Industri Fashion Terus Bergerak, Wardah Gelar Program WIYDC 2018

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 September 2018 - 12:44 WIB

Wardah Gelar Program WIYDC 2018 (Foto Dok Industry.co,id)
Wardah Gelar Program WIYDC 2018 (Foto Dok Industry.co,id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Sebagai brand kosmetik terdepan di Indonesia, Wardah memiliki komitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan industri mode tanah air. Pada tahun ini, untuk ketiga kalinya Wardah menggelar Wardah Inspiring Young Designer Competition (WIYDC) yang bertujuan memberikan ruang dan kesempatan kepada mahasiswa sekolah fashion dan desainer muda Indonesia untuk menciptakan dan menampilkan karya fashion. WIYDC 2018 akan berlangsung dari 1 September – 26 Oktober 2018 dan finalis akan berkesempatan untuk tampil di panggung Jakarta Fashion Week 2019.

WIYDC merupakan program berkelanjutan ajang pencarian dan kompetisi fashion yang diperuntukan bagi desainer muda Indonesia. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi bakat-bakat desainer muda dalam mengembangkan ide-ide yang kreatif dan inspiratif.  Tidak hanya berkompetisi, pada program ini Wardah juga bekerja sama dengan fashion designer yang juga sekaligus juri WIYDC 2018 untuk memberikan edukasi dan pendampingan selama program berjalan.

Elsa Maharani, Manager Public Relations Wardah menjelaskan, “Indonesia memiliki potensi kreatif yang dapat menjadi kekuatan ekonomi baru, salah satu potensi tersebut adalah bakat generasi dalam menciptakan sebuah inovasi produk fashion. Oleh karena itu untuk memberi ruang dan kesempatan kepada generasi muda dalam berkarya kami kembali menggelar WIYDC. Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016, program ini merupakan inkubator dan fasilitator bagi desainer muda untuk peningkatan kemampuan, keterampilan, penciptaan sebuah karya, dan termasuk dalam memberikan pemahaman bisnis sehingga mereka siap untuk menjadi seorang fashionpreneur”.

Pada tahun ini WIYDC 2018 akan mengankat tema “The Unstoppable You” yang terinspirasi dari lini produk premium terbaru Wardah yaitu Instaperfect: All Day Perfection For Your Unstoppable Move. Instaperfect merupakan rangkaian produk yang diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan kecantikan perempuan masa kini. Tema “The Unstoppable You” menantang peserta untuk membuat karya desain yang yang menggambarkan perempuan yang aktif, dinamis, progresif, modern, namun tetap tampil cantik dengan kekuatan dan kepercayaan diri yang prima.

WIYDC 2018 telah melakukan sosialisasi ke kampus dan sekolah mode di 3 kota besar yaitu Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Sekolah-sekolah tersebut antara lain Universit as Negeri Yogyakarta, LPK Adana, Telkom University, Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan Susan Budihardjo. Kunjungan di masing-masing kota akan menghadirkan pembicara fashion designer dan sekaligus juga juri WIYDC 2018 seperti Barli Asmara, Norma Hauri, dan Ria Miranda.

Barli Asmara, perancang busana dan juri WIYDC 2018 menyampaikan kepada mahasiswa sekolah mode  “Sesuai tema yang telah ditetapkan, Wardah mengajak teman-teman sekolah untuk dapat mencari inspirasi yang seluas-luasnya, tanpa batas. Menciptakan sebuah desain yang menggambarkan Instaperfect: All Day Perfection For Your Unstoppable Move. Program juga menstimulis peserta untuk berani mewujudkan mimpi mereka dan membagi inspirasi kepada banyak orang”.

WIYDC 2018 terdiri dari beberapa tahapan yang harus diikuti oleh peserta, dimulai dari registrasi dan penyerahan desain, melakukan presentasi di hadapan dewan juri, hingga mengikuti mentoring bersama fa shion designer. WIYDC 2018 akan memilih 12 finalis yang nantinya berkesempatan untuk menampilkan karya mereka di panggung Jakarta Fashion Week 2019.

“Semoga melalui program ini, pengalaman dan ilmu yang didapat dari WIYDC 2018 dapat menciptakan generasi desainer muda yang tidak hanya mampu menciptakan karya fashion, tetapi nantinya juga siap untuk menjadi fashionpreneur dan memajukan industri mode dalam negeri” tutup Elsa Maharani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…