RI- Korsel Teken 15 MoU Sektor Industri

Oleh : Ridwan | Senin, 10 September 2018 - 19:10 WIB

Forum Investasi dan Bisnis Indonesia - Korea Selatan
Forum Investasi dan Bisnis Indonesia - Korea Selatan

INDUSTRY.co.id - Seoul, Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) kembali menggelar Forum Investasi dan Bisnis yang diselenggarakan oleh lima asosiasi bisnis Korea Selatan dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut juga ditandatangani 15 nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara Indonesia dan Korsel. 

Penandatanganan dilakukan oleh perusahaan dan institusi pemerintah kedua negara, meliputi kerja sama di bidang energi, otomotif, infrastruktur, mesin, teknologi serta kosmetik.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, kerjasama industri antar kedua negara baru terjalin di sektor baja dan petrokimia melalui investasi Lotte Chemical Titan senilai USD 3,5 miliar di Cilegon, Banten dalam bentuk pabrik naphta crackers dengan kapasitas produksi 2 juta ton per tahun serta pembentukan anak usaha patungan PT Krakatau Steel Tbk dengan Pohang Iron Steel Company (Posco), yakni PT Krakatau Posco.

"Krakatau Posco akan bekerja sama dengan Nippon Steel untuk membangun pabrik penghasil cold rolling mill, karena end user-nya banyak dari Jepang seperti sektor automotif. Target tahun 2019 sudah dimulai," ujar kata Airlangga yang turut mendampingi Presiden Jokowi seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Airlangga menjelaskan, perusahaan ini pun tengah mempercepat pembangunan proyek cluster 10 juta ton baja di Cilegon yang diperkirakan tercapai pada tahun 2025.

Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian menunjukkan nilai investasi Korsel terus meningkat sehingga menempati peringkat keempat terbesar di Indonesia saat ini. Hingga pertengahan tahun ini, nilainya telah mencapai USD1,15 miliar, sementara tahun lalu mencapai USD2,2 miliar.

Sementara itu, neraca perdagangan Indonesia - Korsel sepanjang tahun lalu mengalami surplus sebesar USD78 juta dari total nilai perdagangan yang mencapai US$ 16 miliar.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Korsel (KCCI) Park Yong-man berharap forum ini dapat memuluskan jalan bagi perusahaan-perusahaan Korsel untuk berinvestasi dalam proyek-proyek inovatif di Indonesia.

"Peta jalan Making Indonesia 4.0 yang dicetuskan pemerintah Indonesia meliputi rencana yang komprehensif bagi pengembangan industri berteknologi tinggi, mencakup teknologi digital, serta bio and hardware automation," katanya. 

Park Young-man mengakui, sejumlah perusahaan Korea sangat tertarik dan memiliki pengalaman terbaik di bidang teknologi digital. 

"Saya harap kedua negara dapat meningkatkan kolaborasi di masa depan," tegasnya.

Menteri Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan Paik Un-gyu menekankan bahwa kedua negara dapat memperluas kerja sama industri ke arah sektor otomotif, mesin, infrastruktur, dan kosmetik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…