Dongkrak Kunjungan Wisnus, Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba Guncang Surabaya

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 September 2018 - 16:29 WIB

Dongkrak Kunjungan Wisnus, Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba Guncang Surabaya
Dongkrak Kunjungan Wisnus, Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba Guncang Surabaya

INDUSTRY.co.id - Surabaya-Setelah mendulang sukses di Yogyakarta beberapa waktu lalu, kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) dilanjutkan ke Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Kegiatan yang diselenggarakan Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini memfasilitasi 15 travel agent dan 15 hotel dari Sumut untuk melakukan table top dan penjualan langsung (direct selling) paket-paket wisata ke Danau Toba yang berlangsung di Mall Ciputra World Surabaya selama tiga hari (14-16/10/2018).

Kegiatan misi penjualan destinasi prioritas Danau Toba secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur Sinarto didampingi oleh Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Ritonga serta Kasub Bidang Area IA Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rahma Yuliana.

Dalam sambutannya Sinarto merasa bahagia menyambut kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba yang diselenggarakan oleh Kemenpar untuk mempromosikan obyek wisata yang masuk kedalam 10 destinasi wisata nasional ini.

"Ini sangat luar biasa, kami berfikir Kementerian Pariwisata harus terus semangat memperkenalkan potensi wisata di Indonesia," katanya saat pembukaan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (14/9/2018).

Ditambahkan Sinarto, saat ini kunjungan wisatawan nusantara yang datang ke Jatim mencapai 68 juta orang, sedangkan untuk wisman mencapai 690 ribu orang.

Menurutnya, dengan koordinasi yang baik dan luar biasa, wisatawan domestik maupun luar negeri yang datang ke Jatim bisa dialihkan ke Sumut.

"Semoga langkah pemerintah untuk menyelenggarakan misi ini bisa menjangkau apa yang dijanjikan oleh negara kita yaitu memajukan sektor pariwisata Indonesia," imbuhnya.

Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Ritonga menyambut baik kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba.

"Dengan adanya kegiatan ini mampu mendongkrak jumlah wisatawan ke Sumut khususnya Danau Toba," ungkap Maike.

Menurut Maike, misi ini adalah usaha pemerintah pusat khususnya Kementerian Pariwisata dalam rangka menawarkan pariwisata Danau Toba sehingga dapat lebih dikenal di Indonesia maupun mancanegara.

Rahma Yuliana selaku Kasub Bidang Area IA Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata mengatakan, dipilihnya Surabaya untuk kegiatan misi penjualan destinasi prioritas Danau Toba kali ini dengan mempertimbangkan potensi pasar Jatim yang besar.

Jatim merupakan kontributor terbesar untuk pergerakkan wisnus secara nasional. Data survey Kemenpar tahun 2016 menunjukkan distribusi perjalanan wisnus menurut daerah (provinsi) asal didominasi dari provinsi di Pulau Jawa.

Distribusi wisnus dari Jawa Timur sebesar 17,22%, Jawa Barat 16,21%, Jawa Tengah 14,91%, DKI Jakarta 5,59%, DIY 5,31%, Banten 2,60%,  Sumatera Selatan 2,78%, Sulawesi Selatan 3,47%, Sulawesi Utara 3,49%, dan Bali 3,56%.

"Dengan adanya misi ini, kami sangat menanti kehadiran dan kedatangan masyarakat Jatim khususnya Surabaya untuk berlibur ke Danau Toba," tutur Rahma.

Misi penjualan (sales mission) destinasi pariwisata prioritas Danau Toba selama tiga hari di Surabaya memiliki tujuh agenda utama yaitu table top, direct selling, talkshow, demo kuliner masakan Sumut, seminar, serta pentas artis nasional dengan menampilkan Sammy Simorangkir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lenovo perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Senin, 10 Desember 2018 - 09:10 WIB

Dukung Ekonomi Kreatif di Indonesia, Lenovo Perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Lenovo resmi memperkenalkan laptop premium terbaru dari keluarga Lenovo Yoga, yaitu Yoga C930 dan S730. Kedua laptop ini diciptakan dengan menggabungkan inovasi dan desain, dilengkapi berbagai…

Kebun Nanas (FotoDok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:44 WIB

Nanas Kediri Jatim Miliki Nilai Ekonomi Tinggi

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian menggerakkan sentra nanas di Kediri, Jawa Timur, karena memiliki nilai ekonomi tinggi, baik untuk konsumsi maupun sebagai produk ekspor.

drg. Rian Hermawan Siloam Buton (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:40 WIB

Siloam Hospitals Buton Lakukan Seminar Pentingnya Pemeriksaan dan Perawatan Gigi Secara Berkala

Kesadaran sebagian masyarakat kita akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut masih tergolong sangat kurang. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 penduduk Indonesia yang…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:36 WIB

Go-Life #SiapBantuin Pengguna Lebih Produktif Melalui Hari Bolos Nasional

Layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, Gojek melalui Go-Life kembali #SiapBantuin para pengguna menyambut Harbolnas 2018 melalui peluncuran kampanye #SiapBantuin Hari Bolos…

Product Owner Go-Points Michael Parera (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:13 WIB

Ramaikan Harbolnas 2018, Gojek Hadirkan Go-Deals

Gojek, layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, akan meramaikan Hari Belanja Online Nasional 2018 melalui layanan Go-Deals, mobile marketplace yang menghadirkan penawaran deals/voucher…