Meski Rupiah Melemah, Mark Dynamics Indonesia Tetap Optimis Penuhi Target

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 September 2018 - 11:57 WIB

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)
Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meski nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mengalami pelemahan, PT Mark Dynamics Indonesia tetap optimistis dapat memenuhi target kinerja yang ditetapkan.

Direktur Utama PT Mark Dynamics Indonesia, Ridwan menuturkan, kinerja perseroan tetap pada jalur pertumbuhan yang diitetapkan, walaupun pelemahan rupiah cukup tajam dalam beberapa bulan terakhir. 

"Meskipun sebagian besar komponen biaya berdenominasi dolar AS, penjualan kami mayoritas untuk pasar ekspor, sehingga kami malah dapat berkah dari hal tersebut," tutur Ridwan, Kamis (6/9/2018).

Ia melanjutkan, saat ini, perseroan memiliki struktur biaya produksi dengan komponen impor yang tinggi di kisaran 50% dari total biaya. Untuk bahan baku, pergerakan nilai tukar rupiah relatif terjaga karena suda ada kontrak pasokan untuk periode tertentu.

Namun demikian, dengan penjualan dan komposisi ekspor lebih dari 90%, perseroan akan mendapat untung dari selisih kurs yang diterima.

"Perseroan mengalami natural hedging atas perbedaan selisih kurs ini, dan membuat kami tetap dapat menjaga struktur biaya yang rendah. Untuk itu, kami juga dapat memastikan target 2018 akan tetap tercapai sesuai rencana," jelasnya. 

Mark Dynamics Indonesia sebagai produsen utama cetakan sarung tangan karet memproyeksikan pendapatan sepanjang datahun ini sekitar Rp310,5 miliar dan laba bersih Rp72 miliar.

Pada semester I 2018, pendapatan perseroan mencapai Rp155,45 miliar atau lebih tinggi 50,1% dari target yang dicanangkan. Sementara, capaian laba sekitar Rp36,54 miliar atau 50,1% dari proyeksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…