Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 Kampanyekan Kebersihan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Februari 2017 - 15:50 WIB

Pon Papua-ilustrasi IST
Pon Papua-ilustrasi IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura- Warga Kabupaten Jayapura yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Sukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Provinsi Papua, mulai mengkampanyekan pentingnya kebersihan di semua lini agar tercipta kehidupan yang sehat dan indah.

Raf Marthin selaku koordinator Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, di Jayapura, Minggu ((12/2/2017)  mengatakan pihaknya akan meluncurkan program kampanye kebersihan yang diberi nama Barisan Inti Dukung Inspeksi Kebersihan kota (BIDIK).

"Pada 14 Februari nanti, kami kita dari Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 yang diketuai oleh Yusak Andato akan meluncuran BIDIK," ujar Raf Marthin seperti dilansir Antara.

Menurut dia, peluncuran BIDIK akan dilakukan di Kabupaten Jayapura yang melibatkan seluruh pemuda di kabupaten tersebut.

"Setelah diluncurkan, kami akan mengawal kebersihan di daerah itu menjelang persiapan PON 2020 di Papua," ujar Raf Marthin yang juga Ketua Mahasiswa Katolik Universitas Cenderawasih.

"Kami sudah mengambil sejumlah peraturan daerah (perda) untuk dipelajari yakni perda tentang minuman keras, perda prostitusi, perda mengenai sampah dan juga perda mengenai narkoba," ujarnya lagi.

Dari beberapa perda yang diambil itu, kata dia, akan ditunjukkan kepada masyarakat bahwa minuman keras harus dihindari, sampah perlu diperhatikan agar kebersihan kota tetap terjaga sehingga persiapan PON 2020 dapat berjalan dengan baik.

"Ini niat baik dari pemuda, jadi kami mengajak semua pemuda Kabupaten Jayapura dan rekan-rekan yang lain kami undang untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan," ujarnya.

Melalui momentum "valentine day" atau hari kasih sayang, tambah dia, Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 mengajak para pemuda mencintai daerah dengan menjaga kebersihan.

"PON 2020 di Papua itu bukan pemerintah saja yang bertanggung jawab, melainkan tanggung jawab semua pihak termasuk pemuda untuk menyukseskan kegiatan akbar itu," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.