Jatim-Sumut Siap Kolaborasi Kerek Peningkatan Jumlah Wisatawan

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 September 2018 - 18:25 WIB

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur (Jatim) Sinarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur (Jatim) Sinarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur (Jatim) Sinarto mengatakan, Jatim dan Sumatera Utara (Sumut) bisa menjadi satu kesatuan yang paling penting untuk memajukan sektor pariwisata khususnya dikawasan kedua provinsi tersebut. 

"Kita harus bisa bersanding dan saling mengalirkan kunjungan serta pergerakan wisatawan baik nusantara maupun asing," kata Sinarto seusai pembukaan Misi Penjualan Prioritas Danau Toba di Surabaya, Jatim, Jumat (14/9/2018).

Ditambahkan Sinarto, saat ini kunjungan wisatawan nusantara yang datang ke Jatim mencapai 68 juta orang, sedangkan untuk wisman mencapai 690 ribu orang. 

Menurutnya, dengan koordinasi yang baik dan luar biasa, wisatawan domestik maupun luar negeri yang datang ke Jatim bisa dialihkan ke Sumut. 

Seperti diketahui, kunjungan turis asing atau wisatawan mancanegara ke Sumut dalam 2 tahun terakhir terus menurun.

Untuk itu, diharapkan partisipasi aktif seluruh masyarakat dan pemerintah setempat, khususnya Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) harus lebih berkreasi menghidupkan suasana kepariwisataan di daerah itu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mulai tahun 2015, 2016 dan 2017 jumlah kunjungan wisata dari mancanegara ke Sumatra Utara semakin menurun dari 300.000-an berangsur turun dan tahun terakhir di kisaran 261.000 orang. 

Hal tersebut pun diakui oleh Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Aritonga. 

"Memang benar dalam beberapa tahun terakhir kunjungan wisman ke Sumut terus menurun, apa yang menjadi penyebabnya sampai saat ini saya oun tidak tahu!," terangnya. 

Oleh karena itu, tambah Maike, dengan adanya misi penjualan pariwisata prioritas Danau Toba ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di kawasan Sumut khususnya Danau Toba.

Apalagi, saat ini sudah terdapat empat pintu masuk ke Danau Toba yaitu, pelabuhan Kuala Tanjung, Tanjung Balai, Belawan, serta Bandar Udara Kuala Namu. 

Dikatakan Maike, Danau Toba sebagai destinasi pariwisata prioritas terus dikembangkan dan dipromosikan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang menargetkan 1 juta wisman pada 2019.

Untuk mencapai target tersebut, turur Maike, Danau Toba gencar dipromosikan ke negara-negara fokus pasar yaitu ASEAN (Malaysia dan Singapura), Eropa (Belanda dan Perancis), Australia, dan Amerika Serikat.

Sementara itu untuk menarik wisatawan nusantara difokuskan pada target pasar di kota-kota besar Pulau Jawa dan Sumatera.

Maike optimis dengan gencarnya promosi yang dilakukan serta dibantu dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dapat meningkatkan kembali jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang ke Sumut khususnya Danau Toba.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Kemenperin)

Rabu, 20 Februari 2019 - 20:10 WIB

Insentif Super Deductible Tax Segera Dapat Dinikmati

Pemerintah segera merealisasikan skema pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak untuk industri yang berinvestasi untuk kegiatan vokasi serta kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D).

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:45 WIB

Ekspor dan Investasi Manufaktur Terus Dikebut

Pemerintah sedang memprioritaskan peningkatan investasi dan ekspor guna memperbaiki struktur perekonomian nasional. Dua faktor tersebut, juga menjadi kunci untuk memacu daya saing Indonesia…

Sekjen Kemenperin Haris Munandar saat pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Kementerian Perindustrian

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:15 WIB

Songsong Industri Keempat, Kemenperin Lantik Sejumlah ASN Milenial

Kementerian Perindustrian fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, termasuk menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi milenial yang kompeten…

PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:00 WIB

Tahun Buku 2018, Elnusa Pecahkan Rekor Pendapatan Usaha

PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, menutup tahun buku 2018 dengan kinerja yang menggembirakan. Elnusa berhasil mendongkrak kinerja dengan membukukan pendapatan…

Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Sumut (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pelindo 1 Rampungkan Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan…