PT PPA Kapital Gandeng PT Polowijo Gosari Group Bangun Pabrik Pupuk Magnesium di Gresik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 September 2018 - 17:02 WIB

PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)
PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)

INDUSTRY.co.id - Gresik - PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) melalui anak usahanya, PT PPA Kapital, bekerja sama dengan PT Polowijo Gosari Group untuk membangun pabrik pupuk magnesium berkapasitas 1 juta ton per tahun, yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. 

Deputi Bidang Usaha Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K Ro mengatakan, kerja sama kedua perusahaan ini saling membutuhkan di mana PPA dapat menyediakan sumber pendanaan, sedangkan PT Polowija Gosari Group memiliki sumber daya berupa dolorit.

“Oleh sebab itu, tidak dilarang perusahaan BUMN bekerja sama dengan swasta. Dua kultur ini disatukan sangat sinergistik,” kata Aloy, pada acara ground breaking pembangunan pabrik pupuk magnesium, di Gresik, Jawa Timur, Jumat (7/9/2018).

Sementara, Direktur Utama PT Polowijo Gosari Group, Deddy Harnoko Sucahyo, menjelaskan, saat ini, Polowijo memiliki cadangan dolorit sebanyak 500.000.000 ton di atas lahan konsesi tambang seluas lebih dari 700 hektar, dengan kandungan MgO tertinggi.

“Dari batuan dolomit diekstraksi menjadi pupuk magnesium. Kemudian, pupuk magnesium diolah menjadi pupuk kieserite. Saat ini, kapasitas produksi Polowijo sebanyak 300.000 ton pupuk magnesium dan akan ditingkatkan menjadi 1 juta ton,” tutur Koko, sapaan akrab Harnoko.

Ia menambahkan, pembangunan pabrik pupuk magnesium di lahan seluas 20 hektar ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama, kapasitas pabrik pupuk magnesium mencapai 500.000 ton sehingga menjadi 800.000 ton, dan mencapai 1 juta ton pada akhir tahun depan. 

“Produk yang kita hasilkan adalah pupuk. Rencananya, dari 1 juta ton sekitar 80% untuk pupuk dan sisanya sebanyak 20% untuk produk lainnya,” sambungnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Direktur Utama PPA Henry Sihotang. Menurut dia, kerja sama ini didasari potensi yang terdapat di PT Polowijo Gosari Group. Oleh sebab itu, kedua perusahaan membangun perusahaan patungan, yakni PT Magnesium Gosari Internasional yang akan mengoperasikan pabrik pupuk magnesium tersebut.

“Kita harap bisa dieksekusi dengan baik. Nilai investasi pembangunan pabrik pupuk magnesium ini mencapai Rp1 triliun dengan kombinasi pendanaan dari internal dan pinjaman,” ujar Henry. 

Pupuk magnesium yang dihasilkan akan didistribusikan kepada holding PTPN III (Persero) dan perkebunan besar swasta nasional, serta perkebunan lain di seluruh Indonesia. Pupuk magnesium tersebut cocok untuk pertanian, tanah perkebunan, juga perikanan, serta industri logam. (imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenkeu dan Kejaksaan Agung Bersinergi Tangani Kredit Bermasalah di LPEI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:36 WIB

Tangani Kredit Bermasalah di LPEI, Kemenkeu Bersinergi Dengan Kejaksaan Agung

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk menyerahkan dan melaporkan indikasi terjadinya tindak pidana fraud pada pemberian fasilitas kredit Lembaga Pembiayaan…

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu,

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:24 WIB

Jaga Perekonomian Indonesia, Pemerintah Akan Terus Pantau Dampak Perlambatan Ekonomi Global

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan ekonomi global untuk menjaga perekonomian Indonesia. 

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…