Sammy Simorangkir Ajak Anak Muda Batak Promosikan Danau Toba

Oleh : Ridwan | Senin, 17 September 2018 - 07:30 WIB

Penyanyi Asal Sumatera Utara, Sammy Simorangkir (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Penyanyi Asal Sumatera Utara, Sammy Simorangkir (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Penyanyi berdarah Sumatera Utara (Sumut), Sammy Simorangkir mengajak anak muda khususnya keturunan Batak untuk mempromosikan wisata Danau Toba. 

Hal ini sejalan dengan upaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas atau 10 Bali Baru. 

Menurutnya, banyak keunikan wisata yang dapat digali disana mulai dari seni budaya hingga adat istiadat yang misterius. 

"Kalau hanya dari cerita dan lihat diberita itu tidak seru, jadi harus sisihkan waktu pilih destinasi wisata Danau Toba untuk berlibur bersama keluarga dan pasangan," kata Sammy seusai mengisia acara 'Ayo ke Tiba' di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (16/9/2018) malam. 

Ditambahkan Sammy, jangan hanya definisikan Toba hanya danau saja, justru banyak wisata-wisata lainnya yang masih belum tergali disana. Misalnya, pulau samosir, batu gantung, pemandian air panas hingga air terjun yang sangat indah. 

"Itu hanya sebagian yang bisa dihitung dengan jari, kalau bisa jalan ke Tarutung, Sibolga dan sekelilingnya, itu keren banget," terangnya. 

Artis yang berasal dari Tarutung ini pun cukup takjub melihat etnis Tionghowa yang tinggal disana paham sekali dengan bahasa Batak. Menurutnya, itulah keunikan disana yang masih belum tergali dan diketahui banyak wisatawan. 

"Heran ya, muka putih, mata sipit tapi pintar berbahasa Batak yang benar-benar baku, kuno, dan belum ringan ditelinga. Tapi itulah keunikan disana," imbuh mantan vokalis band Kerispatih ini. 

Ia pun mengapresiasi pemerintah khususnya Kemenpar yang telah menetapkan Danu Toba menjadi salah satu dari 10 wisata destinasi pariwisata prioritas yang tengah dikembangkan untuk menarik wisatawan. 

"Dengan begini saya lebih bangga, artinya pemerintah itu perhatian. Jadi orang-orang Batak yang ada di perkampungan merasa diperhatikan, jangan hanya Papua dan Bali saja yang diperhatikan," ucap Sammy. 

Sammy menghimbau kepada anak-anak muda Sumut untuk maju sebagai pemberani didalam pemerintahan yang jujur dan bersih. Pasalnya, lanjut Sammy, di Sumut itu ganasnya luar biasa sekali. Banyak okmun-oknum yang memanfaatkan kelengahan pemerintah untuk berbuat yang tidak baik. 

Menurutnya, selama oknum-oknum yang memanfaatkan sesuatu demi kepentingan pribadinya itu tidak dibentuk dan diberesin, akan susah untuk mengembangkan wisata disana. 

Oleh karena itu, ia menghimbau pemerintah untuk tegas mengambil tindakan untuk segala macam bentuk kecurangan yang ada disana. "Orang Batak kalau mau maju, pemikirannya juga harus berubah," tuturnya. 

Lebih lanjut, Sammy meminta pemerintah untuk tetap turun tangan membangun infrastruktur jalan, transportasi serta mengedukasi masyarakat disana agar mereka sadar bahwa daerahnya bisa menghasilkan devisa dan kehidupan yang layak untuk masyarakat sekitar. 

"Jadi pola pikirnya yang harus diedukasi dan ditingkatkan lagi," pungkas Sammy. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia (Foto Humas BUMN)

Senin, 15 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Kisah Sukses Pengrajin Songket Pandai Sikek

Annual Meeting IMF WB 2018 di Nusa Dua Bali, menjadi momen tepat untuk para pelaku UMKM memamerkan produk berkualitasnya yang banyak mengusung karya seni dan kerajinan tangan khas Indonesia.…

PT Sri Rejeki Isman Tbk

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:48 WIB

Depresiasi Rupiah Kerek Penjualan Ekspor Sri Rejeki Isman

Kondisi tersebut membuat manajemen SRIL berkeinginan untuk meningkatkan porsi ekspor berkisar 56% hingga 58% sampai akhir tahun 2018.

Produk Minuman PT Delta Djakarta (ist)

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:12 WIB

Dampak Depresiasi Rupiah, Delta Djakarta Berupaya Kendalikan Biaya Produksi

Produsen minuman beralkohol PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) berupaya untuk menjaga biaya produksi. Pasalnya, bahan baku pembuatan minuman ini masih mengandalkan impor, seperti malt. Sementara,…

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:00 WIB

Mentan Amran Kerja Sama Pengembangan Rain Water Harvesting System

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menjalin kerja sama dengan pemerintahan Taiwan untuk pengembangan sektor pertanian Indonesia.

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 17:48 WIB

Tingkatkan Branding, GMF AeroAsia Jalin Kemitraan Strategis Dengan Perusahaan MRO Asal Eropa

Kolaborasi ini dirancang untuk mengembangkan dan meningkatkan sistem kualitas serta kapabilitas GMF serta untuk memperkuat posisi AFI KLM E & M di Asia.