Kontraversi Impor Beras, di Tengah Melimpahnya Produksi Beras Nasional

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 15 September 2018 - 16:12 WIB

Ilustrasi Beras (Ist)
Ilustrasi Beras (Ist)
INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Dirut Bulog, Budi Waseso bersama Mentan Amran, melakukan Sidak di Pasar Jaya Kramat Jati, berlanjut hingga ke Pasar Induk Beras Cipinang, di wilayah Jakarta Timur.

Sidak ini sebenarnya tidak begitu urgen karena memasuki pekan ke tiga bulan September , disaat puncak musim kering, harga eceran beras masih stabil, namun tak dapat disangkal, musim kering sekarang ini, merata di seantero nusantara, walau tidak lagi seperti masa lalu, terpaan musim kering akan berbaur dengan badai asap, akibat kebakaran hutan, yang disengaja maupun tidak.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, sejak awal tahun 2018, suda memastikan bahwa produksi gabah nasional, aman, berbagai opini dari banyak pengamat yang menggambarkan "Pesimisme" produksi gabah nasional.

Namun mentan tidak perna bergeming, bukan tanpa alasan, mentan memegang hitung-hitungan akurat yang updating datanya bukan hanya bulanan, hari per hari seluruh sentra produksi tidak perna lepas dari pantauan Menteri yang tidak perna berhenti bekerja ini.

"Kementerian Pertanian sejak 2015, menetapkan Program Luas Tambah Tanam, sebagai acuan untuk mencapai target prkduksi," ujar dia di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Menteri Amran, menetapkan realisasi tanam wajib 1 juta hektar setiap bulan, dan program ini sudah terbukti sejak Tahun 2015, 2016, 2017, tidak perna ada gejolak harga beras di tengah tengah masyarakat, bahkan hingga akhir tahun ini, walau musim kering lebih cepat dari waktunya dan durasinya terasa lebih panjang, beras tetap stabil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:45 WIB

Pekan Ketiga 2019, Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Naik ke Posisi 6.448

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup naik 1,36% ke posisi 6.448,16 pada pekan ketiga 2019 ini dibandingkan pada pekan sebelumnya di level 6.361,46.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Holcim Indonesia Tbk melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penelitian Sampah di TPST Bantargebang yang dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:40 WIB

Atasi Masalah Sampah, Pemprov DKI Jakarta Jalin Kerja Sama dengan Holcim Indonesia

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Holcim Indonesia Tbk pada Selasa, 15 Januari 2019 melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penelitian Sampah di TPST Bantargebang…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 22:56 WIB

BNI-PNM Salurkan KUR Melalui Program Mekaar Naik Kelas

Menginjak usia ke-12 tahun kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, kedua BUMN tersebut mengembangkan kerjasamanya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Jumat, 18 Januari 2019 - 20:03 WIB

Menperin Airlangga Dorong Perluasan Kawasan Industri Makassar Hingga 1000 Hektare

Kementerian Perindustrian mendorong perluasan Kawasan Industri Makassar (KIMA) di Sulawesi Selatan hingga 1.000 hektare (Ha).

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:52 WIB

Ini Kata BPJS Kesehatan Soal Biaya Urunan Peserta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peraturan baru, (Permenkes) Nomor 51 Tahun 2018 terkait Pengenaan Urun Biaya BPJS Kesehatan dan Selisih Biaya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu…