Rick Bleszynski Sosok di balik Kesuksesan Splend, Teknologi Platform di Era Blockchain

Oleh : Hariyanto | Jumat, 14 September 2018 - 09:52 WIB

Rick Bleszynski
Rick Bleszynski

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  Keberadaan Splend yang merupakan suatu terobosan baru platform jaringan blockchain yang akan memberikan kemampuan untuk mengatasi masalah-masalah yang sering dihadapi, seperti dalam hal skalabilitas, keamanan dan latensi menjadi perbincangan di media internasional.

Keberadaan Splend yang hadir dengan motto “We Blockchain Blockchains” hadir menjawab tantangan, dan berkeyakinan untuk mendorong percepatan berkembangnya jaringan blockchain hingga seperti komputer dan Internet saat ini.

Tidak banyak yang tahu bahwa ada seorang warga negara Indonesia yang merupakan sosok dibalik kesuksesan platform Splend yang fenomenal, yaitu Rick Bleszynski, pendiri dan CEO Splend, seorang WNI yang sejak tahun 1978 tinggal di Silicon Valley Amerika Serikat, dan selama hampir 30 tahun berkarya di bidang pengembangan teknologi mikroprosesor dan infrastruktur internet.

Rick adalah pendiri dan mantan Chairman Bay Microsystems, dan sebelum itu pendiri dan CTO Softcom Microsystems yang diakuisasi oleh Intel Corporation pada tahun 1999. Rick juga sempat berkarir sebagai mikroprosesor arsitek di beberapa perusahaan besar IT seperti LSI Logic Corporation dan Velonex Corporation, di mana karya-karya Rick merupakan terobosan baru di eranya dan memberi kontribusi dalam pencapaian penguasaan pasar yang signifikan, serta keuntungan besar secara finansial. 

Rick memiliki 8 paten terdaftar di Amerika Serikat yang terkait dengan prosesor dan jaringan pita lebar (broadband network), diantaranya adalah patent #7,742,405 dan #7,310,348 untuk Network Processor Architecture dan patent #6,311,212 untuk System and Methode for on-chip Storage of Virtual Connection Descriptors.

“Saya bersyukur beberapa teknologi karya saya dapat memberi kontribusi bagi pengembangan beberapa perusahaan besar IT di Amerika seperti LSI Logic, Intel, Cisco dan lainnya, yang diproduksi secara massal untuk kebutuhan swasta hingga pemerintah Amerika, dan siapapun di dunia yang membutuhkan pengembangan dalam infrastruktur IT,” ujar Rick.

Splend telah mengembangkan platform teknologi yang dinamai Integrated Blockchain Architecture atau IBA. IBA adalah sebuah pendekatan sistem terskala yang membagi fungsionalitas blockchain antara perangkat lunak dan perangkat keras untuk memecahkan masalah bottleneck yang kerap terjadi dan memberikan kinerja transaksi yang optimal.

IBA mampu memproses transaksi blockchain secara cepat untuk jutaan pengguna dan piranti secara simultan. “Kami yakin bahwa blockchain akan menjadi jaringan baru yang terpercaya, sehingga harus mampu memproses ratusan juta transaksi per detik untuk jutaan pengguna secara simultan.” jelas Rick.

Platform IBA adalah buah keberhasilan Splend mengkolaborasikan para ahli yang sangat berpengalaman dan memiliki latar belakang tiap bidang yang terkait dengan hal-hal yang diperlukan dalam memecahkan masalah serupa pada dua revolusi platform komputasi dunia sebelumnya, baik di era komputer maupun Internet, sehingga Splend berhasil mewujudkan jawaban bagi tantangan dan kebutuhan di era blockchain saat ini dan di masa depan. “Teknologi kami jauh lebih unggul dibandingkan para pesaing lainnya.” kata Rick

Produk dan layanan yang telah dikembangkan pada ekosistem Splend diantaranya adalah Universal CryptoWALLET (UCW), CryptoTRANSFER Blockchain Service.

Dalam waktu dekat, Splend juga akan merilis layanan finansial lainnya, diantaranya CryptoLEND™ (untuk pinjaman), CryptoMERCHANTPAY™ (untuk pembayaran merchant), CryptoCARD™ (untuk kartu debit dan Gift cards, CryptoAUTOPAY™ (untuk pembayaran otomatis), dan CryptoBILLPAY™ (untuk pembayaran tagihan).

Rick juga berkesempatan untuk pulang ke tanah air pada tanggal 15-20 September ini.  Selain akan bertemu dengan saudara-saudaranya, Rick juga sudah memiliki beberapa agenda pertemuan di Jakarta dengan pihak swasta, pemerintah, dan salah satu bagian organisasi komunitas dari komunitas besar di Indonesia. 

“Saya ingin melihat perkembangan IT di Indonesia. Semoga saja juga ada kesempatan untuk saya berkontribusi di negara sendiri.” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…