Oppie Andaresta Ramaikan Festival Litbeat di Perpusnas

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 07 September 2018 - 13:15 WIB

Oppie Andaresta
Oppie Andaresta

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Penyanyi lagu-lagu balada, Oppie Andaresta, akan berkolaborasi dengan sastrawan Joko Pinurbo dalam  Litbeat Festival yang akan berlangsung pada 10-11 September 2018, di gedung Perpustakaan Nasional (Jln. Medan Merdeka Selatan). Mereka berdua akan berkolaborasi untuk musikalisasi puisi bersama seniman lainnya.

Litbeat merupakan festival pelaku perbukuan yang digagas dan diorganisir oleh Komite Buku Nasional (KBN), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Festival ini Dalam festival tersebut, akan ada 27 kelas yang berjalan paralel selama dua hari, 59 narasumber dari berbagai negara dengan masing-masing spesialisasinya, serta berbagai stan pameran dan penjualan produk-produk kreatif, dan kemudian ditutup oleh pertunjukan musik. 

27 kelas yang akan berjalan secara paralel dan 59 narasumber yang hadir dalam agenda Litbeat, bertujuan untuk mengupas isu tersebut dari berbagai sisi dan bidang. Akan ada pembahasan seluk beluk editorial bersama Ronny Agustinus dan Hetih Rusli misalnya, ada juga promosi buku di berbagai platform media sosial yang diampu Salman Faridi dan Yola Putryane, persoalan dunia ilustrasi yang didiskusikan bersama Lala Bohang, Naela Ali, dan Dinda PS, masterclass bersama Sukutangan dan Emte, penulisan novel dari sumber-sumber lisan oleh Yusi Avianto Pareanom, perihal self marketing bersama Ika Natassa.

Festival ini digagas dengan semangat empowering bagi para pelaku perbukuan di Indonesia. Usaha untuk mengkondisikan ruang bersama bagi para insan kreatif tersebut untuk saling belajar, bertukar gagasan, dan berbagi pengalaman. Agar mampu menghadapi berbagai gejala dan fenomena baru yang dihadapi oleh industri buku. 

Usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas literasi dan pengetahuan pelaku perbukuan di Indonesia, memang merupakan salah satu tugas pokok Komite Buku Nasional, terutama di bidang Pengembangan dan Kampanye Literasi. Tahun-tahun sebelumnya, Komite Buku Nasional telah membuat berbagai program pelatihan, seminar, diskusi, dan workshop bagi para insan kreatif yang bergerak di industri buku. Program-program tersebutlah yang menjadi cikal-bakal Litbeat, yang pada tahun 2018 ini kemudian diintegrasikan satu sama lain. 

Pada tahun pertama penyelenggaraan Litbeat Festival, isu yang akan diketengahkan adalah mengenai pergeseran orientasi yang dialami oleh industri perbukuan sebagai akibat dari perkembangan teknologi digital. Pergeseran tersebut menyentuh hampir setiap lini yang menggerakkan industri perbukuan. Mulai dari metode percetakan, penerbitan buku berbagai genre lintas disiplin, sampai strategi baru dalam distribusi dan pemasaran.  

Selain proses tersebut, pergesaran juga terjadi pada bagaimana buku diposisikan. Buku, yang pada mulanya adalah hulu dari alur produksi penerbitan, saat ini telah menjelma menjadi muara bagi berbagai produk kreatif lainnya. Buku kemudian menjadi sumber penciptaan berbagai intellectual property, dialihwahanakan ke dalam bentuk digital dan layar lebar, dinyanyikan atau dimusikalisasikan dalam berbagai genre musik, bersinergi dengan alat-alat pengayaan pendidikan, dan berbagai macam transformasi lainnya. 

Selain narasumber-narasumber dari Indonesia, agenda Litbeat juga akan dihadiri oleh berbagai pelaku perbukuan dari mancanegara: Tatsuki Hirayanagi (Japan), Anja Von Kampen (Germany), Kristine Kress (Germany), Lynette Owen (United Kingdom), Monsoon Book (United Kingdom),  Emma Press (United Kingdom), Kube Publishing (United Kingdom), dan berbagai personal maupun perusahaan/lembaga lain. 

Kehadiran berbagai narasumber, baik Indonesia maupun luar negri tersebut, merupakan hasil kerja sama Komite Buku Nasional dengan berbagai pihak. Agenda ini memperoleh dukungan yang signifikan dari Gramedia dan Mizan dari sektor penerbitan swasta, Astragraphia dari sektor percetakan swasta, Balai Pustaka dari penerbitan negara, serta berbagai bidang dalam Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Ekonomi Kreatif. Selain itu, Komite Buku Nasional bekerja sama dengan Goethe Institute dan British Council untuk memfasilitasi kedatangan berbagai narasumber dari Germany dan United Kingdom. 

Keterlibatan berbagai pihak dalam Litbeat Festival, seperti Bekraf dan British Council, juga tidak terlepas dari posisi Indonesia yang akan menjadi Market Focus Country dalam London Book Fair 2019 nanti. Litbeat Festival, dengan demikian merupakan salah satu agenda Road to Market Focus Contry pada ajang jual- beli rights terbesar di dunia tersebut.  (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…