Jatim-Sumut Siap Kolaborasi Kerek Peningkatan Jumlah Wisatawan

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 September 2018 - 18:25 WIB

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur (Jatim) Sinarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur (Jatim) Sinarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur (Jatim) Sinarto mengatakan, Jatim dan Sumatera Utara (Sumut) bisa menjadi satu kesatuan yang paling penting untuk memajukan sektor pariwisata khususnya dikawasan kedua provinsi tersebut. 

"Kita harus bisa bersanding dan saling mengalirkan kunjungan serta pergerakan wisatawan baik nusantara maupun asing," kata Sinarto seusai pembukaan Misi Penjualan Prioritas Danau Toba di Surabaya, Jatim, Jumat (14/9/2018).

Ditambahkan Sinarto, saat ini kunjungan wisatawan nusantara yang datang ke Jatim mencapai 68 juta orang, sedangkan untuk wisman mencapai 690 ribu orang. 

Menurutnya, dengan koordinasi yang baik dan luar biasa, wisatawan domestik maupun luar negeri yang datang ke Jatim bisa dialihkan ke Sumut. 

Seperti diketahui, kunjungan turis asing atau wisatawan mancanegara ke Sumut dalam 2 tahun terakhir terus menurun.

Untuk itu, diharapkan partisipasi aktif seluruh masyarakat dan pemerintah setempat, khususnya Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) harus lebih berkreasi menghidupkan suasana kepariwisataan di daerah itu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mulai tahun 2015, 2016 dan 2017 jumlah kunjungan wisata dari mancanegara ke Sumatra Utara semakin menurun dari 300.000-an berangsur turun dan tahun terakhir di kisaran 261.000 orang. 

Hal tersebut pun diakui oleh Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Aritonga. 

"Memang benar dalam beberapa tahun terakhir kunjungan wisman ke Sumut terus menurun, apa yang menjadi penyebabnya sampai saat ini saya oun tidak tahu!," terangnya. 

Oleh karena itu, tambah Maike, dengan adanya misi penjualan pariwisata prioritas Danau Toba ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di kawasan Sumut khususnya Danau Toba.

Apalagi, saat ini sudah terdapat empat pintu masuk ke Danau Toba yaitu, pelabuhan Kuala Tanjung, Tanjung Balai, Belawan, serta Bandar Udara Kuala Namu. 

Dikatakan Maike, Danau Toba sebagai destinasi pariwisata prioritas terus dikembangkan dan dipromosikan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang menargetkan 1 juta wisman pada 2019.

Untuk mencapai target tersebut, turur Maike, Danau Toba gencar dipromosikan ke negara-negara fokus pasar yaitu ASEAN (Malaysia dan Singapura), Eropa (Belanda dan Perancis), Australia, dan Amerika Serikat.

Sementara itu untuk menarik wisatawan nusantara difokuskan pada target pasar di kota-kota besar Pulau Jawa dan Sumatera.

Maike optimis dengan gencarnya promosi yang dilakukan serta dibantu dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dapat meningkatkan kembali jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang ke Sumut khususnya Danau Toba.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Rabu, 26 September 2018 - 20:24 WIB

Rumah Tahan Gempa Risha Dibanderol Mulai 27 Juta Untuk Tahap Pembuatan Awal

Risha merupakan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun secara instan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya dan telah teruji tahan gempa hingga 8 Skala Richter…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dan Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara serta Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andyani seusai penandatanganan MoU Grab d

Rabu, 26 September 2018 - 19:15 WIB

Dukung Program Wonderful Indonesia, Grab Teken MoU Dengan Kemenpar

Sejalan dengan visinya sebagai everyday superapp,Grab, platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menghadirkan…

Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Rabu, 26 September 2018 - 18:41 WIB

Gelar Fun Run, Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Dalam rangka memeriahkan hari olahraga nasional, disbudpora, Kabupaten Bekasi didukung oleh PT. Graha Buana Cikarang, PT Jababeka, Tbk, danĀ Bekasi Industrial TourismĀ (BIT), Kodim Kab. Bekasi,…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 18:00 WIB

PLN Babel Targetkan Pelanggan Industri Tumbuh 12 Persen

PLN Area Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan pertumbuhan pelanggan industri pada 2018 sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya.

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 17:45 WIB

Asuransi Prudential Sasar Pangsa Pasar Milenial

Perusahaan asuransi Prudential Indonesia mulai menyasar pangsa pasar millenial, melihat potensi peminat asuransi bagi anak muda mulai terbuka.