Masuk Proyek Strategis Nasional 2017, Pesawat R80 dan N245 Karya Mantan Presiden Bj Habibie Banyak Peminat

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 11 Februari 2017 - 13:30 WIB

Miniatur Pesawat N245(dtk)
Miniatur Pesawat N245(dtk)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Telekomunikasi&Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan menuturkan, Presiden Jokowi telah memutuskan untuk memasukkan proyek pesawat R80 dan N245 karya mantan Presiden BJ Habibie sebagai salah satu program strategis nasional (PSN).

Ia menuturkan, peminat dari pesawat R80 dan N245, cukup tinggi. Proyek yang diperkirakan menelan dana US$ 200 juta ini, diharapkan menorehkan sejarah baru bagi dunia kedirgantaraan nasional.

"Karena demandnya (permintaan) besar sekali ukuran 30-60, demand dunianya 800-an gitu, demand domestiknya bisa mungkin 120-an setahun," ujar Suryawirawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (10/02/2017).

Suryawirawan menjelaskan, untuk pesawat R80, rencananya bakal digarap PT Regio Aviasi, industri pesawat milik putera Habibie yakni Ilham Akbar Habibie.

Sedangkan untuk pesawat N245 digarap PT Dirgantara Indonesia (DI) bekerjasama dengan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) dan Airbus, industri pesawat berkelas dunia asal Prancis.

Rencananya, proyek mulai digarap pada tahun ini, seiring keluarnya Peraturan Presiden (Perpres). Diharapkan, proyek pesawat R80 dan N245 bisa rampung dan beroperasi pada 2020.

"Ini diharapkan kalau disetujui terbang di 2020. Jadi udah bisa terbang, kalau udah bisa terbang kan tinggal diurus sertifikasi. Tinggal dijadiin Perpres saja," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seolhyun dan Jimin, Personel Girlband AOA. (Source: Kpopchart)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:50 WIB

Seolhyun dan Jimin Beri Kode Comeback Girlband AOA

Baru-baru ini Jimin dan Seolhyun AOA memberi sebuah petunjuk akan rencana dan persiapan comeback girlband mereka, AOA. Saat mempromosikan lagu solonya yang berjudul 'Hey', Jimin mengadakan live…

Wamen ESDM Arcandra Tahar

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:30 WIB

Arcandra Tahar Harapkan BLU Ubah Human Resources Jadi Human Capital

Arcandra mengungkapkan paradigma manajemen sumber daya manusia saat ini telah berubah dari human resouces menjadi human capital, manusia itu tidak lagi menjadi pekerja pasif, tetapi secara aktif…

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih bersama Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta, Eddy Kuntadi, serta Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (Foto: Biro Humas)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Kemenperin Targetkan 18 Pondok Pesantren Akan Jadi Percontohan Program Santripreneur pada 2018

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 18 pondok pesantren yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan program Santripreneur pada tahun 2018. Pondok pesantren tersebut meliputi…

Kendall Jenner (Foto Ist)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Intip Koleksi Fashion dari Kendall Jenner, Ada yang Seharga DP Mobil!

Siapa yang tidak mengenal model cantik mancanegara, Kendall Jenner. Postur tubuh yang sempurna dan paras yang cantik, menjadikan Kendall Jenner sebagai kiblat fashion untuk kalangan millenial.

Presiden Jokowi dan Jalan tol (Foto : Biro Pers Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:04 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru di Bakauheni Lampung…