Mendag Jamin Stok Pangan Aman Hingga 6 Bulan

Oleh : Irvan AF | Selasa, 29 November 2016 - 13:49 WIB

Ilustrasi pangan. (Jewel Samad/AFP/Getty Images)
Ilustrasi pangan. (Jewel Samad/AFP/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan stok bahan pangan akan mencukupi hingga enam bulan mendatang.

"Stok sembako enggak perlu dikuatirkan. Beras Bulog cukup dalam enam bulan ke depan," kata Menteri Enggartiasto, usai bertemu Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menhub Budi Karya, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Sementara persediaan pangan secara keseluruhan diperkirakan mencukupi hingga Februari 2017.

Ia justru mengkhawatirkan jalur distribusi pangan yang rawan gangguan. "Yang saya kuatirkan distribusinya, karena ada faktor cuaca, kemacetan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terhambatnya jalur pendistribusian pangan, ia telah berkoordinasi dengan sejumlah distributor utama pangan.

"Kami minta distributor amankan jalur distribusi. Agar (distributor utama) menyiapkan diri untuk menyalurkan (pangan) hingga ke distributor ke-4, distributor ke-5 hingga ke pasar," katanya.

Pihaknya mengatakan tidak akan melakukan intervensi pasar bila kondisi harga di pasar normal. Namun pihaknya tidak akan ragu untuk melakukan intervensi bila ada indikasi gejolak harga pangan.

Sementara untuk mengantisipasi penimbunan pangan, Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Polri. "Kalau ada indikasi ini (penimbunan pangan) kami koordinasi dengan polisi," katanya.

Pada Selasa, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan konferensi video dengan para kapolda se-Indonesia membahas pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017.

Dalam konferensi video tersebut, para pejabat tinggi negara itu melakukan koordinasi untuk persiapan Operasi Lilin 2016 yang di antaranya meliputi pengamanan tempat-tempat ibadah, jalur mudik, antisipasi potensi konflik, ancaman terorisme dan koordinasi untuk menjaga ketersediaan stok pangan.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST (Foto Ist)

Jumat, 24 November 2017 - 18:42 WIB

Penjualan Tanah Bekasi Fajar Industrial Estate Telah Lampaui Target 2017

PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST), perusahaan pengelola kawasan industri MM2100, hingga akhir November 2017 telah menjual lahan seluas 42 hektar. Padahal target penjualan tanah 2017…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Kemenperin Haris Munandar

Jumat, 24 November 2017 - 18:09 WIB

2018, Pertumbuhan Manufaktur Masih Ditopang Sektor Konsumsi

Industri makanan dan minuman diproyeksi masih menjadi salah satu sektor andalan penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional pada tahun depan. Peran penting sektor strategis ini terlihat…

Menuju Holding BUMN Industri Pertambangan

Jumat, 24 November 2017 - 18:00 WIB

Holding Tambang akan Resmi Efektif Akhir November

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan Holding BUMN Tambang akan resmi efektif mulai akhir November 2017.

PT Vivo Energy Indonesia (Ist)

Jumat, 24 November 2017 - 17:30 WIB

Vivo Energy Indonesia Akan Bangun 3 Kilang Minyak di Indonesia

PT Vivo Energy Indonesia semakin serius menggarap bisnis hilir migas dengan membangun sebanyak 3 kilang minyak di Indonesia mulai tahun depan.

Kikan Terlibat Drama Musikal Kolosal Tekad Indonesia Jaya,

Jumat, 24 November 2017 - 17:16 WIB

Demi Perannya di Drama Kolosal Kikan Ingin Dibenci Setengah Mati

Demi Penghayatan perannya dalam Drama Kolosal yang bertajuk Tekad Indonesia Jaya yang akan dipentaskan di The Kasablanka Hall Kuningan Jakarta Selatan, Sabtu 25 November 2017 pukul 20.00 WIB,…