Masalah Ekonomi Digital Juga Dibahas Saat Pertemuan IMF-WB

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 September 2018 - 08:00 WIB

IMF-WB 2018
IMF-WB 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan terdapat sekitar 2.000 pertemuan untuk membahas isu global dalam Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia di Bali, pada Oktober 2018.

"Topiknya membicarakan berbagai soal perekonomian dunia, mulai dari sisi pembangunan, maupun kebijakan pertumbuhan dan stabilisasi," kata Suahasil dalam acara "Menakar Dampak IMF-WB" di Jakarta, Senin (17/8/2018)

Suahasil mengatakan isu-isu global tersebut antara lain mencakup persoalan ekonomi digital, urbanisasi maupun pengelolaan sumber daya manusia yang membutuhkan pembahasan lebih mendalam.

"Rangkaian pertemuan ini, tema besarnya mencerminkan kebutuhan riil di dunia saat ini, termasuk di Indonesia," ujarnya.

Dari hasil pembahasan tersebut, Suahasil mengatakan, akan lahir kesepakatan bersama dalam bentuk "Bali Initiative" yang akan menjadi hasil akhir dari pertemuan tahunan ini.

"Bali Initiative merupakan hasil atau hasil nyata dari pertemuan tahunan ini yang akan menjadi referensi global dan acuan bagi seluruh anggota IMF dan Bank Dunia," katanya.

Usulan Bali Initiative tersebut berisi mengenai Paket Modal (Capital Package), Studi mengenai Urbanisasi (Study on Urbanisation), Human Capital Index (HCI) dan Bali Fintech Principles.

Untuk paket modal, Bank Dunia saat ini sedang menyelesaikan skema kenaikan modal bagi International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) dan International Finance Corporation (IFC).

Skema kenaikan modal ini diharapkan dapat meningkatkan peran Bank Dunia dalam pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan sosial secara global.

Untuk urbanisasi, Bank Dunia akan memperkuat studi mengenai fenomena perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan Kementerian PPN/Bappenas serta Kementerian Keuangan.

Studi ini akan menghasilkan berbagai kebijakan kunci yang dapat menjadi referensi negara-negara di dunia mengenai pengelolaan urbanisasi agar dapat memberikan keuntungan optimal bagi pertumbuhan ekonomi.

Bank Dunia juga akan meluncurkan versi pertama HCI yang dapat menjadi referensi bagi pengambil keputusan di negara-negara di dunia untuk menetapkan kebijakan investasi dalam sektor pendidikan dan kesehatan.

Selain itu terdapat kesepakatan bersama mengenai industri teknologi berbasis finansial (tekfin) dalam bentuk Bali Fintech Principles, karena kemajuan pesat dalam teknologi digital telah mengubah lanskap ekonomi dan keuangan global.

Saat ini, IMF maupun Bank Dunia sedang mendorong isu tekfin, karena industri digital ekonomi merupakan isu menarik di berbagai negara maju maupun berkembang yang mempunyai pengaruh pada inklusi keuangan, stabilitas maupun integritas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…