Kontraversi Impor Beras, di Tengah Melimpahnya Produksi Beras Nasional

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 15 September 2018 - 16:12 WIB

Ilustrasi Beras (Ist)
Ilustrasi Beras (Ist)
INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Dirut Bulog, Budi Waseso bersama Mentan Amran, melakukan Sidak di Pasar Jaya Kramat Jati, berlanjut hingga ke Pasar Induk Beras Cipinang, di wilayah Jakarta Timur.

Sidak ini sebenarnya tidak begitu urgen karena memasuki pekan ke tiga bulan September , disaat puncak musim kering, harga eceran beras masih stabil, namun tak dapat disangkal, musim kering sekarang ini, merata di seantero nusantara, walau tidak lagi seperti masa lalu, terpaan musim kering akan berbaur dengan badai asap, akibat kebakaran hutan, yang disengaja maupun tidak.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, sejak awal tahun 2018, suda memastikan bahwa produksi gabah nasional, aman, berbagai opini dari banyak pengamat yang menggambarkan "Pesimisme" produksi gabah nasional.

Namun mentan tidak perna bergeming, bukan tanpa alasan, mentan memegang hitung-hitungan akurat yang updating datanya bukan hanya bulanan, hari per hari seluruh sentra produksi tidak perna lepas dari pantauan Menteri yang tidak perna berhenti bekerja ini.

"Kementerian Pertanian sejak 2015, menetapkan Program Luas Tambah Tanam, sebagai acuan untuk mencapai target prkduksi," ujar dia di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Menteri Amran, menetapkan realisasi tanam wajib 1 juta hektar setiap bulan, dan program ini sudah terbukti sejak Tahun 2015, 2016, 2017, tidak perna ada gejolak harga beras di tengah tengah masyarakat, bahkan hingga akhir tahun ini, walau musim kering lebih cepat dari waktunya dan durasinya terasa lebih panjang, beras tetap stabil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar Sulsel

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…

 Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:24 WIB

Platform Sourcing Terbesar Industri TPT di Indonesia Hadapi Era Industri 4.0

Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:12 WIB

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Rl berkomitmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…