Industri Tembakau ManfaatkanMedia untuk Bisnisnya

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 September 2018 - 14:45 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY.co.id - Nusa Dua - Penasihat Senior Vital Strategies Judith Mackay mengatakan industri tembakau di seluruh dunia berusaha memanfaatkan media untuk keberlangsungan bisnisnya.

"Salah satu caranya adalah dengan membayar media melalui iklan, promosi dan sponsor," kata Judith dalam workshop jurnalis yang merupakan bagian dari Konferensi Asia Pasifik untuk Tembakau dan Kesehatan ke-12 (APACT12th) di Nusa Dua, Bali, Rabu (12/9/20180

Selain itu, industri tembakau juga memanfaatkan media dengan cara-cara yang tidak berbayar, yaitu melalui berbagai kegiatan yang memiliki nilai berita sehingga masuk dalam agenda pemberitaan media.

Misalnya kegiatan perusahaan rokok, beberapa isu yang diwacanakan perusahaan rokok, kegiatan yang disponsori dan lain-lain.

"Industri tembakau juga berusaha memengaruhi media dengan memberi fasilitas-fasilitas gratis seperti makanan dan liburan," jelasnya.

Untuk memengaruhi media, industri tembakau juga menggunakan pelobi dan pihak ketiga yang kerap kali tidak disadari atau di balik layar.

Judith menjadi salah satu pembicara dalam workshop jurnalis yang merupakan salah satu acara prakonferensi dari APACT12th untuk memberikan pemahaman tentang pengendalian tembakau kepada para jurnalis dari Asia Pasifik.

Workshop jurnalis diikuti oleh 33 jurnalis dari Indonesia, Vietnam, China, Filipina, Bangladesh, Pakistan dan India.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.