Mensos Agus Pantau Kesiapan Atlet Asian Para Games

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 September 2018 - 12:20 WIB

Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)
Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi lokasi latihan atlet Asian Para Games di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (13/8/2018) , untuk memantau kesiapan mereka yang akan bertanding pada ajang olahraga bagi penyandang difabilitas tersebut.

"Bagaimana latihan hari ini? Terus semangat ya, kompetisi sudah semakin dekat. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup dan nutrisi makanan harus diperhatikan ya," ujarnya saat menyapa para atlet penyandang disabilitas panahan di Lapangan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof DR Soeharso Surakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Mensos Agus didampingi tim pelatih panahan berdialog dengan para atlet dan menjelaskan rangkaian proses latihan yang dijalani.

Total terdapat 14 atlet panahan Indonesia yang akan berlaga di Indonesia Asian Para Games 2018. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya alumus Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof DR Soeharso Surakarta.

"Melihat para atlet disabilitas berlatih, saya merasakan energi dan semangat yang luar biasa terpancar dari dalam diri mereka. Semoga semuanya dapat tampil dengan bail dan membawa hasil terbaik untuk Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan sebagian besar atlet yang akan berlaga di Asian Paragames 2018 adalah alumus BBRSBD Prof DR Soeharso Surakarta.

Tercatat 38 alumus berlaga pada 10 cabang olahraga, yakni angkat berat, tenis meja, anggar, atletik, basket, bowling, renang, bulutangkis, panahan, dan paracycling.

"Ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi kami keluarga besar Kementerian Sosial. Anak-anak didik kami telah menunjukkan prestasi yang luar biasa, mampu tampil dengan baik dan konsisten dalam latihan sehingga dapat berkompetisi di Asian Para Games 2018," kata dia.

Di BBRSBD, para penyandang difabilitas mendapatkan bimbingan vokasional, bimbingan sosial, bimbingan fisik, bimbingan mental spiritual, pelayanan kesehatan, dan pemberian alat bantu.

Mereka ditempa menjadi mandiri, percaya diri, memiliki kompetensi, dan optimistis dalam menjalani hari-hari ke depan setelah mereka lulus.

Usai meninjau atlet panahan, Menteri Agus ke lokasi Pemusatan Latihan Nasional Wheelchair Fencing di Jalan Letjen Suprapto Surakarta.

Kementerian Sosial mengawal penuh upaya untuk mendorong kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games yang ramah difabilitas.

Sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Para Games 2018, pada pasal 5 disebutkan bahwa Menteri Sosial merupakan Anggota Panitia Pengarah dan Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Indonesia Asian Para Games 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Kapas

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:25 WIB

Wow! 99 Persen Kapas Bahan Baku Tekstil Masih Impor

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat bahan baku industri tekstil tidak semuanya bisa terpenuhi dari dalam negeri, terutama kapas.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:05 WIB

Industri 4.0 Mampu Lahirkan Unicorn Baru di Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perkembangan industri digital yang sangat pesat diTanahAir telah melahirkan empatunicornatau perusahaanstartupdengan valuasi lebih dari…

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:00 WIB

Resmi Beroperasi, LinkAja Percepat Inklusi Keuangan Masyarakat

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.

Prudential Indonesia Lajutkan Implementasi Kurikulum Cha-Ching di Jakarta

Sabtu, 23 Februari 2019 - 16:00 WIB

Prudential Indonesia Lajutkan Implementasi Kurikulum Cha-Ching di Jakarta

Setelah sebelumnya sukses meningkatkan literasi keuangan pada siswa Sekolah Dasar di Sidoarjo, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kini melanjutkan pengenalan Kurikulum "Cha-Ching"…

Ground Breaking Rusun Tingkat Tinggi Paspampres di Markas Komando Paspampres

Sabtu, 23 Februari 2019 - 14:45 WIB

Kementerian PUPR Bangun Rusunawa Paspampres Tanah Abang

Pembangunan Rusunawa tersebut untuk memenuhi kebutuhan hunian anggota Paspamres dan keluarga serta meningkatkan semangat tugas prajurit.