Saingi Tesla, Raja Salman Rela Rogoh Kocek Rp 15 Triliun

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 18 September 2018 - 20:34 WIB

Xpeng, Mobil listrik hasil kolaborasi iPhone dan Alibaba sesumbar siap melawan setiap produk mobil listrik keluaran Tesla
Xpeng, Mobil listrik hasil kolaborasi iPhone dan Alibaba sesumbar siap melawan setiap produk mobil listrik keluaran Tesla

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Raja Salman dari Arab Saudi menanamkan uang senilai sekitar US$1 miliar atau sekitar Rp15 triliun ke sebuah perusahaan mobil listrik yang menjadi pesaing mobil listrik populer Tesla Motor. Investasi Saudi ini dilakukan lewat perusahaan investasi ke perusahaan bernama mobil listrik bernama Lucid Air, yang berbasis di Casa Grande, Arizona.

Perusahaan ini berencana mulai memproduksi mobil listrik pada 2020. “Sebelumnya, pemerintah Saudi telah memiliki investasi di Tesla setara sekitar 5 persen saham,” begitu dilansir CNN pada Senin, 17 September 2018 waktu setempat.

Seperti dilansir Verge, juru bicara dari perusahaan Publik Investment Fund dari Saudi mengatakan,“Dengan berinvestasi pada pasar mobil listrik yang berekspansi dengan cepat ini, PIF mendapatkan kesempatan pertumbuhan jangka panjang. Mendukung inovasi dan pengembangan teknologi, dan meningkatkan pendapatan dan diversifikasi sektor investasi untuk Kerajaan Arab Saudi."

CEO dan salah satu pendiri Tesla, Elon Musk, mengatakan Arab Saudi telah mendesaknya untuk membuat perusahaan menjadi swasta tertutup atau keluar dari bursa selama dua tahun terakhir.

Saudi juga menjanjikan dana yang diperlukan untuk menalangani pembayaran saham publik. Elon Musk sempat mengumumkan rencana itu namun kemudian membatalkannya.

Sejak Raja Salman berkuasa, Arab Saudi memperluas investasinya di luar bidang minyak. Negara penghasil minyak bumi terbesar dunia itu tidak lagi tergantung pendapatannya dari minyak bumi.

Media Verge melansir suntikan dana besar dari Saudi ini sangat dibutuhkan Lucid Air, yang sempat gagal mendapatkan suntikan dana lain untuk membiayai pembangunan pabriknya.

Chief Technology Officer Lucid Air, Peter Rawlinson, merupakan bekas vice president dan chief vehicle engineer di Tesla. Dia terlibat dalam pembuatan mobil Tesla seri S, yang merupakan mobil sedan terobosan perusahaan itu. Rawlinson meninggalkan Tesla pada 2012 sesaat setelah seri S diproduksi.

Rawlinson mengatakan mobil listrik produksi Lucid Air bakal memiliki fitur mewah yang tidak dimiliki seri S. Ruang interiornya juga bakal lebih luas dengan kursi belakang yang bisa mundur hingga 55 derajat.

“Saya percaya belum satu orangpun yang mengeksploitasi manfaat penuh dari mobil listrik,” kata Rawlinson seperti dilansir CNN. “Teknologi listrik membuat mobil menjadi lebih lapang dan mewah,” kata dia.

Untuk kinerja, mobil Lucid Air bakal setidaknya setara dengan seri S atau minimal sama. Menurut situs perusahaan itu, mobil buatan mereka bakal memiliki kemampuan jarak tempuk sekitar 400 kilometer sekali pengecasan dibandingkan 335 kilometer untuk seri jarak jauh seri S.

Mobil Lucid Air bakal memiliki kecepatan maksimal tidak lebih 200 kilometer dan melakukan akselerasi dari 0 ke 60 kilometer dalam 2,5 detik atau di bawah seri S yang tercatat 2,28 detik.

Mobil seri Luci Air ini telah dipertontonkan ke publik pada pameran di New York pada 2017.

Mobil Lucid Air bakal ditawarkan dengan kisaran harga $60 ribu atau sekitar Rp900 juta untuk harga paling murah. Lucid Air masih harus membangun pabrik, yang rencananya bakal dibangun di kawasan Arizona, yang merupakan daerah kering. Arab Saudi, yang diperintah Raja Salman, juga memiliki daerah kering berupa gurun, yang menjadi syarat untuk pendirian pabrik mobil listrik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.