Selama Agustus, Kinerja Pelindo III Sesuai Target

Oleh : Herry Barus | Rabu, 12 September 2018 - 07:13 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mencatatkan kinerja positif selama Agustus 2018 dari sisi operasional maupun keuangan, serta mengalami pertumbuhan pada kinerja operasional bongkar muat barang.

"Bongkar muat general cargo tercatat peningkatan hingga mencapai 28 persen di mana per Agustus 2018 sudah mencapai 2 juta meter kubik, sementara tahun lalu di angka 1,5 juta meter kubik. Dari sisi tonase meningkat dari 29 juta ton ke 32 juta ton," kata CEO Pelindo III Ari Askhara di Surabaya, Senin.(10/9/2018)

Dalam siaran persnya itu, Ari menyebutkan, arus peti kemas meningkat 7 persen dari tahun 2017 dengan jumlah 3,4 juta TEUs, karena adanya peningkatan arus peti kemas domestik di Terminal Berlian dan Terminal Teluk Lamong.

"Hal ini menunjukkan kondisi perekonomian masyarakat tidak mengalami penurunan seperti apa yang dikhawatirkan oleh beberapa kalangan," katanya.

Peningkatan kinerja operasional, kata Ari, juga meningkatkan kinerja keuangan perusahaan, seperti pada sisi pendapatan dari layanan peti kemas yang meningkat 14 persen dan pada layanan general cargo dibanding tahun sebelumnya (per Agustus 2017) meningkat hingga 27 persen.

"Walau kondisi tekanan nilai tukar rupiah mengalami penurunan terhadap dolar Amerika Serikat serta harga minyak dunia yang tinggi, hingga per Agustus Pelindo III masih berhasil membukukan laba bersih setelah pajak (net profit after tax) sebesar Rp1,97 triliun," katanya.

Angka itu meningkat 39 persen dari jangka waktu yang sama tahun lalu (year on year) yang sebesar Rp1,41 triliun.

Selain itu, kinerja keuangan sejumlah anak perusahaan Pelindo III juga meningkat, hal ini dipengaruhi oleh semakin membaiknya beberapa anak perusahaan, serta adanya upaya diversifikasi usaha dan inovasi yang terus dikembangkan Pelindo III.

"Kontribusi anak perusahaan mencapai hingga 50 persen dari capaian laba korporasi. Ini menunjukkan keberhasilan Pelindo III melakukan transformasi di bidang SDM, operasional dan diversifikasi usaha melalui sinergi internal maupun sesama BUMN serta dengan pihak swasta di sektor pelabuhan yang semakin solid," kata Ari.

"Di samping itu, keberhasilan juga tidak lepas dari dukungan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan yang banyak mendukung dalam kecepatan pengambilan keputusan guna kelancaran kegiatan operasional di lapangan," katanya.

Pelindo III, kata dia, akan terus berkarya sebagai wujud BUMN hadir untuk Negeri dengan mengembangkan fasilitas dan layanan yang berkaitan dengan kepariwisataan seperti pengembangan Pelabuhan Gilimas di Lombok, Badas di Sumbawa Besar, Waingapu, Banyuwangi, dan Benoa, Bali

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…