BI Janji Upayakan Aset Rupiah Tentap Menarik

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 September 2018 - 07:15 WIB

 Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur BI (Foto Dok Industry.co.id)
Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur BI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bank Indonesia berjanji akan menjaga disparitas suku bunga (differensial interest rate) domestik dengan negara-negara maju dan berkembang, agar instrumen berdenominasi rupiah tetap mampu menarik portofolio asing, di tengah semakin tingginya potensi perang suku bunga secara global.

Hal itu ditegaskan Deputi Gubenur BI Dody Budi Waluyo di Jakarta, Senin (17/9/2018) , menyikapi keputusan agresif  Bank Sentral Turki menaikkan suku bunga acuannya hingga 625 basis poin menjadi 24 persen pada Kamis (13/9/2018).

"Yang penting berikutnya bagiamana menjaga modal masuk, karena bagaimana pun juga defisit (transaksi berjalan) perlu pembiayaan dan akan tertutupi kalau misalnya aliran modal masuk kita tidak saja dari investasi asing langsung, tapi juga investasi portofolio. Itu pentingnya jaga perbedaan suku bunga," ujar dia.

Disinggung apakah BI akan turut menaikkan suku bunga acuan "7-Day Reverse Repo Rate" pada rapat dewan gubernur 26-27 September 2018 mendatang, Dody tidak menjawab spesifik. Dia hanya menegaskan Bank Sentral akan mempertimbangkan semua faktor eksternal dan domestik.

"Kita punya banyak faktor data-data yang kita liat bagaimana perkembangan domestik, perkembangan di luar negeri dilihat. Jadi tidak serta merta suku bunga The Fed naik kita juga menaikkan suku bunga BI. Lalu tidak serta merta Turki dinaikkan suku bunganya kita juga menaikkan," katanya seperti dilansir Antara.

Kita lakukan melihat sisi diferensial suku bunga, kita lihat risiko kedepannya baik risiko di luar dan dalam," ujar dia.

Selain Turki, negara maju lainnya juga diperkirakan akan ikut menaikkan suku bunganya, antara lain Kanada dan Swedia pada kuartal keempat 2018, dan Amerika Serikat pada September dan Desember 2018.

Maka dari itu BI berkomitmen menerapkan kebijakan yang antisipastif dengan jargon "front loading", "preemptive" dan "ahead of the curve". Fundamental ekonomi domestik, kata Dody, juga menunjukkan perbaikan saat ini. Defisit neraca perdagangan Agustus 2018 yang sebesar 1,02 miliar dolar AS sudah jauh menurun dibanding Juli 2018 yang sebesar Rp2,03 miliar dolar AS.

Dody melihat penurunan defisit neraca perdagangan Agustus 2018 ini bisa berlanjut dan akan memperbaiki defisit transaksi berjalan di kuartal III 2018 (Juli-Agustus-September) ini.

Sementara inflasi hingga Agustus berada di 3,2 persen (yoy) atau dalam sasaran Bank Sentral di 2,5-4,5 persen (yoy) tahun ini.

BI menjadwalkan RDG pada 26-27 September 2018. Pertemuan bulanan rutin untuk menentukan kebijakan itu sengaja diundur menjadi di pekan keempat September, bukan pada pekan kedua atau ketiga seperti pertemuan bulanan rutin sebelumnya.

Penjadwalan RDG pada pekan keempat itu khusus untuk menanti keputusan dari komite pasar terbuka Bank Sentral AS (FOMC) 25-26 September 2018. Bank Sentral AS The Federal Reserve diperkirakan pelaku pasar global akan menaikkan suku bunga acuannya yang ketiga kali tahun ini pada rapat itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…