Kemenkes: PP Label Iklan dan Makanan Khusus SKM Masih Dalam Kajian

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 12 September 2018 - 23:06 WIB

Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Doddy Izwardi
Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Doddy Izwardi

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Kesehatan menyampaikan Surat Edaran BPOM perihal aturan label dan iklan produk pangan, khususnya susu masih berproses dan diperlukan kajian mendalam untuk kemudian dituangkan dalam PP Label.

“PP Label dan iklan pangan tentang susu masih berproses dan diperlukan kajian. Karena sebelumnya ada revisi World Health Assembly dua tahun lalu. Kita harus dorong ada pengaturan untuk iklannya, untuk pemberian nama produk. Karena kalau namanya tidak tepat, tidak mengedukasi masyarakat,”  kata Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Doddy Izwardi dalam workshop, Rabu (12/9/2018) bertemakan ‘Susu dan Produk Olahannya dalam Kaitan Gizi dan Kesehatan’.

Sebagaimana sebelumnya, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Penny K. Lukito mengatakan, rancangan PP (RPP) tersebut sedang dalam tahap finalisasi. Dalam rencana regulasi tersebut akan didetailkan label dan iklan, untuk menginformasikan kandungan gizi dan keperuntukan produk makanan dan minuman.

Wacananya, di bungkus produknya akan diberi label pembeda merah, kuning, hijau, yang mengambarkan kandungan gizi dalam makanan atau minuman tersebut. Hijau adalah produk dengan kandungan gizi lebih tinggi dari pada label warna kuning dan merah.

"Harmonisasi sudah selesai, tinggal tanda tangan ibu Menteri Kesehatan dan akan segera diundangkan oleh pemerintah," ujar Penny.

Sementara menunggu proses PP yang panjang selesai, BPOM menggunakan Surat Edaran (SE) No HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 tentang Label dan Iklan pada produk Susu Kental dan Analognya (sub kategori pangan 01.3). SE ini telah terbit sejak Mei 2018.

SE ini ditujukan kepada seluruh produsen/importir/distributor SKM untuk menegaskan label dan iklan SKM tidak boleh menampilkan anak usia di bawah 5 tahun dan tidak diiklankan pada jam tayang acara anak-anak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…