Sammy Simorangkir Ajak Anak Muda Batak Promosikan Danau Toba

Oleh : Ridwan | Senin, 17 September 2018 - 07:30 WIB

Penyanyi Asal Sumatera Utara, Sammy Simorangkir (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Penyanyi Asal Sumatera Utara, Sammy Simorangkir (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Penyanyi berdarah Sumatera Utara (Sumut), Sammy Simorangkir mengajak anak muda khususnya keturunan Batak untuk mempromosikan wisata Danau Toba. 

Hal ini sejalan dengan upaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas atau 10 Bali Baru. 

Menurutnya, banyak keunikan wisata yang dapat digali disana mulai dari seni budaya hingga adat istiadat yang misterius. 

"Kalau hanya dari cerita dan lihat diberita itu tidak seru, jadi harus sisihkan waktu pilih destinasi wisata Danau Toba untuk berlibur bersama keluarga dan pasangan," kata Sammy seusai mengisia acara 'Ayo ke Tiba' di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (16/9/2018) malam. 

Ditambahkan Sammy, jangan hanya definisikan Toba hanya danau saja, justru banyak wisata-wisata lainnya yang masih belum tergali disana. Misalnya, pulau samosir, batu gantung, pemandian air panas hingga air terjun yang sangat indah. 

"Itu hanya sebagian yang bisa dihitung dengan jari, kalau bisa jalan ke Tarutung, Sibolga dan sekelilingnya, itu keren banget," terangnya. 

Artis yang berasal dari Tarutung ini pun cukup takjub melihat etnis Tionghowa yang tinggal disana paham sekali dengan bahasa Batak. Menurutnya, itulah keunikan disana yang masih belum tergali dan diketahui banyak wisatawan. 

"Heran ya, muka putih, mata sipit tapi pintar berbahasa Batak yang benar-benar baku, kuno, dan belum ringan ditelinga. Tapi itulah keunikan disana," imbuh mantan vokalis band Kerispatih ini. 

Ia pun mengapresiasi pemerintah khususnya Kemenpar yang telah menetapkan Danu Toba menjadi salah satu dari 10 wisata destinasi pariwisata prioritas yang tengah dikembangkan untuk menarik wisatawan. 

"Dengan begini saya lebih bangga, artinya pemerintah itu perhatian. Jadi orang-orang Batak yang ada di perkampungan merasa diperhatikan, jangan hanya Papua dan Bali saja yang diperhatikan," ucap Sammy. 

Sammy menghimbau kepada anak-anak muda Sumut untuk maju sebagai pemberani didalam pemerintahan yang jujur dan bersih. Pasalnya, lanjut Sammy, di Sumut itu ganasnya luar biasa sekali. Banyak okmun-oknum yang memanfaatkan kelengahan pemerintah untuk berbuat yang tidak baik. 

Menurutnya, selama oknum-oknum yang memanfaatkan sesuatu demi kepentingan pribadinya itu tidak dibentuk dan diberesin, akan susah untuk mengembangkan wisata disana. 

Oleh karena itu, ia menghimbau pemerintah untuk tegas mengambil tindakan untuk segala macam bentuk kecurangan yang ada disana. "Orang Batak kalau mau maju, pemikirannya juga harus berubah," tuturnya. 

Lebih lanjut, Sammy meminta pemerintah untuk tetap turun tangan membangun infrastruktur jalan, transportasi serta mengedukasi masyarakat disana agar mereka sadar bahwa daerahnya bisa menghasilkan devisa dan kehidupan yang layak untuk masyarakat sekitar. 

"Jadi pola pikirnya yang harus diedukasi dan ditingkatkan lagi," pungkas Sammy. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…