500 Tatung Meriahkan Festival Cap Go Meh Singkawang

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Februari 2017 - 18:35 WIB

Ilustrasi perayaan Cap Go Meh di Indonesia. (Afriadi Hikmal/Getty Images)
Ilustrasi perayaan Cap Go Meh di Indonesia. (Afriadi Hikmal/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Ratusan atraksi tatung memperlihatkan kekebalannya dalam memainkan senjata tajam memukau perhatian penonton yang hadir dalam Festival Cap Go Meh Singkawang, Minggu.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Christiandy Sanjaya, Minggu (12/2/2017) saat membuka resmi ajang berskala international itu mengajak para wisatawan Nusantara maupun mancanegara yang hadir untuk bersama-sama menyaksikan peristiwa yang sangat langka dan hanya ada di Kota Singkawang.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Singkawan yang menyiapkan lima ratus lebih tatung yang akan tampil pada Festival Cap Go Meh.

Tatung dalam bahasa Hakka (hokian) adalah sebutan bagi orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur sehingga mampu melakukan berbagai atraksi menantang maut secara luar biasa bagi orang kebanyakan.

Festival Cap Go Meh Singkawang sejak 2012 ditetapkan menjadi salah satu Wonderful Of The World (WOW) oleh Menteri Pariwisata RI karena tatung Singkawang sangat khas dan unik.

Dengan hadirnya 26 Duta Besar (Dubes) dari berbagai negara di Kota Singkawang pada saat ini, menurut dia, tentunya dapat mempromosikan Kota Singkawang lebih luas lagi.

"Tidak hanya Singkawang saja yang mendapat kebagian di kasih uang, tapi juga semua warga Kalimantan Barat juga akan kebagian," katanya kepada Antaranews.

Wali Kota Singkawang, Awang Ishak mengucapkan selamat datang kepada para Duta Besar (Dubes) dan wisatawan yang hadir pada Festival Cap Go Meh.

"Mari kita sama-sama menyaksikan Festival Cap Go Meh," kata Awang.

Pagelaran Festival Cap Go Meh diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Singkawang, katanya menambahkan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi industri keramik

Kamis, 25 April 2024 - 10:53 WIB

Antidumping Keramik, FOSBBI: Tak Perlu Dijalankan, Penjulan Lesu

Ketua Umum Forum Suplier Bahan Bangunan Indonesia (FOSBBI), Antonius Tan menyebut bahwa saat ini, para produsen maupun importir keramik masih melihat secara mendalam terkait Peraturan Menteri…

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Kamis, 25 April 2024 - 10:49 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Bulango Ulu Paket I garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang berlokasi di Kabupaten Bone Bolango sebagai rangkaian…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…