Dongkrak Kunjungan Wisnus, Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba Guncang Surabaya

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 September 2018 - 16:29 WIB

Dongkrak Kunjungan Wisnus, Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba Guncang Surabaya
Dongkrak Kunjungan Wisnus, Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba Guncang Surabaya

INDUSTRY.co.id - Surabaya-Setelah mendulang sukses di Yogyakarta beberapa waktu lalu, kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) dilanjutkan ke Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Kegiatan yang diselenggarakan Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini memfasilitasi 15 travel agent dan 15 hotel dari Sumut untuk melakukan table top dan penjualan langsung (direct selling) paket-paket wisata ke Danau Toba yang berlangsung di Mall Ciputra World Surabaya selama tiga hari (14-16/10/2018).

Kegiatan misi penjualan destinasi prioritas Danau Toba secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Jawa Timur Sinarto didampingi oleh Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Ritonga serta Kasub Bidang Area IA Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rahma Yuliana.

Dalam sambutannya Sinarto merasa bahagia menyambut kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba yang diselenggarakan oleh Kemenpar untuk mempromosikan obyek wisata yang masuk kedalam 10 destinasi wisata nasional ini.

"Ini sangat luar biasa, kami berfikir Kementerian Pariwisata harus terus semangat memperkenalkan potensi wisata di Indonesia," katanya saat pembukaan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (14/9/2018).

Ditambahkan Sinarto, saat ini kunjungan wisatawan nusantara yang datang ke Jatim mencapai 68 juta orang, sedangkan untuk wisman mencapai 690 ribu orang.

Menurutnya, dengan koordinasi yang baik dan luar biasa, wisatawan domestik maupun luar negeri yang datang ke Jatim bisa dialihkan ke Sumut.

"Semoga langkah pemerintah untuk menyelenggarakan misi ini bisa menjangkau apa yang dijanjikan oleh negara kita yaitu memajukan sektor pariwisata Indonesia," imbuhnya.

Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Ritonga menyambut baik kegiatan misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba.

"Dengan adanya kegiatan ini mampu mendongkrak jumlah wisatawan ke Sumut khususnya Danau Toba," ungkap Maike.

Menurut Maike, misi ini adalah usaha pemerintah pusat khususnya Kementerian Pariwisata dalam rangka menawarkan pariwisata Danau Toba sehingga dapat lebih dikenal di Indonesia maupun mancanegara.

Rahma Yuliana selaku Kasub Bidang Area IA Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata mengatakan, dipilihnya Surabaya untuk kegiatan misi penjualan destinasi prioritas Danau Toba kali ini dengan mempertimbangkan potensi pasar Jatim yang besar.

Jatim merupakan kontributor terbesar untuk pergerakkan wisnus secara nasional. Data survey Kemenpar tahun 2016 menunjukkan distribusi perjalanan wisnus menurut daerah (provinsi) asal didominasi dari provinsi di Pulau Jawa.

Distribusi wisnus dari Jawa Timur sebesar 17,22%, Jawa Barat 16,21%, Jawa Tengah 14,91%, DKI Jakarta 5,59%, DIY 5,31%, Banten 2,60%,  Sumatera Selatan 2,78%, Sulawesi Selatan 3,47%, Sulawesi Utara 3,49%, dan Bali 3,56%.

"Dengan adanya misi ini, kami sangat menanti kehadiran dan kedatangan masyarakat Jatim khususnya Surabaya untuk berlibur ke Danau Toba," tutur Rahma.

Misi penjualan (sales mission) destinasi pariwisata prioritas Danau Toba selama tiga hari di Surabaya memiliki tujuh agenda utama yaitu table top, direct selling, talkshow, demo kuliner masakan Sumut, seminar, serta pentas artis nasional dengan menampilkan Sammy Simorangkir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Kemenperin)

Rabu, 20 Februari 2019 - 20:10 WIB

Insentif Super Deductible Tax Segera Dapat Dinikmati

Pemerintah segera merealisasikan skema pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak untuk industri yang berinvestasi untuk kegiatan vokasi serta kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D).

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:45 WIB

Ekspor dan Investasi Manufaktur Terus Dikebut

Pemerintah sedang memprioritaskan peningkatan investasi dan ekspor guna memperbaiki struktur perekonomian nasional. Dua faktor tersebut, juga menjadi kunci untuk memacu daya saing Indonesia…

Sekjen Kemenperin Haris Munandar saat pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Kementerian Perindustrian

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:15 WIB

Songsong Industri Keempat, Kemenperin Lantik Sejumlah ASN Milenial

Kementerian Perindustrian fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, termasuk menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi milenial yang kompeten…

PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:00 WIB

Tahun Buku 2018, Elnusa Pecahkan Rekor Pendapatan Usaha

PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, menutup tahun buku 2018 dengan kinerja yang menggembirakan. Elnusa berhasil mendongkrak kinerja dengan membukukan pendapatan…

Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Sumut (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pelindo 1 Rampungkan Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan…