Mensos Agus Pantau Kesiapan Atlet Asian Para Games

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 September 2018 - 12:20 WIB

Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)
Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi lokasi latihan atlet Asian Para Games di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (13/8/2018) , untuk memantau kesiapan mereka yang akan bertanding pada ajang olahraga bagi penyandang difabilitas tersebut.

"Bagaimana latihan hari ini? Terus semangat ya, kompetisi sudah semakin dekat. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup dan nutrisi makanan harus diperhatikan ya," ujarnya saat menyapa para atlet penyandang disabilitas panahan di Lapangan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof DR Soeharso Surakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Mensos Agus didampingi tim pelatih panahan berdialog dengan para atlet dan menjelaskan rangkaian proses latihan yang dijalani.

Total terdapat 14 atlet panahan Indonesia yang akan berlaga di Indonesia Asian Para Games 2018. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya alumus Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof DR Soeharso Surakarta.

"Melihat para atlet disabilitas berlatih, saya merasakan energi dan semangat yang luar biasa terpancar dari dalam diri mereka. Semoga semuanya dapat tampil dengan bail dan membawa hasil terbaik untuk Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan sebagian besar atlet yang akan berlaga di Asian Paragames 2018 adalah alumus BBRSBD Prof DR Soeharso Surakarta.

Tercatat 38 alumus berlaga pada 10 cabang olahraga, yakni angkat berat, tenis meja, anggar, atletik, basket, bowling, renang, bulutangkis, panahan, dan paracycling.

"Ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi kami keluarga besar Kementerian Sosial. Anak-anak didik kami telah menunjukkan prestasi yang luar biasa, mampu tampil dengan baik dan konsisten dalam latihan sehingga dapat berkompetisi di Asian Para Games 2018," kata dia.

Di BBRSBD, para penyandang difabilitas mendapatkan bimbingan vokasional, bimbingan sosial, bimbingan fisik, bimbingan mental spiritual, pelayanan kesehatan, dan pemberian alat bantu.

Mereka ditempa menjadi mandiri, percaya diri, memiliki kompetensi, dan optimistis dalam menjalani hari-hari ke depan setelah mereka lulus.

Usai meninjau atlet panahan, Menteri Agus ke lokasi Pemusatan Latihan Nasional Wheelchair Fencing di Jalan Letjen Suprapto Surakarta.

Kementerian Sosial mengawal penuh upaya untuk mendorong kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games yang ramah difabilitas.

Sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Para Games 2018, pada pasal 5 disebutkan bahwa Menteri Sosial merupakan Anggota Panitia Pengarah dan Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Indonesia Asian Para Games 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), M. Kuncoro Wibowo (kanan), memberikan plakat kepada Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Toto Pranoto

Rabu, 26 September 2018 - 15:15 WIB

BGR Tandatangani Kerjasama dengan Lembaga Management FEB Universitas Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) menandatangani nota…

Citibank N.A., Indonesia: Bank Kustodian Pertama yang Mengoperasikan Layanan Account Operator di Indonesia

Rabu, 26 September 2018 - 15:00 WIB

Citibank N.A., Indonesia: Bank Kustodian Pertama yang Mengoperasikan Layanan Account Operator di Indonesia

Sejak tanggal 20 Agustus 2018, Citibank N.A., Indonesia (Citibank) secara resmi menjadi bank kustodian pertama di Indonesia yang mengoperasikan layanan Account Operator bagi para pialang lokal,…

Ilustrasi Pameran KriyaNusa

Rabu, 26 September 2018 - 14:55 WIB

Resmi Dibuka, Pameran Kerajinan KriyaNusa Dongkrak Industri Kreatif Indonesia

Dewan Kerajinan Nasional menggelar pameran kerajinan KriyaNusa 2018 dalam rangka memperingati HUT yang ke-38, dengan mengangkat tema Tingkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenial.

Federal International Finance (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 14:55 WIB

BEI Dorong Investor Ritel Masuk ke Obligasi

Bursa Efek Indonesia (BEI) mendorong investor ritel masuk ke dalam instrumen surat utang (obligasi) korporasi dengan menurunkan denominasi hingga Rp1 juta.