Pengembangan Industri Pariwisata, Qatar Investasi 100 Juta Dolar di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 September 2018 - 18:00 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id - Aceh- Pemerintah Qatar telah melakukan investasi 100 juta dolar AS untuk pengembangan industri pariwisata di Indonesia.

"Qatar menyepakati kerjasama dengan Pemerintah Indonesia dan menginvestasi 100 juta dolar AS untuk pengembangan pariwisata di Indonesia," kata Duta Besar Qatar untuk Indonesia YM Ahmad Bin Jassim, di Aceh, Selasa (18/9/20180

Hal ini disampaikannya pada acara penyerahan bantuan 100 proyek pemberdayaan ekonomi masyarakat di SMK AL-Mubarkiya Komplek Perumahan Kuwait, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Selain itu, kata Ahmad Jassim, Pemerintah Qatar juga telah menyepakati kerja sama dengan Pemerintah Indonesia terkait peningkatan ekonomi masyarakat.

"Bantuan 100 proyek pemberdayaan ekonomi masyarakat ini sumbangan dari masyarakat Qatar untuk keluarga yatim, fakir miskin dan keluarga yang membutuhkan agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Dubes Qatar untuk Indonesia itu.

Lebih lanjut Ahmad Jassim menyatakan pemerintah Qatar dengan Aceh dan Indonesia telah menjalin hubungan yang baik antar negara.

Ia mengakui kehadirannya di provinsi paling ujung Barat Sumatera tersebut hanya untuk mendorong penerima bantuan itu agar tepat guna dan terus bisa membantu antar sesama.

"Semoga bantuan masyarakat Qatar ini mendapat keberkahan dari Allah swt dan jangan lupa mendoakan masyarakat Qatar agar senantiasi diberkahi Allah," harap dia.

Pada kesempatan itu, Dubes Qatar untuk Indonesia menyerahkan sebanyak, 100 proyek pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut masing-masing menerima, empat unit becak barang, usaha dagang delapan, 12 unit becak dagang keliling, dua usaha menel (furniture), tiga industry rumah tangga, tiga kambing dan 17 sapi.

Kemudian, dua unit mesin peras santan, lima unit mesin penggiling padi, enam unit mesin perontok padi, sembilan unit pertamini dan terkahi 28 mesin menjahit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Kemenperin)

Rabu, 20 Februari 2019 - 20:10 WIB

Insentif Super Deductible Tax Segera Dapat Dinikmati

Pemerintah segera merealisasikan skema pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak untuk industri yang berinvestasi untuk kegiatan vokasi serta kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D).

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:45 WIB

Ekspor dan Investasi Manufaktur Terus Dikebut

Pemerintah sedang memprioritaskan peningkatan investasi dan ekspor guna memperbaiki struktur perekonomian nasional. Dua faktor tersebut, juga menjadi kunci untuk memacu daya saing Indonesia…

Sekjen Kemenperin Haris Munandar saat pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Kementerian Perindustrian

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:15 WIB

Songsong Industri Keempat, Kemenperin Lantik Sejumlah ASN Milenial

Kementerian Perindustrian fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, termasuk menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi milenial yang kompeten…

PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:00 WIB

Tahun Buku 2018, Elnusa Pecahkan Rekor Pendapatan Usaha

PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, menutup tahun buku 2018 dengan kinerja yang menggembirakan. Elnusa berhasil mendongkrak kinerja dengan membukukan pendapatan…

Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Sumut (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pelindo 1 Rampungkan Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan…