Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka MTQN di Medan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 September 2018 - 15:45 WIB

Presiden Jokowi dan Ulama (Foto Dok Industry.co.id)
Presiden Jokowi dan Ulama (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional atau MTQN ke XXVII di Kota Medan, Sumut 6 Oktober 2018.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin di Medan, Rabu (12/9/2018) , mengatakan, MTQN berlangsung pada 4 hingga 13 Oktober 2018.

"Pembukaan MTQN tanggal 6 Oktober di Medan akan dilakukan Presiden Joko Widodo dan penutupan tanggal 13 Oktober 2018 menurut rencana akan dilakukan oleh Wapres Jusuf Kalla,"ujarnya pada Seminar Informasi Aktual MTQN ke XXVII.

Amin menyebutkan, sejak pertama kali digelar di Makassar pada tahun 1968, Sumut  sudah dua kali menjadi pelaksana MTQN.

"Sebagai tuan rumah MTQN dipastikan Sumut akan mendapat keuntungan banyak," katanya.

Keuntungan tersebut akan didapat dari meningkatnya kunjungan wisatawan karena yang akan hadir di MTQN itu sekitar 5.000 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Hotel, restoran dan usaha kuliner, pengrajin suvenir pasti akan mendapat keuntungan dengan kedatangan peserta MTQN,"katanya, kepada awak media.

Dia menegaskan, penyelenggaraan MTQN tahun ini lebih bergengsi dibandingkan tahun - tahun sebelumnya.

Sistem sensor sidik jari dipergunakan untuk absensi peserta lomba guna menghindari kemungkinan ada "joki", panitia juga memberlakukan  seleksi untuk penetapan tujuh orang dewan hakim yang akan bertugas di MTQN.

Sebelumnya, kata dia, penetapan dewan hakim menjadi kewenangan Dirjen Bimas Islam.

Sekda Provinsi Sumut, Hj R Sabrina menegaskan, perlu dukungan semua pihak untuk kesuksesan Sumut sebagai tuan rumah.penyelenggaraan MTQN.

"Baik buruknya pelaksanaan MTQN merupakan cerminan Sumut.Jadi Pemprov Sumut berharap semua mendukung penuh pelaksanaan MTQN di Sumut agar berjalan aman dan lancar,"katanya.

Acara MTQN juga menjadi salah satu promosi pariwisata dan investasi bagi  Sumut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemilik Blue Fish Hotel, Sam Halim

Rabu, 26 September 2018 - 15:49 WIB

Jajal Track, Pemilik Blue Fish Hotel Kepincut dengan Rute Rhino MTB XCM di Tanjung Lesung

Rhino MTB XCM merupakan sport tourism event yang dilaksanakan bersamaan dengan Rhino X-Tri yang merupakan agenda utama dalam perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang akan dilaksanakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih seusai acara Pameran KriyaNusa (Foto: Dok. Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:45 WIB

Punya Pasar Potensial di Luar Negeri, Menperin Pacu Ekspor Industri Kerajinan

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong ekspor produk kerajinan dan memfasilitasi industri kecil dan menengah yang bergeram di sektor itu untuk melakukan promosi…

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring saat memberikan sambutan pada acara Rakornas Pariwisata III 2018 Kementerian Pariwisata, di Jakarta, Rabu (26/9)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Pembentukan KEK Pariwisata Dorong Peningkatan UMKM Lokal

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung program Kementerian Pariwisata dalam membangun Kawasan Ekononi Khusus (KEK) Pariwisata di…

Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), M. Kuncoro Wibowo (kanan), memberikan plakat kepada Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Toto Pranoto

Rabu, 26 September 2018 - 15:15 WIB

BGR Tandatangani Kerjasama dengan Lembaga Management FEB Universitas Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) menandatangani nota…