Jatim-Sumut Siap Kolaborasi Kerek Peningkatan Jumlah Wisatawan

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 September 2018 - 18:25 WIB

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur (Jatim) Sinarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur (Jatim) Sinarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur (Jatim) Sinarto mengatakan, Jatim dan Sumatera Utara (Sumut) bisa menjadi satu kesatuan yang paling penting untuk memajukan sektor pariwisata khususnya dikawasan kedua provinsi tersebut. 

"Kita harus bisa bersanding dan saling mengalirkan kunjungan serta pergerakan wisatawan baik nusantara maupun asing," kata Sinarto seusai pembukaan Misi Penjualan Prioritas Danau Toba di Surabaya, Jatim, Jumat (14/9/2018).

Ditambahkan Sinarto, saat ini kunjungan wisatawan nusantara yang datang ke Jatim mencapai 68 juta orang, sedangkan untuk wisman mencapai 690 ribu orang. 

Menurutnya, dengan koordinasi yang baik dan luar biasa, wisatawan domestik maupun luar negeri yang datang ke Jatim bisa dialihkan ke Sumut. 

Seperti diketahui, kunjungan turis asing atau wisatawan mancanegara ke Sumut dalam 2 tahun terakhir terus menurun.

Untuk itu, diharapkan partisipasi aktif seluruh masyarakat dan pemerintah setempat, khususnya Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) harus lebih berkreasi menghidupkan suasana kepariwisataan di daerah itu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mulai tahun 2015, 2016 dan 2017 jumlah kunjungan wisata dari mancanegara ke Sumatra Utara semakin menurun dari 300.000-an berangsur turun dan tahun terakhir di kisaran 261.000 orang. 

Hal tersebut pun diakui oleh Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Aritonga. 

"Memang benar dalam beberapa tahun terakhir kunjungan wisman ke Sumut terus menurun, apa yang menjadi penyebabnya sampai saat ini saya oun tidak tahu!," terangnya. 

Oleh karena itu, tambah Maike, dengan adanya misi penjualan pariwisata prioritas Danau Toba ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di kawasan Sumut khususnya Danau Toba.

Apalagi, saat ini sudah terdapat empat pintu masuk ke Danau Toba yaitu, pelabuhan Kuala Tanjung, Tanjung Balai, Belawan, serta Bandar Udara Kuala Namu. 

Dikatakan Maike, Danau Toba sebagai destinasi pariwisata prioritas terus dikembangkan dan dipromosikan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang menargetkan 1 juta wisman pada 2019.

Untuk mencapai target tersebut, turur Maike, Danau Toba gencar dipromosikan ke negara-negara fokus pasar yaitu ASEAN (Malaysia dan Singapura), Eropa (Belanda dan Perancis), Australia, dan Amerika Serikat.

Sementara itu untuk menarik wisatawan nusantara difokuskan pada target pasar di kota-kota besar Pulau Jawa dan Sumatera.

Maike optimis dengan gencarnya promosi yang dilakukan serta dibantu dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dapat meningkatkan kembali jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang ke Sumut khususnya Danau Toba.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…