Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 Kampanyekan Kebersihan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Februari 2017 - 15:50 WIB

Pon Papua-ilustrasi IST
Pon Papua-ilustrasi IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura- Warga Kabupaten Jayapura yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Sukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Provinsi Papua, mulai mengkampanyekan pentingnya kebersihan di semua lini agar tercipta kehidupan yang sehat dan indah.

Raf Marthin selaku koordinator Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, di Jayapura, Minggu ((12/2/2017)  mengatakan pihaknya akan meluncurkan program kampanye kebersihan yang diberi nama Barisan Inti Dukung Inspeksi Kebersihan kota (BIDIK).

"Pada 14 Februari nanti, kami kita dari Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 yang diketuai oleh Yusak Andato akan meluncuran BIDIK," ujar Raf Marthin seperti dilansir Antara.

Menurut dia, peluncuran BIDIK akan dilakukan di Kabupaten Jayapura yang melibatkan seluruh pemuda di kabupaten tersebut.

"Setelah diluncurkan, kami akan mengawal kebersihan di daerah itu menjelang persiapan PON 2020 di Papua," ujar Raf Marthin yang juga Ketua Mahasiswa Katolik Universitas Cenderawasih.

"Kami sudah mengambil sejumlah peraturan daerah (perda) untuk dipelajari yakni perda tentang minuman keras, perda prostitusi, perda mengenai sampah dan juga perda mengenai narkoba," ujarnya lagi.

Dari beberapa perda yang diambil itu, kata dia, akan ditunjukkan kepada masyarakat bahwa minuman keras harus dihindari, sampah perlu diperhatikan agar kebersihan kota tetap terjaga sehingga persiapan PON 2020 dapat berjalan dengan baik.

"Ini niat baik dari pemuda, jadi kami mengajak semua pemuda Kabupaten Jayapura dan rekan-rekan yang lain kami undang untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan," ujarnya.

Melalui momentum "valentine day" atau hari kasih sayang, tambah dia, Gerakan Pemuda Sukseskan PON 2020 mengajak para pemuda mencintai daerah dengan menjaga kebersihan.

"PON 2020 di Papua itu bukan pemerintah saja yang bertanggung jawab, melainkan tanggung jawab semua pihak termasuk pemuda untuk menyukseskan kegiatan akbar itu," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mensos Idrus Marham (Foto Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:40 WIB

Mensos Idrus Marham Bantu Penerima PKH Koran Kebakaran

Menteri Sosial Idrus Marham memberikan bantuan kepada keluarga Hadra penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi korban kebakaran di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten…

Ilustrasi Apindo. (Foto: IST)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Dunia Usaha Mengeluh, Apindo Minta Pasal-Pasal RUU SDA Dianulir

RUU Sumber Daya Air yang saat ini sedang di godok di DPR menimbulkan banyak persoalan. Banyak pihak melihat pasal-pasal dalam RUU SDA harus di anulir. Hal itu disampaikan Tim Kajian Publik Asosiasi…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Menhub Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Keselamatan Pelabuhan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keselamatan pelabuhan di Indonesia.

Basarnas (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00…

Kecelakaan mobil di jalan raya (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

Libur Lebaran 2018, Angka Kecelakaan dan Pelanggaran di Jatim Menurun

Angka kecelakaan lalu lintas (laka) dan pelanggaran pada "Operasi Ketupat Semeru 2018" untuk mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik Lebaran di wilayah Jawa Timur hingga hari ke-14 menurun…