Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka MTQN di Medan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 September 2018 - 15:45 WIB

Presiden Jokowi dan Ulama (Foto Dok Industry.co.id)
Presiden Jokowi dan Ulama (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional atau MTQN ke XXVII di Kota Medan, Sumut 6 Oktober 2018.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin di Medan, Rabu (12/9/2018) , mengatakan, MTQN berlangsung pada 4 hingga 13 Oktober 2018.

"Pembukaan MTQN tanggal 6 Oktober di Medan akan dilakukan Presiden Joko Widodo dan penutupan tanggal 13 Oktober 2018 menurut rencana akan dilakukan oleh Wapres Jusuf Kalla,"ujarnya pada Seminar Informasi Aktual MTQN ke XXVII.

Amin menyebutkan, sejak pertama kali digelar di Makassar pada tahun 1968, Sumut  sudah dua kali menjadi pelaksana MTQN.

"Sebagai tuan rumah MTQN dipastikan Sumut akan mendapat keuntungan banyak," katanya.

Keuntungan tersebut akan didapat dari meningkatnya kunjungan wisatawan karena yang akan hadir di MTQN itu sekitar 5.000 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Hotel, restoran dan usaha kuliner, pengrajin suvenir pasti akan mendapat keuntungan dengan kedatangan peserta MTQN,"katanya, kepada awak media.

Dia menegaskan, penyelenggaraan MTQN tahun ini lebih bergengsi dibandingkan tahun - tahun sebelumnya.

Sistem sensor sidik jari dipergunakan untuk absensi peserta lomba guna menghindari kemungkinan ada "joki", panitia juga memberlakukan  seleksi untuk penetapan tujuh orang dewan hakim yang akan bertugas di MTQN.

Sebelumnya, kata dia, penetapan dewan hakim menjadi kewenangan Dirjen Bimas Islam.

Sekda Provinsi Sumut, Hj R Sabrina menegaskan, perlu dukungan semua pihak untuk kesuksesan Sumut sebagai tuan rumah.penyelenggaraan MTQN.

"Baik buruknya pelaksanaan MTQN merupakan cerminan Sumut.Jadi Pemprov Sumut berharap semua mendukung penuh pelaksanaan MTQN di Sumut agar berjalan aman dan lancar,"katanya.

Acara MTQN juga menjadi salah satu promosi pariwisata dan investasi bagi  Sumut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Semen Gresik (ist)

Senin, 19 November 2018 - 08:30 WIB

Harga Semen Pascagempa Palu, Dipastikan Aman Terkendali

Distributor dan pengecer di Palu, Sulawesi Tengah sepakat mengamankan stok dan harga semen di pasaran pascagempabumi, tsunami dan likuifaksi 28 September 2018 yang dinilai berdampak besar terhadap…

ASUS ZenBook Pro 15 UX580

Senin, 19 November 2018 - 08:30 WIB

Inilah ASUS ZenBook Pro 15 UX580, Laptop Inovatif dengan Dua Layar Pertama di Dunia

Hadir dengan fitur ScreenPad, spesifikasi premium dan layar 4K dengan reproduksi warna sangat akurat

Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali (Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 08:21 WIB

Mvenpick Resort & Spa Jimbaran Bali Mempersembahkan Acara Liburan Akhir Tahun Menyenangkan

Musim liburan ini, Mvenpick Resort & Spa Jimbaran Bali mengundang para tamu untuk berkumpul bersama dengan kerabat dan orang-orang tercinta untuk menikmati serangkaian kegiatan meriah yang menyenangkan,…

Jalan perbatasan lintas papua

Senin, 19 November 2018 - 07:55 WIB

Kementerian PUPR Akan Mulai Pembangunan PLBN Sota Merauke Pada Awal 2019

Selain percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga memiliki tugas utama lainnya dalam melaksanakan pembangunan Pos Lintas Batas…

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meninjau proyek pembangunan jalur ganda Maja- Rangkas Bitung di stasiun Citeras, Lebak, Banten Minggu (18/11/2018).

Senin, 19 November 2018 - 07:54 WIB

Citra Maja Raya Bakal Bangun Shelter Komuter di Dalam Kawasan

PT Ciputra Residence selaku pengembang hunian terpadu Citra Raya Maja dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) kini akan dilalui rel double track Maja- Rangkas Bitung.Dimana, sebelumnya…