Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 Kampanyekan Kebersihan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Februari 2017 - 15:50 WIB

Pon Papua-ilustrasi IST
Pon Papua-ilustrasi IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura- Warga Kabupaten Jayapura yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Sukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Provinsi Papua, mulai mengkampanyekan pentingnya kebersihan di semua lini agar tercipta kehidupan yang sehat dan indah.

Raf Marthin selaku koordinator Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, di Jayapura, Minggu ((12/2/2017)  mengatakan pihaknya akan meluncurkan program kampanye kebersihan yang diberi nama Barisan Inti Dukung Inspeksi Kebersihan kota (BIDIK).

"Pada 14 Februari nanti, kami kita dari Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 yang diketuai oleh Yusak Andato akan meluncuran BIDIK," ujar Raf Marthin seperti dilansir Antara.

Menurut dia, peluncuran BIDIK akan dilakukan di Kabupaten Jayapura yang melibatkan seluruh pemuda di kabupaten tersebut.

"Setelah diluncurkan, kami akan mengawal kebersihan di daerah itu menjelang persiapan PON 2020 di Papua," ujar Raf Marthin yang juga Ketua Mahasiswa Katolik Universitas Cenderawasih.

"Kami sudah mengambil sejumlah peraturan daerah (perda) untuk dipelajari yakni perda tentang minuman keras, perda prostitusi, perda mengenai sampah dan juga perda mengenai narkoba," ujarnya lagi.

Dari beberapa perda yang diambil itu, kata dia, akan ditunjukkan kepada masyarakat bahwa minuman keras harus dihindari, sampah perlu diperhatikan agar kebersihan kota tetap terjaga sehingga persiapan PON 2020 dapat berjalan dengan baik.

"Ini niat baik dari pemuda, jadi kami mengajak semua pemuda Kabupaten Jayapura dan rekan-rekan yang lain kami undang untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan," ujarnya.

Melalui momentum "valentine day" atau hari kasih sayang, tambah dia, Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 mengajak para pemuda mencintai daerah dengan menjaga kebersihan.

"PON 2020 di Papua itu bukan pemerintah saja yang bertanggung jawab, melainkan tanggung jawab semua pihak termasuk pemuda untuk menyukseskan kegiatan akbar itu," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Air Minum Dalam Kemasan (Ist)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:34 WIB

Pelindo III Kembangkan Bisnis Air Dalam Kemasan Incar Pemasok Kawasan Industri dan Terminal Pelabuhan

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara(BUMN) PT Pelindo III (Persero) mulai mengembangkan bisnisnya dengan mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih di kawasan industri dan terminal pelabuhan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Menteri Airlangga Pastikan Impor Bahan Baku Tidak Akan Dipersulit

Pemerintah tengah memfinalisasi peraturan pembatasan impor, hingga saat ini pengetatan lebih akan dilakukan terhadap barang konsumsi, tidak termasuk bahan baku dan barang modal.

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kebijakan Penguatan Devisa

- Pariwisata menjadi sektor andalan dalam mendukung strategi kebijakan penguatan cadangan devisa karena memiliki "balance of payments" atau neraca pembayaran yang selalu surplus.

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:01 WIB

Sawit Sumbermas Sarana Kembangkan Bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) terus melebarkan sayap usaha dengan mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM).

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13 September 2018.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:58 WIB

Alpha Momentum Indonesia akan Gelar Event Pertamanya Starthub Connect

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13…