Prajurit TNI-D Dituntut Miliki Keunggulan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 September 2018 - 11:12 WIB

TNI AD Indonesia
TNI AD Indonesia

INDUSTRY.co.id - Medan- Pangdam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah mengatakan setiap prajurit TNI-AD senantiasa dituntut untuk memiliki keunggulan dibidang profesionalisme keprajuritan agar selalu dapat menjawab tuntutan tugas yang penuh dengan tantangan.

"Semua ilmu kemiliteran yang telah didapat, hendaknya dapat dipelihara dan dijadikan sebagai modal dasar dalam mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia," katanya di Pematang Siantar, Sabtu.(8/9/2018)

Hal itu dikatakannya dalam sambutannya pada upacara penutupan pendidikan Sekolah Calon Tamtama (Secata) TNI-AD Tahap l Gelombang l TA 2018 sebanyak 370 orang, di Lapangan Rindam I/Bukit Barisan.

 Sebagai unsur pelaksana pemula, menurut dia prajurit Tamtama dituntut untuk memiliki kemampuan tehnis dan taktis militer.

"Sebagai unsur terdepan diharapkan dapat menjadi tenaga penggerak satuan dan meningkatkan kualitas tempur satuan jajaran TNI AD," ujar jenderal bintang dua itu.

Ia menyebutkan kalian harus mempedomani Sapta Marga Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI yang penjabarannya adalah senantiasa patuh, serta taat kepada atasan.

"Bersikap tegas, tabah dan berani untuk menghadapi tantangan dengan resiko apapun serta selalu berlaku baik dengan masyarakat, dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya.

Ia menyebutkan, bahwa merubah mental dalam pendidikan yang singkat ini tidak cukup untuk memiliki jiwa kejuangan sebagai prajurit sejati.

Salah satu upaya dalam membangun profesionalisme tersebut, dilakukan melalui pendidikan.

"Setiap prajurit yang berkesempatan mengikuti pendidikan dan harus sungguh-sungguh disertai satu tekad ingin memperoleh prestasi yang terbaik," katanya.

Ia berharap kehadiran para Tamtama baru, di satuan jajaran TNI AD nanti dapat membawa peningkatan kinerja bagi kehidupan organisasi, sehingga pembinaan satuan dapat lebih dinamis dan berkualitas, dalam membangun profesionalisme, serta disiplin prajurit.

“Kalian harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial mengingat status kalian sekarang telah berubah menjadi Prajurit TNI AD.Kalian dapat kembali tepat waktu dan siap untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya, jelasnya.

Hindari dan cegah tindakan yang akan merugikan diri dan citra TNI AD selama melaksanakan cuti.

 "Rencana setelah mendapatkan kualifikasi kecabangan, masing-masing prajurit yang sudah menyandang pangkat Prada tersebut, akan ditempatkan di kesatuan-kesatuan jajaran TNI AD seluruh wilayah Indonesia," kata mantan Kapuspen TNI itu.

Usai upacara penutupan, Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah memberikan piagam penghargaan kepada siswa berprestasi, yaitu Prajurit Dua Rahmat Danil dan Prajurit Dua Jansen Perkasa Ginting.

Turut hadir dalam acara tersebut, Danrem 022/PT, Danrindam I/BB Pematangsiantar, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Danyonif 122/TS, serta unsur Pemerintah dan Keluarga para siswa yang dilantik.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…