Kemenpar Gelar Trauma Healing Bagi 500 Pelaku Pariwisata Lombok

Oleh : Herry Barus | Minggu, 16 September 2018 - 12:54 WIB

Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (Foto:tripsavvy)
Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (Foto:tripsavvy)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar program trauma "healing" bagi 500 pelaku industri pariwisata di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai bagian dari strategi pemulihan pasca-bencana gempa.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu, (15/9/2018) mengatakan pihaknya akan menggelar trauma "healing" yang rencananya dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Minggu(16/9).

"Kegiatan trauma healing rencananya digelar selama dua hari mulai 15 - 16 September 2018," katanya.

Pesertanya terdiri dari kalangan pegawai hotel, pemandu, travel dan masyarakat setempat yang dilaksanakan di Gili Trawangan.

Sedangkan narasumber berasal dari berbagai instansi di antaranya Kepolisian bagian Psikologi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta dari Politeknik Pariwisata Lombok.

"Materinya lebih mengajak untuk tidak terlalu memikirkan masa lalu agar bisa 'move on' melepaskan masa lalu, setiap kejadian dan rintangan yang membuat trauma akan dilepaskan dengan permainan, diskusi kelompok dan lainnya. Juga ada siraman rohani." "Mereka diajak untuk semakin mencintai Lombok dan NTB, tetap semangat meski sedang dilanda musibah dan selalu bersyukur sehingga bisa bangkit lagi," kata Guntur Sakti yang juga Ketua Tim Crisis Center Kemenpar.

Kemenpar melakukan tiga Kegiatan Trauma Healing di tiga Lokasi di NTB, yang pertama sudah dilakukan bertempat di Hotel Kila Senggigi pada 12-13 September, kedua untuk pelaku industri pariwisata pada 15-16 September di Gili Trawangan, dan trauma healing untuk masyarakat akan dilaksanakan di Desa Sembalun pada 18-19 September 2018.

"Program trauma healing yang kita laksanakan untuk program pemulihan di NTB di bawah Komando Tim #NTBBangkit dengan dukungan program dan anggarannya dari Kementerian Pariwisata. Ini murni implementasi strategi pemulihan yang dilakukan oleh Menpar Arief Yahya," kata Guntur.

Tujuannya, lanjut Guntur, bagi pelaku Industri, kegiatan trauma healing ini bisa membantu mengembalikan lagi semangat, motivasi, serta agar mental Industri pariwisata segera pulih.

Namun, ada persoalan lain yang juga menimpa di pihak industri seperti Hotel, Homestay, Restoran, dan Cafe.

Menurut Guntur, mereka juga membutuhkan energi untuk bangkit khususnya membutuhkan relaksasi di bidang keuangan.

"Untuk industrinya, kita harapkan ada kebijakan dari pemerintah yang meringankan beban dari pihak Industiri itu sendiri dalam kapasitas mereka sebagai kreditur dan objek pajak. Mereka berharap mudah-mudahan sampai Desember 2018 nanti ada keringanan pembayaran terkait hal itu. Sehingga pada Januari 2019 sudah bisa melakukan pembayaran lagi," ujarnya.

Ia mengharapkan program trauma healing ini bisa segera memulihkan Lombok khususnya Gili Trawangan di semua lapisan unsur baik masyarakat, industri, dan pemerintah daerahnya agar dapat kembali menyambut kunjungan wisatawan.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…