Kapal Wisata ASDP akan Segera Beroperasi di Taman Nasional Komodo

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 September 2018 - 15:45 WIB

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) / http://www.bumn-swasta.web.id
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) / http://www.bumn-swasta.web.id

INDUSTRY.co.id - Kupang- PT (Persero) ASDP Ferry Indonesia akan segera mengoperasikan KMP Komodo, sebuah kapal wisata milik perusahaan pelayaran itu, untuk melayani para wisatawan dari Labuan Bajo menuju sejumlah obyek wisata di Taman Nasional Komodo (TNK).

"Pengoperasian kapal wisata Komodo ini semata-mata untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke TNK serta Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat yang eksostik itu," kata Sekretaris PT (Persero) ASDP Ferry Indonesia Imelda Aliani kepada Antara di Kupang, Jumat (7/9/2018)

Ia mengatakan KMP Komodo akan resmi beroperasi pada Otober 2018 untuk melayani kebutuhan masyarakat setempat, serta para wisatawan asing dan domestik yang hendak berkunjung ke TNK.

Imelda mengatakan KMP Komodo berbobot 200 GT itu, akan melintasi tiga objek wisata andalan di Labuan Bajo yakni Pulau Padar, Pulau Komodo, dan Pantai Pink (Pink Beach).

Ia mengatakan pihak ASDP berniat membangun kapal pesiar jenis kapal motor penyeberangan (KMP) itu guna membantu pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam menyiapkan opsi transportasi kepada masyarakat kelas menengah ke bawah, baik domestik maupun internasional.

Selain itu, kata Imelda, kapal wisata KMP Komodo itu juga membantu masyarakat Manggarai Barat yang tinggal di pulau-pulau kecil yang selama ini kesulitan bepergian, meski sebagian besarnya sudah menggunakan perahu.

Kapal wisata KMP Komodo berkapasitas 84 penumpang ini, dilengkapi pula dengan fasilitas ruang karaoke, minibar, smoking area di louvre, tempat berjemur, "reclining seat", dan "lazy chair".

Saat beroperasi resmi pada Oktober 2018, kata dia, kapal wisata itu dijadwalkan untuk melayani kebutuhan wisatawan setiap hari, untuk melihat dari dekat obyek-obyek wisata yang dilintasi KMP Komodo.

Pada setiap obyek wisata yang dikunjungi, kapal wisata akan berlabuh selama sekitar satu jam atau lebih untuk mengakomodir wisatawan yang naik turun di pulau-pulau kecil tersebut.

Dengan demikian, kata Imelda, dalam satu hari wisatawan bisa menikmati tiga lokasi wisata berbeda di kawasan TNK Komodo. "Itulah misi KMP Komodo yang merupakan satu-satunya kapal wisata yang akan melayani para turis dan masyarakat lokal pada Oktober mendatang," katanya.

Ia belum memastikan waktu yang pasti untuk beroperasinya kapal wisata tersebut, namun pastinya pada Oktober 2018, KMP Komodo sudah beroperasi, karena saat ini masih menjalani docking di Surabaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.