Kadin Apresiasi Capaian Kinerja Logistik Nasional

Oleh : Ridwan | Rabu, 12 September 2018 - 17:20 WIB

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto (Foto: Dok. Kadin Indonesia)
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto (Foto: Dok. Kadin Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto mengapresiasi pencapaian kinerja logistik yang mengarah pada perbaikan yang cukup signifikan.

Belum lama ini, Bank Dunia merilis logistic performance index (LPI) 2018 yang menyebutkan dari 160 negara yang disurvei, Indonesia berada di peringkat 46 atau naik 17 peringkat dari survei LPI 2016.

“Dari LPI ini kita bisa mengetahui persepsi terhadap kinerja logistik kita dalam perdagangan internasional. Peningkatan peringkat kinerja logistik Indonesia merupakan satu hal yang menggembirakan yang harus diapresiasi sebagai hasil kerja keras pemerintah bersama stakeholder logistik kita,” kata Carmelita di sela-sela acara pembukaan Konferensi dan Pameran Indonesia Transport Supply Chain and Logistics (ITSCL) yang digelar di JIexpo, Kemayoran (12/9/2018).

Carmelita juga mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur dan kebijakan dinilai sudah menuju arah positif bagi logistik nasional.

Misalnya paket kebijakan 15 yang tidak bisa dipungkiri telah secara positif mendorong perbaikan kinerja logistik nasional, walaupun kebijakan ini masih memerlukan penajaman kembali.

“Kita tak boleh puas sampai disini,” ungkap dia.

Meski begitu, di ASEAN, peringkat LPI Indonesia tetap masih dibawah Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

“Tapi rasanya kurang pas, kinerja logistik Indonesia dibandingkan dengan negara tetangga, karena Indonesia negara besar dengan sistem distribusi logistiknya cukup unik,” kata Wanita yang sering disapa Meme.

Carmelita menambahkan, kita sudah memasuki revolusi industri 4.0 yang memanfaatkan teknologi berbasis digital. Kondisi ini tentu menuntut perubahan dari para pelaku usaha terkait kegiatan logistik.

“Seluruh aktivitas logistik dari pergudangan, transportasi, pelayaran, trucking, dan pelabuhan sudah harus mulai terkoneksi dengan sistem teknologi digital. Sebab kinerja aktivitas logistik dan Supply Chain nasional masa depan sangat dipengaruhi sistem teknologi digital,” katanya.

Pertanyaananya, tanya Carmelita, apakah perangkat sektor logistik kita saat ini sudah siap menyambut era industri generasi keempat. “Pertanyaan ini yang harus kita jawab bersama dan kita mulai garap bersama,” kata Carmelita menegaskan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.