Dongkrak Kunjungan Wisnus, Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba Guncang Surabaya

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 September 2018 - 16:29 WIB

Dongkrak Kunjungan Wisnus, Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba Guncang Surabaya
Dongkrak Kunjungan Wisnus, Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba Guncang Surabaya

INDUSTRY.co.id - Surabaya-Setelah mendulang sukses di Yogyakarta beberapa waktu lalu, kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) dilanjutkan ke Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Kegiatan yang diselenggarakan Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini memfasilitasi 15 travel agent dan 15 hotel dari Sumut untuk melakukan table top dan penjualan langsung (direct selling) paket-paket wisata ke Danau Toba yang berlangsung di Mall Ciputra World Surabaya selama tiga hari (14-16/10/2018).

Kegiatan misi penjualan destinasi prioritas Danau Toba secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur Sinarto didampingi oleh Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Ritonga serta Kasub Bidang Area IA Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rahma Yuliana.

Dalam sambutannya Sinarto merasa bahagia menyambut kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba yang diselenggarakan oleh Kemenpar untuk mempromosikan obyek wisata yang masuk kedalam 10 destinasi wisata nasional ini.

"Ini sangat luar biasa, kami berfikir Kementerian Pariwisata harus terus semangat memperkenalkan potensi wisata di Indonesia," katanya saat pembukaan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (14/9/2018).

Ditambahkan Sinarto, saat ini kunjungan wisatawan nusantara yang datang ke Jatim mencapai 68 juta orang, sedangkan untuk wisman mencapai 690 ribu orang.

Menurutnya, dengan koordinasi yang baik dan luar biasa, wisatawan domestik maupun luar negeri yang datang ke Jatim bisa dialihkan ke Sumut.

"Semoga langkah pemerintah untuk menyelenggarakan misi ini bisa menjangkau apa yang dijanjikan oleh negara kita yaitu memajukan sektor pariwisata Indonesia," imbuhnya.

Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Ritonga menyambut baik kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba.

"Dengan adanya kegiatan ini mampu mendongkrak jumlah wisatawan ke Sumut khususnya Danau Toba," ungkap Maike.

Menurut Maike, misi ini adalah usaha pemerintah pusat khususnya Kementerian Pariwisata dalam rangka menawarkan pariwisata Danau Toba sehingga dapat lebih dikenal di Indonesia maupun mancanegara.

Rahma Yuliana selaku Kasub Bidang Area IA Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata mengatakan, dipilihnya Surabaya untuk kegiatan misi penjualan destinasi prioritas Danau Toba kali ini dengan mempertimbangkan potensi pasar Jatim yang besar.

Jatim merupakan kontributor terbesar untuk pergerakkan wisnus secara nasional. Data survey Kemenpar tahun 2016 menunjukkan distribusi perjalanan wisnus menurut daerah (provinsi) asal didominasi dari provinsi di Pulau Jawa.

Distribusi wisnus dari Jawa Timur sebesar 17,22%, Jawa Barat 16,21%, Jawa Tengah 14,91%, DKI Jakarta 5,59%, DIY 5,31%, Banten 2,60%,  Sumatera Selatan 2,78%, Sulawesi Selatan 3,47%, Sulawesi Utara 3,49%, dan Bali 3,56%.

"Dengan adanya misi ini, kami sangat menanti kehadiran dan kedatangan masyarakat Jatim khususnya Surabaya untuk berlibur ke Danau Toba," tutur Rahma.

Misi penjualan (sales mission) destinasi pariwisata prioritas Danau Toba selama tiga hari di Surabaya memiliki tujuh agenda utama yaitu table top, direct selling, talkshow, demo kuliner masakan Sumut, seminar, serta pentas artis nasional dengan menampilkan Sammy Simorangkir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih seusai acara Pameran KriyaNusa (Foto: Dok. Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:45 WIB

Punya Pasar Potensial di Luar Negeri, Menperin Pacu Ekspor Industri Kerajinan

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong ekspor produk kerajinan dan memfasilitasi industri kecil dan menengah yang bergeram di sektor itu untuk melakukan promosi…

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring saat memberikan sambutan pada acara Rakornas Pariwisata III 2018 Kementerian Pariwisata, di Jakarta, Rabu (26/9)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Pembentukan KEK Pariwisata Dorong Peningkatan UMKM Lokal

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung program Kementerian Pariwisata dalam membangun Kawasan Ekononi Khusus (KEK) Pariwisata di…

Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), M. Kuncoro Wibowo (kanan), memberikan plakat kepada Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Toto Pranoto

Rabu, 26 September 2018 - 15:15 WIB

BGR Tandatangani Kerjasama dengan Lembaga Management FEB Universitas Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) menandatangani nota…

Citibank N.A., Indonesia: Bank Kustodian Pertama yang Mengoperasikan Layanan Account Operator di Indonesia

Rabu, 26 September 2018 - 15:00 WIB

Citibank N.A., Indonesia: Bank Kustodian Pertama yang Mengoperasikan Layanan Account Operator di Indonesia

Sejak tanggal 20 Agustus 2018, Citibank N.A., Indonesia (Citibank) secara resmi menjadi bank kustodian pertama di Indonesia yang mengoperasikan layanan Account Operator bagi para pialang lokal,…