Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 Kampanyekan Kebersihan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Februari 2017 - 15:50 WIB

Pon Papua-ilustrasi IST
Pon Papua-ilustrasi IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura- Warga Kabupaten Jayapura yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Sukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Provinsi Papua, mulai mengkampanyekan pentingnya kebersihan di semua lini agar tercipta kehidupan yang sehat dan indah.

Raf Marthin selaku koordinator Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, di Jayapura, Minggu ((12/2/2017)  mengatakan pihaknya akan meluncurkan program kampanye kebersihan yang diberi nama Barisan Inti Dukung Inspeksi Kebersihan kota (BIDIK).

"Pada 14 Februari nanti, kami kita dari Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 yang diketuai oleh Yusak Andato akan meluncuran BIDIK," ujar Raf Marthin seperti dilansir Antara.

Menurut dia, peluncuran BIDIK akan dilakukan di Kabupaten Jayapura yang melibatkan seluruh pemuda di kabupaten tersebut.

"Setelah diluncurkan, kami akan mengawal kebersihan di daerah itu menjelang persiapan PON 2020 di Papua," ujar Raf Marthin yang juga Ketua Mahasiswa Katolik Universitas Cenderawasih.

"Kami sudah mengambil sejumlah peraturan daerah (perda) untuk dipelajari yakni perda tentang minuman keras, perda prostitusi, perda mengenai sampah dan juga perda mengenai narkoba," ujarnya lagi.

Dari beberapa perda yang diambil itu, kata dia, akan ditunjukkan kepada masyarakat bahwa minuman keras harus dihindari, sampah perlu diperhatikan agar kebersihan kota tetap terjaga sehingga persiapan PON 2020 dapat berjalan dengan baik.

"Ini niat baik dari pemuda, jadi kami mengajak semua pemuda Kabupaten Jayapura dan rekan-rekan yang lain kami undang untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan," ujarnya.

Melalui momentum "valentine day" atau hari kasih sayang, tambah dia, Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 mengajak para pemuda mencintai daerah dengan menjaga kebersihan.

"PON 2020 di Papua itu bukan pemerintah saja yang bertanggung jawab, melainkan tanggung jawab semua pihak termasuk pemuda untuk menyukseskan kegiatan akbar itu," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 11 Desember 2018 - 07:20 WIB

Saham PT Urban Jakarta Propertindo Tbk-PT Satria Mega Kencana TbkMulai Diperdagangkan

Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham dua perusahaan, yakni PT Urban Jakarta Propertindo Tbk dan PT Satria Mega Kencana Tbk.

Dalam periode 5 tahun, Nota Kesepahaman ini meliputi kerja sama di dua area prioritas, yaitu edukasi dan pemberdayaan kesehatan dalam gaya hidup aktif

Selasa, 11 Desember 2018 - 07:13 WIB

Inilah Kesepakatan Kementerian Kesehatan dan Fonterra Brands dalam Mendukung Sustainable Development Goal

Jakarta- Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia, Mr. Shekhar Rapaka menyampaikan kebanggaanya karena dapat bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI untuk meningkatkan kesehatan masyarakat…

Bank Indonesia

Selasa, 11 Desember 2018 - 07:00 WIB

BI: Penjualan Eceran Oktober 2018 Meningkat

Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan adanya pertumbuhan penjualan eceran di Oktober 2018, yang tercermin dari kenaikan Indeks Penjualan Riil 2,9 persen (tahun ke tahun/year…

World Bank (Foto Ist)

Selasa, 11 Desember 2018 - 06:40 WIB

Bank Dunia Minta Pemerintah Dorong Masyarakat Melek Teknologi

Bank Dunia meminta kepada pemerintah Indonesia agar terus mendorong masyarakat untuk melek teknologi (digital literacy) sekaligus menguasai kemampuan teknologi.

Rakernas HIPMI PT di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (09/12/2018).

Senin, 10 Desember 2018 - 22:52 WIB

HIPMI PT Targetkan Cetak Satu Juta Wirausaha Pemula Mandiri

Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) menargetkan akan mencetak satu juta wirausaha pemula mandiri.