Mendag Jamin Stok Pangan Aman Hingga 6 Bulan

Oleh : Irvan AF | Selasa, 29 November 2016 - 13:49 WIB

Ilustrasi pangan. (Jewel Samad/AFP/Getty Images)
Ilustrasi pangan. (Jewel Samad/AFP/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan stok bahan pangan akan mencukupi hingga enam bulan mendatang.

"Stok sembako enggak perlu dikuatirkan. Beras Bulog cukup dalam enam bulan ke depan," kata Menteri Enggartiasto, usai bertemu Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menhub Budi Karya, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Sementara persediaan pangan secara keseluruhan diperkirakan mencukupi hingga Februari 2017.

Ia justru mengkhawatirkan jalur distribusi pangan yang rawan gangguan. "Yang saya kuatirkan distribusinya, karena ada faktor cuaca, kemacetan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terhambatnya jalur pendistribusian pangan, ia telah berkoordinasi dengan sejumlah distributor utama pangan.

"Kami minta distributor amankan jalur distribusi. Agar (distributor utama) menyiapkan diri untuk menyalurkan (pangan) hingga ke distributor ke-4, distributor ke-5 hingga ke pasar," katanya.

Pihaknya mengatakan tidak akan melakukan intervensi pasar bila kondisi harga di pasar normal. Namun pihaknya tidak akan ragu untuk melakukan intervensi bila ada indikasi gejolak harga pangan.

Sementara untuk mengantisipasi penimbunan pangan, Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Polri. "Kalau ada indikasi ini (penimbunan pangan) kami koordinasi dengan polisi," katanya.

Pada Selasa, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan konferensi video dengan para kapolda se-Indonesia membahas pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017.

Dalam konferensi video tersebut, para pejabat tinggi negara itu melakukan koordinasi untuk persiapan Operasi Lilin 2016 yang di antaranya meliputi pengamanan tempat-tempat ibadah, jalur mudik, antisipasi potensi konflik, ancaman terorisme dan koordinasi untuk menjaga ketersediaan stok pangan.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani (Foto Setkab)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:40 WIB

Delapan Perusahaan Terima Tax Holiday Sejak Revisi PMK

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sebanyak delapan perusahaan atau wajib pajak sudah menerima insentif pengurangan pajak penghasilan sejak revisi PMK mengenai "tax holiday".

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:32 WIB

AS , Tiongkok dan Arab Saudi Pengaruhi Bursa Global

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Kembalinya aksi jual membuat sejumlah bursa saham Asia melemah. Pelaku pasar merespon negatif turunnya bursa saham AS setelah dirilisnya…

Direksi BNI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:20 WIB

BNI Perkirakan Kredit Tumbuh 13-15 Persen 2019

PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk memperkirakan pertumbuhan kredit masih bertahan 13-15 persen (tahun ke tahun/yoy) pada 2019, meskipun pengetatan likuiditas di pasar global diperkirakan…

WIKA

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:19 WIB

Peluang Kenaikan IHSG Cukup Besar Akhir Pekan

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada dalam level 5702 - 5911. Sembilan saham direkomendasikan kepada pemodal.

JAPFA Hadirkan Kampung Warna Kolaborasi

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:16 WIB

IHSG Bergerak Tertahan, Lirik Tujuh Saham

INDUSTRY.co.id

Diperkirakan IHSG masih akan bergerak tertahan cenderung melemah kembali menguji MA20 dan MA5 pada support 5800-5858. Saham-saham yang masih dapat…