Sammy Simorangkir Ajak Anak Muda Batak Promosikan Danau Toba

Oleh : Ridwan | Senin, 17 September 2018 - 07:30 WIB

Penyanyi Asal Sumatera Utara, Sammy Simorangkir (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Penyanyi Asal Sumatera Utara, Sammy Simorangkir (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Penyanyi berdarah Sumatera Utara (Sumut), Sammy Simorangkir mengajak anak muda khususnya keturunan Batak untuk mempromosikan wisata Danau Toba. 

Hal ini sejalan dengan upaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas atau 10 Bali Baru. 

Menurutnya, banyak keunikan wisata yang dapat digali disana mulai dari seni budaya hingga adat istiadat yang misterius. 

"Kalau hanya dari cerita dan lihat diberita itu tidak seru, jadi harus sisihkan waktu pilih destinasi wisata Danau Toba untuk berlibur bersama keluarga dan pasangan," kata Sammy seusai mengisia acara 'Ayo ke Tiba' di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (16/9/2018) malam. 

Ditambahkan Sammy, jangan hanya definisikan Toba hanya danau saja, justru banyak wisata-wisata lainnya yang masih belum tergali disana. Misalnya, pulau samosir, batu gantung, pemandian air panas hingga air terjun yang sangat indah. 

"Itu hanya sebagian yang bisa dihitung dengan jari, kalau bisa jalan ke Tarutung, Sibolga dan sekelilingnya, itu keren banget," terangnya. 

Artis yang berasal dari Tarutung ini pun cukup takjub melihat etnis Tionghowa yang tinggal disana paham sekali dengan bahasa Batak. Menurutnya, itulah keunikan disana yang masih belum tergali dan diketahui banyak wisatawan. 

"Heran ya, muka putih, mata sipit tapi pintar berbahasa Batak yang benar-benar baku, kuno, dan belum ringan ditelinga. Tapi itulah keunikan disana," imbuh mantan vokalis band Kerispatih ini. 

Ia pun mengapresiasi pemerintah khususnya Kemenpar yang telah menetapkan Danu Toba menjadi salah satu dari 10 wisata destinasi pariwisata prioritas yang tengah dikembangkan untuk menarik wisatawan. 

"Dengan begini saya lebih bangga, artinya pemerintah itu perhatian. Jadi orang-orang Batak yang ada di perkampungan merasa diperhatikan, jangan hanya Papua dan Bali saja yang diperhatikan," ucap Sammy. 

Sammy menghimbau kepada anak-anak muda Sumut untuk maju sebagai pemberani didalam pemerintahan yang jujur dan bersih. Pasalnya, lanjut Sammy, di Sumut itu ganasnya luar biasa sekali. Banyak okmun-oknum yang memanfaatkan kelengahan pemerintah untuk berbuat yang tidak baik. 

Menurutnya, selama oknum-oknum yang memanfaatkan sesuatu demi kepentingan pribadinya itu tidak dibentuk dan diberesin, akan susah untuk mengembangkan wisata disana. 

Oleh karena itu, ia menghimbau pemerintah untuk tegas mengambil tindakan untuk segala macam bentuk kecurangan yang ada disana. "Orang Batak kalau mau maju, pemikirannya juga harus berubah," tuturnya. 

Lebih lanjut, Sammy meminta pemerintah untuk tetap turun tangan membangun infrastruktur jalan, transportasi serta mengedukasi masyarakat disana agar mereka sadar bahwa daerahnya bisa menghasilkan devisa dan kehidupan yang layak untuk masyarakat sekitar. 

"Jadi pola pikirnya yang harus diedukasi dan ditingkatkan lagi," pungkas Sammy. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.