Garuda Indonesia Code Shate Penerbangan dengan Citilink

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 September 2018 - 16:00 WIB

Maskapai Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Maskapai Garuda Indonesia berbagi penerbangan dengan Citilink melalui kerja sama "code share" di tiga rute, yaitu Surabaya-Balikpapan, Denpasar-Balikpapan, dan Denpasar-Dili.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury usai penandatanganan kerja sama di Tangerang, Senin (10/9/2018)  mengatakan dengan adanya kerja sama tersebut bisa menghemat sumber daya yang dimiliki Garuda, seperti kru maupun pesawat.

"Untuk mengembangkan jaringan itu kita punya keterbatasan sumber daya, jumlah pesawat dan kru, enggak mungkin kita terbang ke seluruh Indonesia," katanya.

Dengan adanya kerja sama ini, Pahala menambahkan pihaknya bisa mengembangkan jaringan penerbangan tanpa harus bersaing dengan anak perusahaan sendiri.

"Intinya berteman, kita bisa kerja sama memanfaatkan sumber daya satu grup, memanfaatkan kualitas layanan yang 'seamless', Citilink enggak perlu terbang dari Balikpapan ke Berau karena sudah ada Garuda di sana," katanya.

Pahala mengatakan pelayanan tidak akan berubah dengan adanya kerja sama tersebut karena sifatnya yang "complimentary" atau saling melengkapi.

Kerja sama "code share" di mana sebagai tahap awal kerja sama, Garuda Indonesia akan menjadi "marketing carrier" dan akan menempatkan nomor penerbangannya (flight number) pada penerbangan Citilink pada beberapa rute seperti Surabaya-Balikpapan, Denpasar-Balikpapan, dan Denpasar-Dili.

Selanjutnya para pengguna jasa juga dapat mengombinasikan rute-rute tersebut dengan rute-rute yang dimiliki oleh Garuda Indonesia seperti Surabaya-Berau/Tarakan via Balikpapan, Denpasar-Tarakan via Balikpapan dan Jakarta-Dili via Denpasar sehingga akan mendapatkan lebh banyak kemudahan dan pilihan destinasi dalam satu transaksi tiket.

Transfer pada saat "iregularity" di mana kedua maskapai juga sepakat untuk saling mendukung dalam penanganan manajemen keterlambatan (delay management), di mana Garuda Indonesia dan Citilink dapat saling melakukan transfer penumpang antarkedua maskapai tersebut.

Selanjutnya, pemanfaatan gerai penjualan (sales outlet) sebagai salah satu saluran distribusi di mana melalui kerja sama ini para pengguna Citilink dapat membeli tiket Citilink di gerai yang dimiliki oleh Garuda Indonesia.

Pahala mengatakan bahwa sinergi Garuda Indonesia Group tersebut sejalan dengan strategi bisnis jangka panjang Garuda Indonesia Group, Sky Beyond 3.5 - yang akan menjadi "value-driven aviation group" dengan pencapaian target "value group" sebesar 3,5 miliar dolar AS pada 2020.

Sementara itu Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan kerja sama yang saling mendukung antara induk dan anak perusahaan ini, tentunya akan mendongkrak pertumbuhan penumpang dan memperluas jaringan baik Citilink maupun Garuda Indonesia.

"Diharapkan hal ini juga dapat memperlihatkan eksistensi Citilink Indonesia sebagai 'Premium Low Cost Carrier' di Indonesia yang sedang melebarkan sayapnya di kawasan Asia dan regional," katanya.

Sebelumnya Garuda Indonesia dan Citilink juga bekerja sama dalam program 'frequent flyers' di mana seluruh anggota Garuda Miles mendapatkan keuntungan berupa mileage ketika terbang dengan Citilink dan "mileage" tersebut dapat ditukarkan dengan penerbangan Citilink khususnya untuk rute-rute yang belum diterbangi oleh Garuda Indonesia.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…