Siapkan Lahan 400 Hektar, Danau Toba Siap Menjelma Jadi Bali Baru di Indonesia

Oleh : Ridwan | Minggu, 16 September 2018 - 07:30 WIB

Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)
Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Badan Otorita Danau Toba kini telah menyiapkan lahan seluas 400 hektar untuk penggembangan wisata di kawasan Danau Toba. 

Lahan tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan fisik antara lain, glamour camping, resort dan hotel, hingga lapangan golf. 

"Ini semua kita butuhkan untuk mengangkat lagi image Danau Toba yang saat ini masih dalam tahal middle low," kata Direktur Destinasi Badan Otorita Danau Toba Tata Syafaat Ridwanulla seusai acara Seminar bertajuk 'Startegi Baru Pariwisata Danau Toba' di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (15/9/2018).

Ditambahkan Tata, pihaknya juga tengah mendesain caravan park untuk diterapkan di kawasan Danau Toba. Menurutnya, caravan park nantinya akan mejadi icon baru di kawasan tersebut. 

"Kita akan bangun caravan park di lahan kami, dan berharap ide ini akan ditiru oleh yang mempunyai lahan disana agar bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten supaya lahan tersebut tidak nganggur," terang Tata. 

Selain itu, lanjut Tata, pihaknya juga tengah gencar mengajak komunitas anak muda untuk menyampaikan pesan tentang keindahan wisata Danau Toba. 

"Tak dipungkiri kamu muda mempuyai andil besar dalam pengembangan wisata di Indonesia. Oleh karena itu kamu rangkul anak muda untuk mendesain wisata disana," tuturnya. 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, di kawasan Danau Toba banyak sekali tempat-tempat yang bisa dieksplor oleh kaum muda diantaranya, bukit indah si margarunjung, niagara hotel yang tengah membangun kembali atraksi-atraksi untuk kamu muda. 

Selain itu, dari Pemerintah Kabupaten Toba Samosir juga sudah bergerak dengan menyulap Danau Toba menjadi pantai yang dihiasi oleh pasir putih.

"Pantainya pun tidah kalah bagus dengan yang ada di daerah lain. Semua sudah kita tata dan benahi untuk dikelola menjadi water spot," ucapnya. 

Namun, Tata masih mempunyai pekerjaan rumah yang cukup berat yaitu terkait dengan kebersihan dan hospitality masyarakat sekitar. "Membangun karakteristik manusia itu memang tugas yang sangat berat, namun perlahan-lahan masyarakat disana (Danau Toba) mulai mambaik. Kita juga dibantu oleh Kementerian Pariwisata untuk sama-sama membentuk hospitality sehingga kita semakin siap," ucap Tata. 

Menurut Tata, pihaknya saat ini tengah menunggu pengesahan hak mengelola yang dikeluarkan oleh pemerintah. "Rencanaya September ini keluar pengesahannya, dengan ini akan mempercepat pengembangan Danau Toba. Pasalnya, sudah ada beberapa investor sudah siap untuk membangun disana," katanya. 

Tata menargetkan 5 sampai 10 tahun kedepan Danau Toba siap menjelma menjadi kawasan wisata Bali Baru di Indonesia. "Oleh karena itu, harus ada sinergi yang baik antara pemerintah daerah, pusat maupun stakeholder agar pengembangan Danau Toba bisa selesai sesuai target bahkan bisa lebih cepat," pungkas Tata. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…