Presiden Jokowi Ingin Nilai Perdagangan RI-Vietnam Ditingkatkan Jadi Rp148,2 Triliun pada 2020

Oleh : Ridwan | Rabu, 12 September 2018 - 14:08 WIB

Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri melalukan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam Tran Dại Quang beserta sejumlah menterinya di Istana Kepresidenan Vietnam di Hanoi, Selasa (11/9/2018). Foto Biro Pers Setpres RI
Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri melalukan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam Tran Dại Quang beserta sejumlah menterinya di Istana Kepresidenan Vietnam di Hanoi, Selasa (11/9/2018). Foto Biro Pers Setpres RI

INDUSTRY.co.id - Hanoi, Dalam lawatannya ke Vietnam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan kerja sama perdagangan yang dijalin oleh kedua negara terus ditingkatkan. 

Presiden Jokowi ingin perdagangan antara Indonesia dan Vietnam bisa dinaikkan menjadi US$10 miliar Rp 148,2 triliun (kurs Rp14.829 per dolar AS) pada 2020 mendatang. 

Sekedar informasi, dalam dua-tiga tahun terkahir nilai perdagangan Indonesia fan Vietnam baru mencapai US$ 6,8 miliar atau setara dengan Rp 100,8 triliun kurs Rp14.829 per dolar AS). 

Keinginan tersebut ia sampaikan saat bertemu dengan Presiden Vietnam Trần Đại Quang di Istana Kepresidenan Vietnam, Hanoi Selasa (11/9) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengatakan, agar peningkatan kerja sama perdagangan tersebut bisa terwujud, ia telah meminta pemerintah Vietnam untuk menghilangkan hambatan ekspor, termasuk untuk produk otomotif Indonesia.

"Telah saya minta agar masalah hambatan jadi perhatian Presiden Trần Đại Quang," katanya seperti dikutip dari website Sekretariat Kabinet, Rabu (12/9/2018) waktu setempat. 

Selain mempererat hubungan dagang, Jokowi juga menyampaikan keinginannya kepada pemerintah Vietnam agar melindungi investor Indonesia.

Ia berharap, pemerintah Vietnam bisa memberikan perlakuan yang adil dan baik bagi investor Indonesia yang berinvestasi di negara mereka. 

Presiden Jokowi mengatakan saat ini minat investor Indonesia untuk berinvestasi di Vietnam besar. Selain membahas investasi dan perdagangan, Jokowi dalam pertemuan dengan presiden Vietnam juga membahas kerja sama pemberantasan pencurian ikan.

Pemerintah telah menandatangani Komunike Bersama Pemberantasan Pencurian Ikan dengan Vietnam. "Ini sangat penting artinya," kata Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…