Bank NTB Resmi Jadi Perbankan Syariah

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 September 2018 - 13:32 WIB

Bank NTB Syariah (Foto Ist)
Bank NTB Syariah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Mataram- PT Bank Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi menjadi bank syariah setelah mendapat persetujuan dari otoritas untuk beralih dari bisnis berbasis konvensional.

Peresmian sebagai jawaban atas proses konversi yang sudah berlangsung hampir dua tahun tersebut dilakukan oleh Gubernur NTB TGH. Muhammad Zainul Majdi di Islamic Center, Mataram, Kamis (13/8/2018)

Dalam kegiatan bertema "Momentum terbaik membangun ekonomi berkeadilan, Gubernur NTB TGH. Muhammad Zainul Majdi mengatakan bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses.

Menurut dia, apa yang telah diikhtiarkan selama ini, melalui proses yang akuntabel dan transparan, Bank NTB Syariah akan mendapatkan kepercayaan yang berlipat-lipat dari masyarakat.

"Kita semua akan mendukung terus menerus untuk kemajuan dan kesuskesan bank ini," kata Gubernur yang lebih dikenal dengan penggilan Tuan Guru Bajang (TGB) itu.

Ada tiga catatan penting yang ditekankan TGB di hadapan sejumlah bupati/wali kota se-NTB yang hadir. Pertama, masyarakat NTB patut bersyukur hidup di Indonesia, yakni negara yang sudah terbiasa hidup dengan nilai agama dan nilai budaya  beserta segala macam kearifan.

Hal kedua adalah kesejahteraan tidak hanya diukur dari pertumbuhan ekonomi. Namun, yang diharapkan juga adalah terjadinya suatu kesejahteraan umum yang di dalamnya terdapat nilai-nilai keadilan, pemerataan, kebersamaan, dan gotong royong.

Kemudian hal ketiga yang menjadi catatan TGB adalah walaupun ada kata syariah di dalam Bank NTB Syariah, bukan berarti kemanfaatannya hanya untuk umat Islam.

Menurut dia, Bank NTB Syariah dengan semua skema yang ada akan dimanfaatkan juga oleh seluruh warga NTB, bahkan warga Indonesia.

"Itu bagian dari upaya untuk menunjukkan masyarakat NTB tidak hanya kokoh dan kuat ke-Islamannya. Tetapi juga kokoh dan kuat ke-Indonesian dan kebangsaannya," kata alumni Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir kepada Antara.

Direktur Utama (Dirut) Bank NTB Syariah H. Kukuh Rahardjo menyampaikan, transformasi adalah suatu proses perubahan atas suatu eksistensi, untuk berkembang menjadi lebih baik, lebih besar dan lebih memberi manfaat.

Sejak dimulainya konversi Bank NTB menjadi Bank NTB Syariah pada Oktober 2016 dan tepat hari ini insya Allah akan menjadi bagian sejarah transformasi tahap kedua bank NTB, yaitu peresmian Bank NTB menjadi Bank NTB Syariah,

"Insya Allah ini jadi momentum untuk memberi kemaslahatan yang besar untuk ekonomi berkeadilan, dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat NTB," kata Kukuh yang baru beberapa hari menjabat sebagai Dirut Bank NTB Syariah menggantikan H. Komari Subakir sebagai Dirut Bank NTB selama lebih sembilan tahun

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…