Gakken Perkenalkan Program After-School untuk SD di Indonesia

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 September 2018 - 19:10 WIB

Miwa Kanai, Senior Manager Global Strategy Division, Gakken Holdings Co., Ltd.
Miwa Kanai, Senior Manager Global Strategy Division, Gakken Holdings Co., Ltd.

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Perusahaan pendidikan terkemuka asal Jepang Gakken Holdings Co., Ltd. melalui anak perusahaannya, Gakken Educational Co., Ltd. memperkenalkan program pembelajaran “After-School” untuk anak-anak di Indonesia.

Program After-School yang saat ini sudah berjalan di seluruh Sekolah Dasar Negeri di Kota Parepare, Propinsi Sulawesi Selatan, memberikan pendidikan yang berkualitas bagi semua anak-anak secara merata, dengan menggunakan materi dan metode pembelajaran “Gakken Classroom” yang telah dikembangkan di Jepang yang terbukti efektifitasnya. 

Presiden Direktur dari Gakken Educational Co., Ltd, Toru Tsuchiya mengatakan, Gakken Educational ingin sekali memberikan anak-anak Indonesia 3 filosofi, yaitu Joy of Learning (Kesenangan belajar), Self Confidence (Percaya diri) dan Zest for Living (Semangat untuk terus maju).

"Untuk itu, hal yang penting tidak hanya apa yang kita ajarkan pada anak-anak, tetapi juga bagaimana anak-anak belajar," ungkap Toru Tsuchiya di Jakarta (13/9/2018).

Ia menambahkan, pendidikan akan semakin menitikberatkan pada cara belajar dan cara berpikir. Indonesia sendiri adalah negara pertama dimana program “After-School” ditawarkan oleh Gakken Educational.

After-School adalah program pembelajaran matematika yang diselenggarakan setelah jam belajar di Sekolah Dasar. Sejak Febuari 2017, Gakken Educational telah menyelenggarakan pilot project untuk siswa-siswi kelas 2 di salah satu SD Kota Parepare, Propinsi Sulawesi Selatan.

Pada Juli 2017, sekolah yang menyelenggarakan program After-School bertambah menjadi 8 sekolah dan sejak Januari 2018 ini sudah di seluruh Sekolah Dasar Negeri di Kota Parepare, yakni sebanyak 80 sekolah dengan inisiatif Dinas Pendidikan setempat.

Melalui bahan ajar dan metode Gakken serta bimbingan yang sangat mementingkan “TOKUIKU” (Pendidikan Moral), program After-School telah berhasil meningkatkan kompetensi akademik dasar dan sikap belajar pada banyak anak-anak di Kota Parepare.

Berbagai komentar juga terlontar dari para orang tua siswa dan pihak sekolah bahwa manfaat After School tidak hanya dalam peningkatan kompetensi akademik siswa-siswi seperti membaca dan berhitung, tetapi juga mencakup kompetensi non-akademik berupa percaya diri, disiplin, semangat belajar dan lain sebagainya.

Gakken Educational di Jepang adalah perusahaan yang menyediakan beragam kesempatan belajar bagi masyarakat di antaranya bimbingan belajar, pembelajaran di rumah, pendidikan korespondensi, E-learning, pengembangan kompetensi, pendidikan karir dan lain-lain.

Menurut Toru Tsuchiya, salah satu usaha mereka yaitu “Gakken Classroom” telah dikembangkan sejak tahun 1980 dan saat ini merupakan bimbingan belajar nomor 1 di bidang matematika SD di Jepang, dengan memiliki 15.000 kelas dan 420.000 murid.

Kini, “Gakken Classroom” juga menawarkan tempat belajar bagi anak-anak di seluruh dunia di antaranya Thailand, Myanmar, Malaysia, India dan Korea Selatan.

Demi anak-anak yang hidup pada zaman dimana berbagai hal terus berubah disertai pesatnya perkembangan teknologi, seperti masyarakat informasi, Artificial Intelligence (AI) dan sebagainya, kita didesak untuk membina kompetensi-kompetensi mereka untuk dapat menemukan sendiri segala 
permasalahan, mencari solusi dengan cara bekerjasama, menciptakan nilai yang baru, dan tidak hanya menerima perubahan sosial begitu saja secara pasif.

Mulai tahun 2019, Gakken Educational berencana untuk mengembangkan program After-School di wilayah lain di Indonesia. Bagi yang berminat pada Program After-School, silakan hubungi kantor perwakilan Gakken di Jakarta sebagai berikut: 

Gakken Holdings Co., Ltd. Jakarta Representative Office 
Whatsapp: 081298059767 (Kiki & Aliya), Senin – Jumat 9.00-18.00 WIB
Facebook : http://www.facebook.com/GakkenJakarta. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…