Helmy Yahya: Pengusaha Sukses Butuh Pengalaman

Oleh : Herry Barus | Jumat, 07 September 2018 - 17:00 WIB

Helmi Yahya
Helmi Yahya

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengusaha yang juga Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI, Helmy Yahya, mengatakan untuk menjadi pengusaha sukes membutuhkan pengalaman praktis, termasuk bagaimana menghadapi kegagalan saat menjalankan kegiatan usahanya.

"Ide saja tidak cukup perlu bekal ilmu serta pengalaman praktis," kata Helmy yang juga menjabat sebagai Dewan Komisaris sekaligus juri dan mentor  kompetisi wirausaha "Diplomat Success Challenge (DSC) ke-9 di Jakarta, Kamis.

Dalam arahannya Helmy mengatakan hanya lima persen yang berhasil menjadi wirausahawan dari sekian ribu pemula yang merintis usaha.

Dalam kegiatan ini, Helmy memberikan tantangan  (market challenge) kepada peserta DSC, untuk menguji penguasaan aspek strategi dan operasional bisnis (paham), solusi teknis dan inovasi (piawai) juga kepribadian sebagai pengusaha tangguh (persona).

"Asal tahu saja, beberapa pemula itu, ada yang tidak bisa berhitung, sehingga tidak tahu fixed cost (biaya tetap) dan variable cost (biaya tidak tetap) dalam menjalankan bisnis," ujar lulusan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negeri) yang juga pemilik gelar master of Professional Accounting dari Universitas Miami itu.

Kepada peserta DSC, Helmy mengatakan  DSC merupakan kompetisi paling benar, serius dalam pelaksanaannya, para juri sekaligus dewan komisaris akan menghargai ide orisinil para peserta.

"Itu sebabnya peserta yang terpilih dalam kompetisi bisnis DSC ini bervariasi, ada yang baru mulai menjalankan usahanya, ada juga yang memerlukan hibah modal usaha untuk pengembangan usahanya.

 "Yang pasti, kami sangat menghargai ide-ide otentik, sehingga ide harus asli, dan  harus memberi manfaat. Banyak juga mereka yang menjadi socio-preneur sehingga dapat menciptakan lapangan kerja," ujarnya seperti dilansir Antara.

DSC merupakan ajang kompetisi pencarian wirausaha, memperebutkan total hibah modal usaha senilai Rp 2 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…