuk dalam 64 usulan kawasan ekonomi khusus (KEK).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…