Mensos Agus Pantau Kesiapan Atlet Asian Para Games

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 September 2018 - 12:20 WIB

Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)
Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi lokasi latihan atlet Asian Para Games di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (13/8/2018) , untuk memantau kesiapan mereka yang akan bertanding pada ajang olahraga bagi penyandang difabilitas tersebut.

"Bagaimana latihan hari ini? Terus semangat ya, kompetisi sudah semakin dekat. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup dan nutrisi makanan harus diperhatikan ya," ujarnya saat menyapa para atlet penyandang disabilitas panahan di Lapangan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof DR Soeharso Surakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Mensos Agus didampingi tim pelatih panahan berdialog dengan para atlet dan menjelaskan rangkaian proses latihan yang dijalani.

Total terdapat 14 atlet panahan Indonesia yang akan berlaga di Indonesia Asian Para Games 2018. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya alumus Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof DR Soeharso Surakarta.

"Melihat para atlet disabilitas berlatih, saya merasakan energi dan semangat yang luar biasa terpancar dari dalam diri mereka. Semoga semuanya dapat tampil dengan bail dan membawa hasil terbaik untuk Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan sebagian besar atlet yang akan berlaga di Asian Paragames 2018 adalah alumus BBRSBD Prof DR Soeharso Surakarta.

Tercatat 38 alumus berlaga pada 10 cabang olahraga, yakni angkat berat, tenis meja, anggar, atletik, basket, bowling, renang, bulutangkis, panahan, dan paracycling.

"Ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi kami keluarga besar Kementerian Sosial. Anak-anak didik kami telah menunjukkan prestasi yang luar biasa, mampu tampil dengan baik dan konsisten dalam latihan sehingga dapat berkompetisi di Asian Para Games 2018," kata dia.

Di BBRSBD, para penyandang difabilitas mendapatkan bimbingan vokasional, bimbingan sosial, bimbingan fisik, bimbingan mental spiritual, pelayanan kesehatan, dan pemberian alat bantu.

Mereka ditempa menjadi mandiri, percaya diri, memiliki kompetensi, dan optimistis dalam menjalani hari-hari ke depan setelah mereka lulus.

Usai meninjau atlet panahan, Menteri Agus ke lokasi Pemusatan Latihan Nasional Wheelchair Fencing di Jalan Letjen Suprapto Surakarta.

Kementerian Sosial mengawal penuh upaya untuk mendorong kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games yang ramah difabilitas.

Sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Para Games 2018, pada pasal 5 disebutkan bahwa Menteri Sosial merupakan Anggota Panitia Pengarah dan Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Indonesia Asian Para Games 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi obligasi

Senin, 19 November 2018 - 07:27 WIB

Obligasi Diperkirakan Positif Awal Pekan

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Pergerakan pasar obligasi diperkirakan dapat kembali bergerak positif dengan asumsi dapat merespon penurunan imbal hasil obligasi AS di akhir…

Presiden Jokowi bersama Menteri Basuki tinjau pembangunan Jalan

Senin, 19 November 2018 - 07:16 WIB

Kementerian PUPR Terus Tingkatkan Kualitas Jalan Perbatasan di Papua

Pembangunan jalan perbatasan Indonesia - Papua Nugini terus dilanjutkan. Kondisi saat ini sudah tembus 909 km dari total 1.098 km jalan perbatasan mulai dari Merauke hingga Jayapura, Papua.

Direksi BRI Syariah

Senin, 19 November 2018 - 07:14 WIB

Satu Dasawarsa, BRI Syariah Luncurkan Inovasi Produk

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Produk perbankan syariah kini dituntut memiliki berbagai teknologi. Menyadari ini, PT Bank BRIsyariah Tbk atau BRIsyariah meluncurkan enam…

Merpati berhasil memperoleh mitra strategis agar Merpati kembali beroperasi. Mitra strategis tersebut akan melakukan tambahan penyertaan modal ke perusahaan sekurang-kurangnya Rp 6,4 triliun

Senin, 19 November 2018 - 06:40 WIB

Menhub: Kondisi Keuangan Maskapai Penerbangan Harus Sehat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah kualifikasi yang harus dimiliki sebuah maskapai penerbangan antara lain kondisi keuangan harus sehat.

Menkes Prof. Dr. Dr. Nila Moeloek, SpM (kanan), bersama dengan Technical Marketing Advisor Fonterra Brands Indonesia, Rohini Behl (kiri), menandai peluncuran kampanye Nasional Ayo Indonesia Bergerak

Senin, 19 November 2018 - 06:31 WIB

Kurangi Angka sedentari, Menkes Luncurkan Kampanye Nasional 'Ayo Indonesia Bergerak'

Berdasarkan data Riskesdas 2018, angka aktivitas fisik kurang meningkat dari 26,1% menjadi 33,5% sehingga beresiko menimbulkan berbagai penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes, kanker,…